Alasan Penting Kenapa Pagar Kayu Perlu Diberi treatment

Koleksi Desain Pagar Kayu Rumah Minimalis Terbaru - Kioopo.com

Pemilihan pagar perlu mempertimbangkan banyak faktor, dari kelebihan dan kekurangannya. Pagar sendiri terdiri dari berbagai macam material seperti besi, tembok, bambu atau pun kayu. Material-material ini dikenal baik untuk bahan baku pagar, dan banyak dijumpai di berbagai bangunan hunian.

Penggunaan pagar yang paling sering adalah besi dan beton karena dikenal sebagai material yang minim risiko. Namun, bagi Anda yang menyukai keindahan dan seni, mungkin akan lebih memilih pagar kayu dibandingkan dengan pagar besi dan beton. Anda mungkin akan mempertimbangkan pagar kayu yang punya kelebihan bisa dibentuk dengan mudah dan punya warna natural yang juga menggoda.

Meski begitu, penggunaan kayu sebagai pagar membutuhkan pertimbangan yang matang. Pasalnya, kayu  dikenal sebagai material yang mudah lapuk, apalagi ketika digunakan untuk outdoor.

Alasan Penting Pagar Kayu Memerlukan Perawatan

Membutuhkan keberanian ketika Anda harus memilih kayu sebagai bahan utama pagar. Selain memiliki risiko yang tinggi, pagar kayu juga dikenal sebagai material yang mahal dan memerlukan perawatan khusus. Akan tetapi, nilai keindahan yang ditawarkan kayu memang lebih tinggi dibandingkan tembok atau pun besi. Kesan yang dinamis dan hangat sangat kental serta menyatu pada pagar kayu.

Disebutkan bahwa kayu merupakan material yang sangat mudah lapuk dikarenakan oleh berbagai faktor. Nah, berikut berbagai alasan pagar kayu harus Anda rawat dengan baik agar awet dan bahkan lebih awet dari besi:

  1. Risiko Serangan Rayap dan Jamur

Rayap dan jamur merupakan musuh utama kayu baik di indoor ataupun outdoor. Ketika kayu diserang dua organisme tersebut, treatment yang dilakukan akan memakan waktu serta biaya. Akan lebih baik untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum jamur dan rayap menyerang kayu, sehingga Anda tidak merasa khawatir akan masalah jamur atau rayap akan muncul.

Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk mengatasi masalah ini seperti teak oil atau bahan kimia khusus untuk jamur dan rayap. Aplikasi teak oil atau bahan kimia, alangkah baiknya dilakukan setiap enam bulan sekali.

  1. Risiko Lapuk Akibat Perubahan Cuaca

Kayu sangat mudah lapuk ketika terkena sinar matahari ataupun hujan secara terus-menerus. Proses oksidasi yang terjadi bisa menyebabkan kayu mudah lapuk dan berubah warna menjadi keabuan serta mudah keropos bahkan ketika disentuh.

Untuk menghindari masalah ini maka Anda harus menggunakan cat khusus seperti cat dengan keunggulan weather resistance. Dengan treatment ini, kayu dapat terlindungi dari sinar matahari langsung dan hujan.

  1. Warna Kusam

Jika Anda sudah menggunakan pagar kayu lebih dari 5 tahun atau lebih, mungkin saja tampilan pagar kayu tersebut mulai kusam. Oleh itu, dibutuhkan refinishing. Tampilan cat yang kusam  ini sangat sering terjadi pada cat solvent based. Hal ini, karena cat solvent mudah menguap. Tampilan cat yang melapisi permukaan kayu cenderung mudah kusam.

Ada baiknya refinishing atau mengecat ulang pagar kayu tersebut menggunakan cat water based. Cat water based lebih fleksibel terhadap perubahan cuaca sehingga cat akan menjaga kualitas pagar kayu lebih baik.

  1. Pagar Kayu Kotor

Masalah ini sebenarnya tidak terjadi pada pagar kayu saja, tapi juga pagar dengan material lain. Meskipun terkesan sepele, kotoran pada pagar kayu juga bisa menyebabkan masalah serius pada kayu seperti mengganggu tampilan.

Saat hujan, biasanya kotoran akan lebih cepat menempel pada pagar kayu akibat tanah yang menempel atau pun kotoran lainnya. Sebaiknya, bersihkan secara rutin ketika pagar kayu mulai kotor akibat aktor tersebut.

Bahan Tretatment Pagar Kayu Terbaik

Sebagian orang mungkin cukup abai mengenai masalah ini sehingga cukup memahami cara perawatan kayu yang benar. Bahan treatment kayu yang cukup mahal dan caranya yang sedikit rumit membuat orang-orang enggan merawat kayu dengan baik.

Hal ini bisa Anda tepis ketika menggunakan bahan antijamur dan antiserangga dari produksi Bio Industri Omnipresen. Kedua bahan tersebut adalah Biocide Insecticide dan Biocide Surface Film Preservative, bahan treatment kayu yang sangat mudah untuk diaplikasikan.

Anda cukup mencampurkan Biocide tersebut dengan air kemudian dioleskan atau disemprotkan ke seluruh permukaan kayu. Selain mudah diaplikasikan, bahan treatment kayu ini juga dijual dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa order langsung melalui kontak hotline atau marketplace dengan klik langsung link pada website ini. Pembelian secara offline dapat Anda melalui agen-agen Bio Industri Omnipresen di kota Anda atau dapat juga langsung mengunjungi kantor Bio yang terletak di Yogyakarta, Cirebon dan Jepara.