Alternatif Mudah Hilangkan Lumut Pada Lantai Kayu Teras

lantai kayu teras

Lumut yang muncul pada permukaan lantai kayu teras rumah adahal hal yang kurang menyenangkan. Selain membuat tampilan lantai kayu pada teras menjadi berkurang estetikanya, lumut juga bisa membahayakan Anda yang sering beraktivitas di sekitar lantai teras. Namun, Anda bisa mencegah terjadinya berbagai hal buruk tersebut jika mampu merawat lantai kayu pada area teras dengan lebih optimal.

Mengenal Lumut dan Bahaya yang Ditimbulkannya

lumut dan spora
lumut

Lumut pada dasarnya adalah spora jamur yang sangat lembut jika disentuh. Namun pertumbuhannya juga cukup merugikan karena mampu menghancurkan permukaan benda yang ditumbuhinya.

Lumut dan jamur bisa muncul pada banyak jenis benda. Benda yang paling sering ditumbuhi lumut adalah benda organik seperti kayu. Tidak mengherankan, keberadaan lantai kayu terutama pada area teras benar-benar bisa menjadi tempat optimal utnuk lumut dan jamur tumbuh.

Jamur dapat menjadi ancaman tersendiri bagi rumah Anda karena jamur maupun lumut yang muncul memiliki kemampuan untuk menghancurkan permukaan benda yang ditumbuhinya.

Bau yang ditimbulkan oleh kemunculan jamur dan lumut juga cukup mengganggu. Belum lagi permasalahan lain dengan spora jamur yang dapat bertebaran dengan mudah di udara. Hal tersebut sangat berisiko mengganggu kesehatan Anda. Spora bisa dengan mudah terhirup dan menyebabkan reaksi alergi pada tubuh Anda. Gejala ringan seperti sesak napas hingga pengaruh lainnya yang lebih berat yang mempengaruh sistem imunitas tubuh.

Oleh karenanya, pastikan segera basmi jika Anda menemukan lumut atau muncul di permukaan lantai teras di rumah Anda.

Tips Menghilangkan Jamur atau Lumut Pada Lantai Kayu Teras

lantai kayu teras
lantai kayu teras

Lantai kayu teras yang tidak terlindungi atap rentan ditumbuhi oleh lumut maupun jamur. Potensi tersebut lebih besar terjadi terutama saat musim hujan. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lumut atau jamur pada permukaan kayu, yaitu:

  1. Gunakan pisau yang sudah tumpul ataupun alat pengerik yang bisa mengikir jamur dan lumut pada permukaan lantai kayu. Setelah itu, sapu dan bersihkan bagian jamur ataupun lumut yang sudah terkikis.
  2. Ampelas bagian lantai yang berjamur kemudian aplikasikan fungisida sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Tunggu hingga mengering kemudian ampelas kembali dan ulangi pengaplikasian fungisida.
  3. Tunggu lapisan fungisida benar-benar kering dengan sempurna lalu lanjutkan dengan pengaplikasian varnish ataupun pelitur kayu.

Baca Juga: Tips Melindungi Decking Kayu Agar Tidak Berlumut dan Berjamur

Alternatif Bahan Antijamur dan Antilumut yang Bisa Digunakan

Selain penggunaan fungisida, ada pula beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti fungisida. Anda bisa membuat fungisida alternatif dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan digunakan. Berikut ini beberapa pilihan bahan alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi lumut dan jamur:

1.      Karbol

Karbol sering dianggap sebagai bahan yang mampu membunuh dan menghentikan serangan jamur maupun lumut. Namun, sebenarnya bahan ini hanya efektif untuk menghentikan pertumbuhan lumut dan jamur pada permukaan area yang tidak berpori. Misalnya saja, pada area ubin keramik.

2.      Oxygen Bleach

Sama halnya dengan karbol, oxygen bleach juga bisa digunakan untuk mengatasi jamur dan lumut. Mengandung bahan aktif hydrogen peroxide membuat bahan ini mampu mengikis lumut dan jamur pada permukaan benda. Dengan sifatnya yang korosif, wajar jika bahan ini mampu mengikis lumut ataupun jamur dengan mudah. Bahan ini juga bisa diaplikasikan pada lantai kayu asalkan digunakan dengan kadar yang sesuai.

3.      Cuka

Cuka memang tidak membunuh setiap jenis jamur dan lumut. Namun, bahan ini tetap mampu menghambat pertumbuhan jamur dan lumut yang muncul. Anda bisa menggunakan cuka dengan membasahi bagian lantai yang berjamur dengan cuka. Biarkan selama satu jam sebelum membilasnya.

4.      Soda Kue

Bubuk soda kue dapat menghasilkan efek yang serupa dengan cuka tetapi lebih efektif untuk menghilangkan bau. Anda bisa membuat campuran kental menggunakan bubuk soda kue dan air hangat.

Cukup oleskan campuran tersebut pada bagian lantai yang berjamur atau berlumut. Biarkan selama beberapa saat sebelum menyikatnya.

5.      Minyak Biji Jeruk Bali

Anda juga bisa memilih untuk menggunakan minyak biji jeruk bali sebagai bahan antijamur dan antibakteri. Bahan ini terbukti ampuh untuk digunakan dan pemakaiannya juga cukup mudah.

Anda hanya perlu menambahkan 10 tetes minyak biji jeruk Bali ke dalam secangkir air. Lalu semprotkan atau percikkan hasil campuran tersebut ke area yang bermasalah. Diamkan beberapa saat lalu lap dan biarkan mengering.

Tips untuk Mencegah Kemunculan Jamur dan Lumut

Jamur dan lumut biasanya menyukai lingkungan yang cenderung hangat, gelap, dan lembab. Untuk mencegah kemunculannya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti:

  • Menjaga sirkulasi udara di dalam rumah tetap lancar.
  • Anda bisa menggunakan alat dehumidifier jika memang diperlukan. Alat ini bisa digunakan untuk mengurangi kondisi kelembaban udara di sekitar.
  • Pastikan tidak ada benda atau barang basah yang bersentuhan secara langsung dengan lantai kayu teras ataupun karpet. Terlebih dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Jika Anda menyimpan pot tanaman di atas lantai kayu, sebaiknya gunakan alas penampung air pada bagian bawah pot tanaman, agar air siraman tanaman tidak bersentuhan langsung dengan lantai.