Solusi Efektif Mengawetkan Kayu Pinus dengan Hasil Paling Baik

Aplikasikan solusi efektif mengawetkan kayu pinus dengan bahan pengawet kayu yang ampuh. Dengan karakter yang bergetah, jenis kayu ini sangat rentan mengalami kerusakan sehingga harus diawetkan sedini munkin.

Aplikasikan solusi efektif mengawetkan kayu pinus dengan bahan pengawet yang ampuh
Aplikasikan solusi efektif mengawetkan kayu pinus dengan bahan pengawet yang ampuh

Pohon pinus mengacu pada sekelompok spesies dari marga Pinus, banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat produk-produk buatan manusia. Salah satu bagian pinus yang penggunaannya sangat tinggi adalah kayu. Kayu pinus biasa digunakan sebagai material, dari batang korek api hingga mebel.

Namun, sebagaimana material organik pada umumnya, kayu pinus rentan mengalami pelapukan oleh organisme. Salah satu organisme yang dikenal sangat mudah dan sering menyerang pinus adalah jamur blue stain.

Jamur blue stain merupakan jamur berukuran mikroskopis yang koloninya berwarna biru kehitaman. Jenis jamur ini akan menginfeksi kayu dengan hidup di antara jaringanya. Meski tidak menimbulkan kerusakan struktural, namun organisme ini tetap bisa menyebabkan nilai jual kayu turun drastis. Kayu akan tampak bernoda kebiruan. Estetika kayu menurun, sehingga material tersebut tidak bisa digunakan untuk keperluan yang mementingkan keindahan, misalnya furniture. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mem-bleaching kayu dengan pemutih kayu White Agent (WA) 250. Namun cara tersebut jelas akan membuat Anda kehilangan sejumlah rupiah.

Antisipasi jamur blue stain dan berbagai jenis hama pinus lainnya akan lebih baik dilakukan dengan treatment pengawetan kayu. Namun tidak sembarang treatment bisa memberikan proteksi yang baik, kecuali treatment menggunakan bahan pengawet yang tepat.

BioCide Wood Fungicide untuk Antisipasi Serangan Jamur Blue Stain dan Hama Lain

BioCide Wood Fungicide merupakan bahan pengawet kayu berbahan aktif fungisida dan bakterisida, methylene-bis-thiocyanate (MBT). Produk ini bisa diaplikasikan pada berbagai media dari rotan hingga kayu seperti pinus. Aplikasi Microcide akan memberikan proteksi yang baik pada kayu pinus dari serangan jamur blue stain dan hama lain. Gunakan Microcide 100/100 EC untuk memberikan proteksi maksimal pada kayu pinus.

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah mengawetkan kayu pinus dengan BioCide Wood Fungicide. Selain kedua metode yang dijelaskan di bawah ini, Microcide bisa diaplikasikan dengan sistem lain seperti spray dan vakum tekan.

Aplikasi Solusi Efektif Mengawetkan Kayu Pinus dengan BioCide Wood Fungicide

  • Sistem Kuas

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Buat larutan BioCide Wood Fungicide sesuai petunjuk pemakaian. Aduk hingga rata.
  3. Aplikasikan larutan BioCide Wood Fungicide dengan cara dikuas atau di-brush di seluruh permukaan kayu. Keringkan.
  • Sistem Rendam

  1. Siapkan alat serta bahan yang dibutuhkan
  2. Buat larutan BioCide Wood Fungicide sesuai petunjuk pemakaian. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan kayu dalam larutan BioCide Wood Fungicide. Pastikan kayu terendam seluruhnya. Rendam 10 hingga 15 menit. Keringkan.

Agar treatment di atas lebih efektif, jangan menunda aplikasinya setelah kayu pinus ditebang. Sebab, infeksi jamur blue stain dan berbagai hama lainnya bisa berlangsung sangat cepat.

Demikian sedikit informasi mengenai solusi efektif mengawetkan kayu pinus dengan BioCide Wood Fungicide. Semoga bermanfaat. (*)