Silica Gel Jogja ini Sangat Aman dan Cocok untuk Berbagai Kegunaan

Fungsi Silica Gel
silica gel terdiri dari beberapa jenis dan fungsi berbeda

Silica Gel Jogja dari Bioindustries adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat. kantor kami yang berada di Jogja berdampingan dengan kota bantul. Walaupun namanya gel tapi tetap tergolong dalam silika padat. Jangan terlalu mengartikan gel dalam pengertian suatu produk yang bentuknya gel ataupun silicon gel. Mengapa demikian? Mari kita telusuri

Gel ( dari bahasa Latin gelu — membeku, dingin, es atau gelatus — membeku ) adalah campuran koloidal antara dua zat berbeda fase: padat dan cair. Penampilan gel seperti zat padat yang lunak dan kenyal (seperti jelly), namun pada rentang suhu tertentu dapat berperilaku seperti fluida (mengalir). Berdasarkan berat, kebanyakan gel seharusnya tergolong zat cair, namun mereka juga memiliki sifat seperti benda padat.

Sedangkan silika gel adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Sebagai pengering, ia memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas (memiliki link kekerabatan) yang kuat untuk molekul air.

Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar – agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silika dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Garam – garam kobalt dapat diabsorpsi oleh gel ini.

bahan pengawet
Untuk Informasi Lebih Detail Hubungi disini

Silica gel digunakan untuk apa?
Sifat ini menjadikan silika gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Garam – garam kobalt dapat diabsorpsi oleh gel ini. Silika gel mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebih. Karena itu silika gel umum digunakan dalam setiap pengiriman barang-barang yang disimpan dalam kotak.

Silica gel apakah berbahaya?
Oleh karena itu, silika gel sangat berbahaya bila tertelan. Bisa menyebabkan dehidrasi, iritasi tenggorokan dan selaput lendir, rongga hidung yang kering, serta sakit perut. … Namun beberapa butiran silika gel kemungkinan mengandung zat kimia cobalt chloride yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker).

baca juga Pemutih kayu 

Berapa lama silica gel bertahan?
Di daerah yang lembap karena curah hujan tinggi seperti Bogor, silica gel akan dengan cepat menyerap kelembapan dan molekul di udara sehingga pemakaiannya bisa hanya dalam durasi 2-3 bulan sebelum harus didaur ulang. Berbeda dengan daerah Kupang yang kering, bisa jadi silica gel dapat bertahan 6 bulan hingga 1 tahun.

Apakah silica gel ada expired nya?
Seperti layaknya benda-benda berfungsi lain, Silica Gel juga mempunyai masa tenggang efektif. Sebuah Silica Gel akan siap digunakan dan berfungsi secara baik apabila masih berwarna biru. … Namun, jangan salah karena Anda tidak harus membuang Silica Gel yang “kadaluarsa” ini karena masih bisa diregenerasi

Akhir-akhir ini, informasi tentang tempat penjualan silica gel Jogja ramah lingkungan banyak dicari pelaku industri. Para pelaku industri menggunakan bahan penyerap kelembapan ini untuk menjaga kualitas produk baik dalam kemasan maupun dalam ruang penyimpanan.

Silica gel merupakan bahan penyerap kelembapan udara yang dibuat dari penggumpalan natrium silikat (NaSiO2). Meskipun produk dikategorikan sebagai jenis gel, silica memiliki bentuk berupa butiran putih seperti kaca. Produk ini juga dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Saat ini, silica gel memiliki beberapa varian. Namun sayangnya tidak semua produk silica gel ramah lingkungan. Oleh karena itu, para pelaku industri dihimbau untuk berhati-hati saat membeli bahan penyerap kelembapan ini.

Silica Gel Jogja Aman dan Sesuai Kebutuhan

Secara umum, tempat penjualan silica gel Jogja tidak hanya memberikan informasi tentang harga. Akan tetapi, tempat tersebut juga menambahkan informasi tentang jenis dan fungsi dari produk tersebut. Sehingga, para pelaku industri dapat membeli produk sesuai dengan kebutuhan dan yang aman bagi kesehatan maupun lingkungan.

Ada tiga jenis silica gel yang umum digunakan di dunia industri. Silica gel putih dan silica gel natural merupakan varian produk yang banyak digunakan. Produk ini bersifat aman bagi makanan dan kesehatan manusia. Bahkan, silica gel natural tergolong produk food grade yang aman bagi makanan. Meskipun demikian, silica gel putih juga tidak berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Kelebihan dari produk-produk tersebut ialah tidak beracun, tidak berbau, tidak berasa, tidak mudah terbakar, dll. Kegunaan silica gel melingkupi kemasan barang elektronik, makanan kering, obat-obatan farmasi dll. Di sisi lain, produk juga berfungsi pengontrol kelembapan pada tempat penyimpanan. Sebagai contoh, yaitu ruang dokumen, laboratorioum, gudang obat, gudang makanan, ruang produksi, dan lain-lain.

  • silica gel putih

Selain silica gel natural dan putih, di pasaran juga terdapat silica gel biru. Namun sayangnya produk ini kurang aman dan tidak ramah lingkungan. Produk ini mengandung cobalt chloride yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, penggunaan bahan ini dilarang untuk barang atau kemasan yang dikonsumsi manusia. Biasanya, bahan penyerap kelembapan udara ini digunakan pada industri permesinan dan listrik. Kelebihan dari silica gel biru adalah memiliki daya serap yang cukup tinggi dan cepat. Selain itu, produk ini digunakan sebagai tolok ukur atau indikator kejenuhan.

  • silica gel natural

Salah satu tempat penjualan silica gel Jogja adalah Bio Industries. Bio Industries hanya menjual jenis silica gel yang aman dan ramah lingkungan, yaitu silica gel natural dan putih. Hal ini sesuai dengan konsep perusahaan yang mengusung tema ramah lingkungan untuk produk-produknya. Informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut bisa

Fungsi dan Kegunaan Silica Gel

  1. Silica gel mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan sebelum terjadi. Silica merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun. Produk ini sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan peralatan lainnya.
  2. Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa merubah kondisi zatnya. Silica adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang berudara/bersuhu. Silica juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan.
  3. Produk penyerap kelembaban ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan karat pada logam, mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro, serta mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia akibat tingginya kelembaban udara.