Tips Perawatan yang Tepat Untuk Kanopi Kayu

Hunian rumah bergaya tradisional maupun modern membutuhkan peneduh ruangan untuk bagian outdoornya. Kanopi merupakan peneduh ruangan yang sering diterapkan. Material yang digunakan beragam mulai dari polikarbonat, kaca, besi, alderon, solar tuff, googreen, kayu dan lain sebagainya.

Penggunaan kanopi memiliki banyak fungsi, bukan hanya sekadar peneduh dari cuaca, tetapi juga sebagai pelindung barang-barang yang terdapat di area kanopi atau sebagai cara mempercantik rumah agar tampil lebih baik.

Penggunaannya yang berada di area outdoor, dibutuhkan perawatan yang rutin. Terlebih jika material untuk kanopi tersebut terbuat dari kayu. Pasalnya, kayu memiliki resiko rusak yang tinggi karena mudah lapuk. Namun, apabila Anda menggunakan kayu khusus seperti kayu jati maka lapuk karena cuaca cukup bisa diminimalisir.

Cara Perawatan Kanopi Kayu yang Benar

Penggunaan kayu memberikan kesan area outdoor jadi lebih hangat dan elegan. Seratnya yang indah menampilkan kesan kayu lebih menonjol. Wajar saja jika tampilan kanopi kayu umumnya diberi atau diaplikasi dengan warna natural kayu.

Namun, kayu dikenal sebagai material serat alam yang cenderung mudah lapuk. Meskipun ada juga jenis kayu yang memiliki karakter tahan terhadap perubahan cuaca, namun jika tidak dirawat dengan baik maka kayu tersebut juga punya potensi besar cepat rusak.

          Baca Juga: Rekomendasi Produk Perawatan Pagar Kayu Outdoor

Nah, bagi yang tidak mau ambil resiko, berikut ini tips perawatan pada kanopi kayu.

  1. Cek Berkala

Pengecekan secara berkala ini untuk memastikan fungsi dari kanopi kayu tersebut bekerja dengan baik dan tidak terdapat bagian yang bocor. Selain itu, bagian saluran air untuk selalu diperhatikan. Apabila terdapat sampah atau daun di bagian saluran air, sebaiknya segera dibersihkan agar tidak mengganggu atau menghambat aliran air.

Air yang terhambat bisa menyebabkan air yang seharusnya melewati aliran air akan melewati rangka atau tiang kanopi kayu. Hal ini akan membuat bagian bawah kanopi kayu terasa lebih becek dan tidak nyaman ketika digunakan.

  1. Bersihkan Secara Rutin

Untuk menjaga keawetan kanopi kayu, bersihkan secara rutin dari debu dan kotoran. Debu atau pun kotoran yang menempel pada kanopi kayu akan mengganggu tampilannya. Lama kelamaan, kanopi kayu akan terlihat kusam dan kotor.

Debu yang membandel juga dapat berakibat buruk pada tampilan kayu. Seringkali debu ini membawa partikel lain yang dapat merusak ketahanan kayu. Misalkan saja debu membawa spora yang merupakan musuh dari kayu, akan membuat kayu lebih cepat lapuk.

  1. Lapisi Antikarat

Apabila tiang kanopi yang digunakan merupakan bahan dari besi, alangkah baiknya untuk mengaplikasikan antikarat khusus besi. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi adanya korosi karena perubahan cuaca atau zat asam yang seringkali terjadi di luar ruangan. Penggunaan antikarat pada besi akan membuat material tersebut lebih kokoh dan terhindar dari resiko roboh.

  1. Lakukan Pengecatan Ulang

Untuk menjaga kualitas dari kayu, perlu dilakukan pengecatan ulang pada permukaan kanopi kayu. Langkah ini tidak hanya sekadar agar kanopi kayu tampak indah saja tapi juga agar kayu bisa terlindungi dengan optimal. Anda dapat menggunakan cat kayu khusus outdoor yang diformulasikan khusus untuk alat-alat yang ditempatkan di area outdoor.

Bahan kayu umumnya perlu dicat ulang setiap 5 tahun sekali untuk mengembalikan tampilan warnanya. Namun, untuk penggunaan outdoor bisa lebih cepat tergantung dari ketahanan cat tersebut.

  1. Aplikasikan Antirayap dan Antijamur pada Kanopi Kayu

Untuk mencegah adanya serangan rayap atau pun jamur, alangkah baiknya untuk mengaplikasikan antijamur dan antirayap. Kedua organisme tersebut tergolong sebagai faktor perusak dari kayu yang membuat kayu cepat lapuk dan tidak dapat lagi digunakan.

Kita bisa mengaplikasikannya dengan cara mengoleskan bahan antirayap dan antijamur khusus ke seluruh permukaan kanopi kayu. Bila diperlukan, lakukan perawatan dengan antijamur dan antirayap tersebut secara berkala sehingga ketahanan kanopi kayu dapat bertahan lebih lama.

Produk Antijamur dan Antirayap Terbaik

Banyak orang tidak tahu tentang pentingnya mengaplikasikan antijamur dan antirayap pada konstruksi bangunan dan furnitur. Faktanya, pengaplikasian antijamur dan antirayap secara rutin dapat menjaga kualitas dari kayu itu sendiri, apalagi jika kanopi kayu terbuat dari bahan kayu yang bukan tergolong kayu kelas I.

Salah satu antijamur dan antiserangga terbaik yang bisa digunakan adalah Biocide Surface Film Preservative dan Biocide Insecticide. Kedua antijamur ini cocok untuk perawatan kayu jangka panjang. Menariknya, Biocide Insecticide tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan perawatan kayu saja tapi juga bisa digunakan untuk mengatasi serangga rumah seperti nyamuk, kecoak dan serangga lainnya.

Untuk bahan campuran, gunakan air saja untuk antijamur Biocide. Aplikasikan dengan cara oles ataupun injeksi agar larutan antijamur atau antiserangga tersebut dapat langsung meresap masuk ke serat kayu.

Untuk treatment kayu pasca penebangan kayu, adalah dengan cara direndam atau di-vakum. Teknik ini biasanya dilakukan oleh pengrajin kayu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keawetan dari kayu sehingga harga jual kayu tetap tinggi.