Mengenal Permethrin dan Fungsi Efektifnya untuk Preservasi Kayu

Permethrin adalah bahan kimia sintetis dengan beragam fungsi. Bahan ini sering dimanfaatkan sebagai obat skabies hingga bahan pengawet kayu atau wood preservative.

Permethrin adalah bahan kimia sintetik biasa digunakan untuk insektisida
Permethrin adalah bahan kimia sintetik biasa digunakan untuk insektisida.

Permethrin adalah bahan kimia yang memiliki fungsi sangat luas. Bahan ini banyak dimanfaatkan sebagai racun kontak karena efeknya toksiknya yang tinggi pada beberapa jenis hewan. Efek toksik permethrin berasal dari kemampuannya menyebabkan gangguan pada transfer sinyal antar neuron. Efek tersebut bekerja sangat efektif pada sistem syaraf hewan berdarah dingin seperti serangga dan ikan serta pada beberapa hewan berdarah panas seperti kucing dan tikus. Karenanya, bahan ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan aktif insektisida atau anti serangga racun kontak. Permethrin akan  masuk ke dalam tubuh serangga melalui kulit atau celah pada tubuhnya seperti trakhea dan mulut lalu menyebabkan gangguan yang menyebabkan kematian.

Meskipun memiliki toksiksitas yang tinggi pada hewan berdarah dingin dan beberapa spesies berdarah panas, secara umum permethrin ialah bahan yang tidak membahayakan hewan berdarah panas lainnya. Bahan ini memiliki toksiksitas yang lemah pada hewan berdarah panas seperti manusia dan burung. Permethrin hanya akan membahayakan manusia pada paparan dosis yang sangat tinggi. Karena itulah bahan ini juga banyak digunakan sebagai bahan aktif obat anti serangga yang menyerang manusia. Misalnya, sebagai bahan aktif pada obat skabies. Obat tersebut akan membunuh skabies tanpa menyebabkan efek toksik pada manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi nyamuk. Di wilayah dengan epidemi malaria atau demam berdarah, Permethrin bisa dijadikan bahan untuk merendam kelambu yang biasa digunakan untuk tidur. Dengan begitu, nyamuk-nyamuk akan tereliminasi sebelum berhasil menggigit manusia.

Permethrin adalah Bahan Pengawet Kayu yang Baik?

Sebagaimana yang disebut di atas, permethrin adalah bahan yang sangat beracun bagi serangga. Sifat ini menjadikan permethrin sebagai bahan aktif insektisida yang  sangat baik dalam proses pengawetan kayu atau wood preservative. Kayu-kayu yang baru dipanen umumnya harus disimpan terlebih dahulu hingga harus diberi treatment pengawetan yang baik. Dengan demikian, berbagai hama kayu yang umumnya berupa serangga dan tikus tidak akan mengakibatkan kerusakan yang besar.

Iklan Biothane Banner perkenalan

Aplikasi permethrin sendiri termasuk mudah dilakukan. Insektisida berbahan aktif permethrin seperti BioCide Insecticide tinggal direndam, dikuas, atau bahkan disemprot pada berbagai jenis kayu, baik kayu gelondongan maupun olahan.

Iklan Biothane utama