Tak Diragukan Lagi, Ini Pemutih Kayu Terbaik dengan Hasil yang Indah

Pemutih Kayu Ramah Lingkungan
pemutih kayu ramah lingkungan dan efektif digunakan dari bioindustries WA 250

Pemutih Kayu untuk industri dengan bahan baku jati, bambu atau mahoni banyak di butuhkan, karena pemutih kayu memiliki fungsi sebagai penghilang noda, mencerahkan kayu supaya lebih menarik, menyeragamkan warna kayu, dan memberikan kesan unik di setiap finishing. kayu yang sifat warnanya alami bisa menjadi kekuatan ketika di munculkan.

untuk pemesanan Bisa langsung klik disini

bahan pengawet
Untuk Informasi Lebih Detail Hubungi disini

4 Kegunaan Pemutih Kayu

1) Menghilangkan Noda
Sejak kayu di tebang dari sebuah pohon hingga kemudian akan difinishing, kayu mengalami berbagai kondisi yang seringkali tidak standar. Hasilnya, sering kali muncul berbagai noda yang sulit dihilangkan. Contohnya adalah noda akibat jamur stain yang sifatnya permanen. Namun dengan aplikasi pemutih kayu, Anda bisa menghilangkan noda-noda tersebut.

2) Mencerahkan Warna Kayu
Seperti tujuannya, “pemutih” kayu jelas mampu memutihkan warna kayu. Guna ini krusial pada beberapa tipe finishing yang ingin kita aplikasikan. Di luar itu, pencerahan warna ini juga bisa membuat produk lebih menarik (untuk selera tertentu).

3) Membuat Warna Kayu Seragam
Karena mampu mencerahkan semua kayu dan menghilangkan cacat warna, sudah tentu pemutih kayu bisa menyeragamkan kayu yang akan difinishing. Kegunaan ini bisa dibilang sangat penting karena produk mebel yang dihasilkan seringkali dituntut untuk sama.

4) Menghasilkan Finishing Unik
3 fungsi pemutih kayu di atas bisa dibilang adalah fungsi dasar produk bersangkutan. Selain manfaat dasar itu, kita juga bisa menggunakan bahan ini untuk kebutuhan yang lebih kreatif. Misalnya mengaplikasikan wood bleaching dalam proses pengecatan untuk memberikan efek tertentu.

Secara umum, 4 kegunaan pemutih kayu di atas dimiliki oleh semua merek wood bleaching. Namun jangan sekali-kali menyamakan kualitasnya. Ada produk pemutih yang sangat baik, namun ada juga yang sangat buruk bahkan beresiko merusak kayu. Setiap produk memiliki keunggulan dan kelemahan. Yang terpenting bagi kita adalah menggunakan produk yang paling sesuai kebutuhan. Misalnya, penggunaan pemutih berbahan hidrogen peroksida yang bila pengerjaannya tak lancar bisa membuat kayu menjadi pink. Ini jelas sangat merusak. Sebaiknya gunakanlah pemutih dengan karakter lebih stabil seperti White Agent (WA-250).

Apa itu White Agent WA-250

White Agent WA-250 ini merupakan bahan pemutih kayu (bleaching wood) sebagai bahan pengganti asam hydrogen peroxide (H2O2). Seperti kita ketahui, manfaat H2O2 salah satunya untuk memutihkan kayu. Sayangnya kegunaan H2O2 ini disertai dengan bahaya dalam proses aplikasinya dan telah diketahui memiliki banyak efek negatif terhadap kekuatan serat kayu.

Bahan pemutih kayu WA-250 ini berfungsi untuk membantu memutihkan (bleacher/color brightener) media kayu. Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan menyeragamkan warna kayu dan menurunkan cacat warna permukaan kayu. Misalnya saja seperti noda bekas blue stain dan warna kayu doreng.

Seperti kita ketahui, noda blue stain maupun kayu doreng bisa menurunkan keindahan kayu. Selain itu, kondisi tersebut bisa menyulitkan pada saat proses finishing. Tentu saja proses finishing akan lebih mudah dilakukan apabila warna kayu seragam. Fungsi lainnya adalah menurunkan gap beda warna bagian kayu teras dan kubal dengan cara yang mudah, murah, efektive dan efesien.

Jika dibandingkan dengan bahan pemutih kayu konvensional yang berbahan aktif Hydrogen Peroxide (H2O2), produk White Agent WA-250 relatif lebih aman dan ramah lingkungan serta tidak merusak atau menghancurkan struktur serat kayu. Berbeda dengan cara memutihkan kayu dengan H2O2 yang cenderung korosif dan menyebabkan rusaknya struktur kayu. Kayu menjadi lebih rapuh. Keunggulannya lainnya dari WA-250 adalah tidak perlu dijemur, lebih mudah diaplikasikan,dan hasilnya lebih efektif mencerahkan warna kayu dengan hasil warna kayu tampak lebih natural.

White Agent (WA-250) bisa digunakan pada berbagai macam media kayu, seperti kayu jati, mahoni, mangga, pinus dan berbagai jenis kayu lainnya. Selain itu, produk ini juga bisa diaplikasikan untuk mencerahkan warna bamboo maupun natural fiber, seperti rotan fitrit, eceng gondok dll. Bahan kimia pemutih kayu ini dapat memperbaiki warna kayu yang kurang baik, sehingga warna kayu tampak lebih indah dan natural.

Baca Juga : Harga Pemutih kayu

Berikut Kelebihan WA-250 Untuk Memutihkan Kayu
pemutih kayu, treatment kayu Secara singkat, berikut beberapa keunggulan produk bleaching kayu atau White Agent WA-250 :

Efektif mencerahkan warna kayu
Hasil warna kayu tampak bersih cerah dan terlihat alami, bukan putih pucat

Mampu menurunkan sampai menghilangkan bekas noda jamur blue-stain

Aplikasi tanpa perlu dijemur, jadi bisa dilakukan kapan saja

Tidak bikin kayu jadi lunak atau lapuk

Tidak bikin karat pada komponen logam

Aman bagi kesehatan pekerja dan pengguna produk akhir

Cara aplikasi mudah dengan waktu dan biaya lebih terukur
Prosedur Cara Memutihkan Kayu Dengan White Agent WA-250
Prosedur aplikasi atau cara menggunakan produk bleaching kayu ini sangat mudah. Anda tidak perlu takut saat mengaplikasikan, karena White Agent WA-250 bukan terbuat dari asam kuat yang berbahaya bagi kulit, pernafasan dan mata.

Meskipun begitu, sangat disarankan untuk menggunakan alat-alat pengaman kerja, seperti sarung tangan, masker, baju lengan panjang, celana panjang dan sepatu.

Berikut prosedur cara memutihkan kayu menggunakan WA-250.

Persiapan alat dan bahan pemutih kayu

Siapkan White Agent 250 sesuai kebutuhan. Produk ini tersedia dalam kemasan can 1 kg, galon 5 kg dan pail 20 kg. Jika Anda menggunakan metode celup atau rendam, pastikan kolam sudah disiapkan. Jika menggunakan, kuas, Anda perlu menyiapkan gelas plastik atau wadah kecil dan kuas. Siapkan juga air bersih sebagai pengencer.

Untuk menurunkan konsentrasi, produk bleaching kayu WA-250 dapat ditambahkan dengan air sesuai dengan efek color brightness yang ingin dicapai. Sebagai contoh, untuk memutihkan warna kayu jati atau mahoni direkomendasikan dengan perbandingan air : WA-250 ( 1 : 1 ) atau (1;2). Semakin rendah konsentrasi larutan white agent semakin rendah pula efektifitas kerja WA-250 untuk mencerahkan warna kayu, begitu pula dengan tingkat kecerahan warna yang dihasilkan.

Persiapan media kayu, bambu atau rotan

Siapkan media yang mau dicerahkan warnanya. Pastikan permukaan media kayu atau bambu atau rotan tidak tertutup oleh kotoran, minyak, atau bahan pelapis yang akan menghalangi penetrasi cairan pemutih kayu WA-250 masuk ke dalam serat. Jika masih ada debu bekas amplas, pastikan sudah dibersihkan. Pastikan juga MC kayu juga sudah di MC standar.

Baca Juga : cara memutihkan serat kayu merbau dengan bahan pemutih

Cara aplikasi larutan WA-250 untuk memutihkan kayu
Secara prinsip, pastikan larutan WA-250 dapat membasahi seluruh permukaan media yang akan di-treatment. Untuk itu larutan pemutih kayu WA-250 dapat diaplikasikan dengan cara dikuas, disemprot ataupun dicelup atau direndam. Untuk perendaman ataupun pencelupan, Anda bisa menggunakan kolam permanen. Jika tidak ada, Anda bisa membuat kolam dari terpal. Jika media memungkinkan untuk direndam, sangat disarankan untuk aplikasi dengan cara direndam.

pemutih kayu aman

Setelah selesai proses aplikasi, angkat dan tiriskan. Biarkan permukaan kayu tetap basah beberapa saat 1-2 jam untuk memberi kesempatan bahan pemutih WA-250 meresap lebih dalam dan bekerja menetralisir warna alami kayu. Apabila ada bekas blue stain yang membandel, lakukan proses penguasan terlebih dahulu di bagian yang terkena blue stain. Baru setelah itu dicelup atau direndam 15 menit.

baca juga : kualitas dan manfaat serat rotan

Setelah 4 jam warna kayu akan segera berubah menjadi lebih terang. Jika dirasa warna kayu masih kurang terang, proses tretment dapat diulangi lagi sampai mendapatkan warna kayu yang diinginkan. Sebagai catatan, di 2 jam pertama biasanya warna kayu akan menghitam. Ini adalah reaksi wajar akibat reaksi kimia yang terjadi. Namun setelah itu perlahan-lahan kayu akan semakin cerah. kayu akan stabil cerahnya setelah 6 jam.

Untuk detail contoh cara aplikasinya, berikut video aplikasi bahan kimia pemutih kayu dengan menggunakan White Agent WA-250 yang aman dan ramah lingkungan.

Proses Menetralisir dan Pengeringan Pasca Aplikasi
Setelah mendapatkan warna kayu sesuai yang diinginkan, sisa-sisa bahan aktif WA-250 perlu dinetralisir agar reaksinya tidak berlanjut. Sisa-sisa bahan aktif yang masih menempel pada permukaan kayu dapat menyebabkan MC kayu tidak stabil. Proses netralisir dapat dilakukan dengan cara dibilas dengan air detergent atau cukup dengan air mengalir.

Setelah warna kayu berubah menjadi terang sesuai yang diinginkan dan telah dinetralisir, kayu dapat di keringkan dengan cara kiln dry atau dijemur sampai mendapatkan MC kayu standard (12%).