Mengenal 7 Jenis Kayu untuk Rumah

Kayu Sonokeling

Banyak jenis kayu di alam yang bisa diandalkan untuk membangun rumah dengan kualitas terbaik. Di beberapa daerah penghasil kayu, pesanan kayu sebagai bahan baku pembuatan rumah atau bagian rumah punya trend tersendiri.

Kebutuhan pembangunan rumah atau bangunan masih sangat erat kaitannya dengan penggunaan kayu sebagai materialnya. Dan untuk pembangunan gedung ataupun rumah, wajib memastikan jika kayu yang digunakan memiliki kualitas terbaik.

Fungsi Kayu untuk Rumah

Pembangunan rumah dengan konstruksi kayu
Pembangunan rumah dengan konstruksi kayu.

Berbicara mengenai rumah, makna yang akan diperoleh sangat luas. Fungsi dari penggunaan material kayu bisa ditempatkan pada banyak tempat.

pagar tampil baru dengan Orchid

Kayu merupakan material sebaguna termasuk penggunaannya di rumah. Kayu bisa menjadi bahan untuk membuat furniture atau mebel.

Berbagai hiasan dan benda-benda pelengkap lainnya juga bisa terbuat dari kayu. Benda dan hiasan tersebut juga bisa digunakan di rumah untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain untuk kebutuhan mebel dan hiasan, kayu juga bisa digunakan untuk material konstruksi dan bahan bangunan. Untuk membuat rumah tampak lebih menarik terlebih untuk Anda yang menginginkan tampilan natural penggunaan kayu pada rumah tentu sangat penting.

Tak jarang ada rumah yang sebagian besar mengandalkan kayu sebagai materialnya. Seperti rumah kayu yang menggunakan bahan dasar kayu hampir di seluruh elemennya.

7 Jenis Kayu untuk Rumah

Berbicara mengenai kebutuhan kayu untuk pembangunan rumah, dengan banyaknya jenis kayu yang ada di alam tidak semuanya memiliki kualitas terbaik. Pembangunan rumah dengan menggunakan kayu sebagai material konstruksi harus memaksimalkan kualitas bahan.

Baca Juga:  Bijak Memanfaatkan Kayu dengan Perawatan Pengawet Kayu Berkualitas

Jadi, meskipun banyak jenis kayu yang ada di alam, tidak semuanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan ini. Untuk memudahkan dalam menemukan jenis kayu untuk rumah dengan kualitas yang sesuai, berikut ini beberapa rekomendasi jenis kayu yang bisa digunakan:

1.  Kayu Jati

kayu jati lembaran

Tetap menjadi primadona untuk banyak kebutuhan, kayu jati juga menjadi pilihan yang tepat untuk Anda gunakan sebagai material pembangunan rumah. Kekuatan dan ketahanan dari kayu jati tidak perlu diragukan, termasuk untuk dijadikan material dalam membangun rumah.

Punya daya yang baik terhadap rayap dan jamur, kayu ini lebih awet untuk digunakan. Jati adalah jenis kayu yang tidak mudah untuk lapuk karena serangan jamur ataupun berlubang akibat serangan hama. Kayu ini juga lebih stabil dan tahan terhadap pemuaian maupun penyusutan pada banyak kondisi cuaca.

          Baca Juga: Tips Perawatan Kanopi Kayu

Pilihan terbaik untuk material bangunan rumah bisa menggunakan kayu jati. Dengan kualitas yang dimilikinya, wajar jika kayu ini dibanderol dengan harga cukup tinggi.

2.  Kayu Kamper

Kayu kamper

Selain jati, pilihan jenis kayu lainnya yang bisa diandalkan untuk membangun rumah adalah kayu kamper. Kayu ini memiliki ciri khas yang membuatnya tahan terhadap serangan hama, rayap juga termasuk di dalamnya. Hal ini dapat meminimalisir resiko kerusakan material kayu karena serangan rayap.

Berbeda dengan jati yang memiliki bobot cukup sesuai untuk digunakan sebagai rangka bangunan, kamper memiliki bobot yang lebih ringan, sehingga lebih dianjurkan untuk digunakan untuk material rumah, juga untuk kebutuhan lainnya dalam rumah. Pembuatan jendela, kusen, pintu, dan sebagainya, bisa menggunakan kayu kamper in.

Kayu jenis ini juga bisa diperoleh dengan harga lebih terjangkau. Lebih sesuai dan aman dengan budget yang dimiliki.

Baca Juga:  Pentingnya Pengawetan Kayu Pinus untuk Tampilan Cantik tanpa Jamur

3.  Meranti

Kayu meranti
Kayu meranti.

Selanjutnya, ada kayu meranti yang termasuk salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik. Meranti termasuk kayu yang kuat, awet, memiliki struktur yang keras serta akan sangat cocok digunakan untuk bangunan rumah.

Seperti jati, meranti juga bisa Anda gunakan untuk pembuatan rangka bangunan. Sama pula dengan kamper, meranti dapat diandalkan untuk pembuatan pintu, jendela, dan berbagai jenis mebel.

4.  Kayu Gaharu

Kayu gaharu
Kayu gaharu.

Bersiaplah untuk mengeluarkan dana lebih besar jika ingin menggunakan jenis kayu gaharu untuk bahan membuat rumah. Dengan kualitas yang tidak diragukan, kokoh dan tidak mudah lapuk, gaharu berada di kisaran harga yang terbilang cukup tinggi.

Kayu yang berasal dari Kalimantan ini memiliki tampilan kehitaman. Cocok digunakan untuk material bangunan maupun sebagai bahan baku pembuatan mebel.

5.  Bengkirai

Kayu Bengkirai
Kayu Bengkirai.

Jenis kayu untuk rumah yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan konstruksi berat. Tahan terhadap cuaca, bengkirai setara dengan tingkat kekuatan kekuatan yang dimiliki jati.

Penggunaan material ini sangat fleksibel untuk memenuhi kebutuhan kayu di rumah. Selain bisa digunakan untuk rangka bangunan, bisa juga mengandalkan material ini untuk decking.

6.  Kayu Kelapa (Glugu)

kayu kelapa

Mudah didapatkan dan memiliki harga lebih murah, kayu kelapa (glugu) bisa juga digunakan untuk material kayu untuk bangunan rumah. Biasanya kayu kelapa digunakan untuk tiang penyangga atap rumah. Namun, tidak semua jenis kayu kelapa cocok digunakan sebagai bahan dasar untuk kebutuhan konstruksi rumah.

 Baca Juga: Mengenal Biocide Series, Bahan Pengawet Kayu untuk Perawatan Material Kayu

 

Kita mungkin hanya akan bisa menggunakan kayu kelapa atau glugu dari pohon kelapa yang sudah berusia di atas 60 tahun agar kuat digunakan sebagai material bangunan.

Baca Juga:  Jual Obat Anti Jamur Kayu Sengon Jogja Kualitas Baik Harga Terjangkau

7.  Kayu Sonokeling

Kayu Sonokeling
Kayu Sonokeling

Rekomendasi terakhir adalah kayu sonokeling untuk digunakan sebagai material pembangunan rumah. Membuat kusen jendela maupun kusen pintu dengan bahan kayu ini tentu akan mendapatkan hasil optimal.

Dengan corak kehitaman yang khas, ada kesan mewah dan eksotis dari penggunaan kayu sonokeling untuk material rumah. Kekuatan dan kekokohan kayu yang satu ini juga adalah nilai lebih. Pemilihan kayu sonokeling sebagai bahan pembangunan rumah akan membuat hunian Anda tampak lebih menarik dan juga berkelas.

sambut ramadhan bersama biovarnish