Yuk Mengenal Jenis-Jenis Jamur Kayu dari Stain sampai Pelapuk Cepat

Setiap kayu yang kita miliki baik furniture maupun gelondongan sangat berpotensi terkena jamur, jamur bisa tumbuh di kursi atau lemari Anda. Yuk mengenal jenis-jenis jamur kayu.

Untuk mengenal jenis-jenis jamur kayu kita harus tahu jenis jamur menurut tipe serangannya. Jamur dibagi ke dalam dua kelompok yaitu jamur permukaan dan jamur pelapuk. Jamur pelapuk dibedakan jamur pelapuk cepat. jamur pelapuk lambat dan jamur pelapuk kayu kering. Jamur pelapuk cepat dibedakan jamur pelapuk coklat dan jamur pelapuk putih.

Mari kita jelaskan satu persatu.

  1. Jamur Permukaan

Jamur permukaan hanya menyerang permukaan kayu, benang-benangnya mencari makan dari dalam rongga sel kayu berupa pati dan gala sederhana. Jamur ini tidak merusak dinding sel kayu, karenanya tidak berpengaruh pada kekuatan kayu, jamur ini memberi noda warna pada kayu atau pada permukaan kayu.

Noda warna ini disebabkan oleh warna enzym yang terdapat di dalam benang jamur tersebut. Noda warna ini bermacam-macam tergantung jenis jamurnya. Tidak semua jenis kayu terserang oleh jamur permukaan karena pertama kayu tersebut tidak mengandung pati di dalam rongga selnya dan/atau kedua kayu tersebut mengandung ekstraktif yang beracun atau tidak disukai oleh jamur permukaan. Jenis-jenis kayu yang mudah terserang jam ur permukaan ini antara lain sengon, tusam dan ramin. Noda warna biru pada tusam dan ramin dikenal dengan sebutan blue-stain.

Perhatikan tabel berikut ini untuk lebih mengenal jenis-jenis jamur kayu. Tabel Noda Warna dan Jamur Penyebabnya:

Warna Noda Kayu atau produk yang terserang Jamur
Kelabu baja sampai hitam kebiru-biruan Kayu gergajian, kayu bulat Ceratocystis, Diplodia, Graphium, Aerobasidium
Coklat kusam s/d kelabu atau hitam Kayu gergajian dan vinir kayu daun lebar Pigmen pelarut dari buluk
Hijau (spora hijau) atau hitam Macam-macam produk kayu Trichoderma, Penni- cillium, Gliocladium (hi- jau), Aspergillus, Moni- lia, Alternaria (hitam)
Coklat dominan Tiang, kayu gergajian Pigmen yang larut dari Cytospora dan hypha ge-

lap

Ungu s/d merah jambu Kayu gergajian dan kayu bulat Southern pine dan red gum Fusarium moniliformae, F. solani, F. viride, F. roseum (pigmen dan hypha)
Merah jambu s/d coklat kayu manis Kayu bulat dan gergajian kayu daun jarum Cephaloascusfragrans (pigmen yang larut)
Merah tua s/d merah jingga Kayu bulay dan gergajian Southern pine, gum, oak Pennicillium roseum, P. aureum (pigmen), Geotrichum sp.
Kuning pucat Kayu bulat dan gergajian oak, hickory, birch, maple Pennicillium divaricatum
Kuning tua Kayu bulat dan gergajian S. pine, dan red gum Gymnocus sp.
        (Baca Juga:

Apa Kata Peneliti Tentang Jamur Kayu Blue Stain?

    1. )
  1. Jamur pelapuk cepat

Jamur pelapuk coklat (brown rot)

Jamur ini melapukkan kayu, menyerang sellulosa dan meninggalkan lignin. Lignin kemudian teroksidasi oleh udara menjadi berwarna coklat, sehingga kayu yang diserang menjadi lapuk, kaya lignin dan berwarna coklat. Contoh jamur penyerangnya Poria monticola, P. valliantii, Coniophora arida, C. pertema, Lenzites sepiaria, L. trabea, Lentinus lepideus

Jamur pelapuk putih (white rot).

Jamur ini melapukkan kayu dan menjadikan kayu berwarna putih. Jamur menyerang lignin lebih dahulu kemudian sellulosa. Contoh jamur penyerangnya Polyporus versicolor (nama yang dianjurkan Coriolus versicolor), Poria nigres-Cens, Poniophora mollis.

  1. Jamur pelapuk lambat

Jamur ini menyebabkan permukaan kayu menjadi lunak, serangannya lambat, serangan dari luar sedikit demi sedikit pada kayu-kayu yang sangat basah, terbuka terhadap cuaca, pada rongga-rongga longitudinal, pada kayu jarum terutama pada kayu awal. Contoh jamurnya Ceratogystis albida, Chaetomium globosum.

  1. Jamur pelapuk kayu kering

Jamur ini melapukkan u yang sudah kering. Pada awalnya spora jamur jatuh di tempat yang lembab dekat sumber air, benag tumbuh memanjang dan akhirnya menemukan kayu yang sudah kering. Benag jamur tumbuh bercabang-cabang pada permukaan kayu, kemudian mengangkut air dari sumber air terdekat dan ditumpahkan ke permukaan kayu. Setelah permukaan kayu menjadi basah barulah benang-benang mulai melapukkan kayu. Contoh spesiesnya Poria incrassata, Merulius lacrymans.

Mengenal jenis-jenis jamur kayu penting bagi Anda yang senang atau bekerja di bidang kayu, seperti industri perkayuan, ataupun bapak/ibu rumah tangga yang berjibaku dengan serangan jamur pda furniture mereka.