Terbukti! Inilah Merk Pemutih Kayu Terbaik dengan Hasil yang Indah

WA-250

Menemukan merk pemutih kayu terbaik untuk wood treatment sebenarnya masih bisa dilakukan. Hanya saja tentu hal ini membutuhkan ketelitian terutama saat pemilihan produk tersebut dilakukan.

Before after penggunaan bahan pemutih pada kayu

Penggunaan pemutih Kayu untuk industri dengan bahan baku jati, bambu atau mahoni banyak di butuhkan. Hal ini karena pemutih kayu memiliki fungsi yang serbaguna diantaranya sebagai penghilang noda dan mencerahkan kayu supaya lebih menarik. Selain itu wood bleaching juga digunakan untuk menyeragamkan warna kayu.

Dan juga mampu memberikan kesan unik di setiap finishing. Kayu yang sifat warnanya alami bisa menjadi kekuatan ketika di munculkan dengan bantuan wood bleaching.

4 Kegunaan Bahan Pemutih Kayu

Ada 4 kegunaan utama yang menjadi fungsi dari penggunaan bahan pemutih kayu. Diantaranya yaitu:

1) Menghilangkan Noda

Sejak kayu di tebang dari sebuah pohon hingga kemudian akan difinishing, kayu mengalami berbagai kondisi yang seringkali tidak standar. Hasilnya, sering kali muncul berbagai noda yang sulit dihilangkan pada kayu.

jamur noda blue stain

Contohnya adalah adanya noda yang ditemukan akibat serangan jamur yang menyerang substrat kayu dan noda tersebut sifatnya permanen. Namun dengan aplikasi pemutih kayu, Anda bisa menghilangkan noda-noda tersebut.

2) Mencerahkan Warna Kayu

Selanjutnya yaitu berkaitan dengan warna kayu. Seperti tujuannya, “pemutih” kayu jelas mampu memutihkan warna kayu. Kegunaan ini cukup krusial pada beberapa tipe finishing yang ingin kita aplikasikan. Di luar itu, pencerahan warna ini juga bisa membuat produk lebih menarik (untuk selera tertentu).

3) Membuat Warna Kayu Seragam

Penggunaan bahan bleaching kayu mampu mencerahkan semua jenis kayu dan menghilangkan cacat warna. Maka tidak heran jika produk pemutih kayu juga dikatakan mampu digunakan untuk menyeragamkan warna kayu.

pemutih kayu water based WA 250

Penyeragaman warna ini biasanya dilakukan pada saat akan melakukan proses finishing. Kegunaan atau fungsi yang satu ini bisa dibilang sangat penting terutama untuk pemilik usaha mebel. Karena produk mebel yang dihasilkan seringkali dituntut untuk sama.

4) Menghasilkan Finishing Unik

3 fungsi pemutih kayu di atas bisa dibilang adalah fungsi dasar dari sebuah produk bleaching kayu. Namun selain ketiga manfaat dasar tersebut, Anda juga bisa menggunakan bahan ini untuk kebutuhan yang lebih kreatif. Misalnya mengaplikasikan wood bleaching dalam proses pengecatan untuk memberikan efek tertentu.

Secara umum, 4 kegunaan pemutih kayu di atas dimiliki oleh semua merek wood bleaching. Tapi seharusnya, jangan sampai Anda menyamakan kualitas dari suatu produk wood bleaching dengan merk lainnya. Karena pasti ada produk pemutih yang sangat baik, namun ada juga yang sangat buruk bahkan beresiko merusak kayu. Setiap produk memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Yang terpenting bagi kita adalah menggunakan produk yang paling sesuai kebutuhan. Misalnya, penggunaan pemutih berbahan hidrogen peroksida yang bila pengerjaannya tak lancar bisa membuat kayu menjadi pink. Ini jelas sangat merusak. Sebaiknya gunakanlah pemutih dengan karakter lebih stabil seperti White Agent (WA-250).

Merk Pemutih Kayu Terbaik White Agent WA-250

Sumber: YouTube Bio Paint

White Agent WA-250 merupakan bahan pemutih kayu (bleaching wood) water based yang aman digunakan. Produk ini diformulasikan sebagai bahan pengganti asam hydrogen peroxide (H2O2).

Karena seperti telah diketahui, manfaat H2O2 salah satunya untuk memutihkan kayu. Namun sayangnya kegunaan H2O2 ini disertai dengan bahaya dalam proses aplikasinya. Dan telah diketahui memiliki banyak efek negatif terhadap kekuatan serat kayu.

Bahan pemutih kayu WA-250 ini berfungsi untuk membantu memutihkan (bleacher/color brightener) media kayu. Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan menyeragamkan warna kayu dan menurunkan cacat warna permukaan kayu. Misalnya saja seperti noda bekas blue stain dan warna kayu doreng.

Seperti kita ketahui, noda blue stain maupun kayu doreng bisa menurunkan keindahan kayu. Selain itu, kondisi tersebut bisa menyulitkan pada saat proses finishing. Tentu saja proses finishing akan lebih mudah dilakukan apabila warna kayu seragam.

Fungsi lainnya adalah menurunkan gap beda warna bagian kayu teras dan kubal dengan cara yang mudah, murah, efektive dan efesien.

WA-250 Merk Wood Bleaching yang Lebih Aman

Harga Pemutih kayu WA-250
white agent atau WA 250 efektif menyeragamkan warna kayu

Jika dibandingkan dengan bahan pemutih kayu konvensional yang berbahan aktif Hydrogen Peroxide (H2O2), produk White Agent WA-250 relatif lebih aman dan ramah lingkungan serta tidak merusak atau menghancurkan struktur serat kayu. Berbeda dengan cara memutihkan kayu dengan H2O2 yang cenderung korosif.

Penggunaanya menyebabkan rusaknya struktur kayu sehingga kayu menjadi lebih rapuh. Keunggulannya lainnya dari WA-250 adalah tidak perlu dijemur dan lebih mudah diaplikasikan. Hasilnya juga lebih efektif mencerahkan warna kayu dengan hasil warna kayu tampak lebih natural.

White Agent (WA-250) bisa digunakan pada berbagai macam media kayu, seperti kayu jati, mahoni, mangga, pinus dan berbagai jenis kayu lainnya. Selain itu, produk ini juga bisa diaplikasikan untuk mencerahkan warna bamboo maupun natural fiber, seperti rotan fitrit, eceng gondok dan lain sebagainya.

Bahan kimia pemutih kayu ini dapat memperbaiki warna kayu yang kurang baik, sehingga warna kayu tampak lebih indah dan natural.

Baca juga: harga bahan pemutih kayu

Kelebihan Merk Pemutih Kayu Berkualitas WA-250

Teknik Memutihkan Kayu Tanpa H2O2
wa 250 pengganti h20 lebih aman dan ramah lingkungan

Sebagai produk wood bleaching yang berkualitas, White Agent 250 juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Adanya beragam fitur unggulan itulah yang menjadi kelebihan produk ini dibandingkan dengan yang lain.

Bleaching kayu ini juga diformulasikan tanpa menggunakan Hydrogen Peroxide sehingga lebih aman untuk diaplikasikan. Beberapa kelebihan merk pemutih kayu ini diantaranya yaitu:

  • Efektif mencerahkan warna kayu
  • Bisa diaplikasikan pada seluruh jenis kayu
  • Hasil warna kayu tampak bersih cerah dan terlihat alami, bukan putih pucat
  • Mampu menurunkan sampai menghilangkan bekas noda jamur blue-stain
  • Proses pengeringan bisa dilakukan tanpa perlu dijemur, jadi bisa dilakukan kapan saja meskipun sedang hujan sekalipun
  • Tidak merusak kondisi kayu, apalagi sampai membuatnya menjadi lunak, keropos ataupun lapuk
  • Tidak memicu timbulnya korosi atau karat pada komponen logam
  • Aman bagi kesehatan pekerja dan pengguna produk akhir
  • Cara aplikasi mudah dengan waktu dan biaya lebih terukur

Prosedur Cara Memutihkan Kayu Dengan White Agent WA-250

Pemutih Kayu Ramah Lingkungan
pemutih kayu ramah lingkungan dan efektif digunakan dari bioindustries WA 250

Prosedur aplikasi atau cara menggunakan produk bleaching kayu ini sangat mudah. Anda tidak perlu takut saat mengaplikasikan, karena White Agent WA-250 bukan terbuat dari asam kuat yang berbahaya bagi kulit, pernafasan dan mata.

Meskipun begitu, sangat disarankan untuk menggunakan alat-alat pengaman kerja, seperti sarung tangan, masker, baju lengan panjang, celana panjang dan sepatu. Berikut prosedur cara memutihkan kayu menggunakan WA-250:

Persiapan alat dan bahan pemutih kayu

Siapkan White Agent 250 sesuai kebutuhan. Produk ini tersedia dalam kemasan can 1 kg, galon 5 kg dan pail 20 kg. Jika Anda menggunakan metode celup atau rendam, pastikan kolam sudah disiapkan.

Jika menggunakan, kuas, Anda perlu menyiapkan gelas plastik atau wadah kecil dan kuas. Siapkan juga air bersih sebagai pengencer. Untuk menurunkan konsentrasi, produk bleaching kayu WA-250 dapat ditambahkan dengan air. Anda bisa menggunakan air sesuai dengan efek color brightness yang ingin dicapai.

Sebagai contoh, untuk memutihkan warna kayu jati atau mahoni direkomendasikan dengan perbandingan air : WA-250 ( 1 : 1 ) atau (1 : 2). Semakin rendah konsentrasi larutan white agent semakin rendah pula efektifitas kerja WA-250 untuk mencerahkan warna kayu. Begitu pula dengan tingkat kecerahan warna yang dihasilkan.

Persiapan media kayu, bambu atau rotan

Siapkan media yang mau dicerahkan warnanya. Pastikan permukaan media kayu atau bambu atau rotan tidak tertutup oleh kotoran, minyak, atau bahan pelapis yang akan menghalangi penetrasi cairan pemutih kayu WA-250 masuk ke dalam serat.

Jika masih ada debu bekas amplas, pastikan sudah dibersihkan. Pastikan juga MC kayu juga sudah di MC standar.

Cara aplikasi larutan WA-250 untuk memutihkan kayu

Sumber: YouTube Bio Paint

Secara prinsip, pastikan larutan WA-250 dapat membasahi seluruh permukaan media yang akan di-treatment. Untuk itu larutan pemutih kayu WA-250 dapat diaplikasikan dengan cara dikuas, disemprot ataupun dicelup atau direndam.

Untuk perendaman ataupun pencelupan, Anda bisa menggunakan kolam permanen. Jika tidak ada, Anda bisa membuat kolam dari terpal. Jika media memungkinkan untuk direndam, sangat disarankan untuk aplikasi dengan cara direndam.

Setelah selesai proses aplikasi, angkat dan tiriskan. Biarkan permukaan kayu tetap basah beberapa saat 1-2 jam untuk memberi kesempatan bahan pemutih WA-250 meresap lebih dalam dan bekerja menetralisir warna alami kayu. Apabila ada bekas blue stain yang membandel, lakukan proses penguasan terlebih dahulu di bagian yang terkena blue stain. Baru setelah itu dicelup atau direndam 15 menit.

Setelah 4 jam warna kayu akan segera berubah menjadi lebih terang. Jika dirasa warna kayu masih kurang terang, proses tretment dapat diulangi lagi sampai mendapatkan warna kayu yang diinginkan. Sebagai catatan, di 2 jam pertama biasanya warna kayu akan menghitam. Ini adalah reaksi wajar akibat reaksi kimia yang terjadi. Namun setelah itu perlahan-lahan kayu akan semakin cerah. kayu akan stabil cerahnya setelah 6 jam.

Proses Menetralisir dan Pengeringan Pasca Aplikasi

Setelah mendapatkan warna kayu sesuai yang diinginkan, sisa-sisa bahan aktif WA-250 perlu dinetralisir agar reaksinya tidak berlanjut. Sisa-sisa bahan aktif yang masih menempel pada permukaan kayu dapat menyebabkan MC kayu tidak stabil. Proses netralisir dapat dilakukan dengan cara dibilas dengan air detergent atau cukup dengan air mengalir.

Setelah warna kayu berubah menjadi terang sesuai yang diinginkan dan telah dinetralisir, kayu dapat di keringkan dengan cara kiln dry atau dijemur sampai mendapatkan MC kayu standard (12%).

Keamanan Produk Bleaching Kayu White Agent 250

Teknik Memutihkan Kayu Tanpa H2O2
bahaya h20 dibandingan dengan wa 250

Penggunaan produk pemutih kayu WA-250 tidak perlu dikhawatirkan keamanannya. Menggunakan bahan aktif berupa Sodium Hypochlorite atau NaClO dengan konsentrasi 25% membuat produk ini lebih aman dari produk sejenisnya.

Kebiasaan penggunaan Hydrogen Peroxyde (H2O2) sebagai bahan aktif pada bleaching kayu tidak akan Anda temukan saat menggunakan WA-250.  Sehingga produk ini lebih aman untuk digunakan serta tidak menimbulkan korosi maupun iritasi kulit saat diaplikasikan. Proses bleaching kayu dengan bahan ini juga akan lebih memudahkan Anda karena sangat praktis.

Anda bahkan bisa melakukan bleaching kayu kapan saja karena bisa dilakukan tanpa harus menjemurnya dibawah sinar matahari langsung. Proses penggunaannya juga sangat fleksibel, Anda hanya perlu mengencerkan WA-250 dengan air bersih. Tidak perlu menggunkan thinner atau bahan pelarut organik lainnya seperti saat menggunakan bleaching berbahan Hydrogen Peroxyde.

Tidak perlu ada tambahan biaya yang Anda keluarkan, sehingga jelas produk ini jauh lebih ekonomis. Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikannya dengan mudah. Anda bisa mengaplikasikan WA-250 dengan penguasan, penyemprotan dengan alat spray, atau bahkan dengan melakukan perendaman. Seluruh metode ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Merk Pemutih Kayu Berkualitas WA-250?

Biocide Wood Chemical Treatment

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami di sini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]