9 Desain Gazebo Taman untuk Bersantai di Rumah

Gazebo bambu. Sumber: Goods Home Design

Hunian di perkotaan dan sekitarnya akan terlihat lebih asri dan menarik jika memiliki gazebo di halaman rumahnya. Desain gazebo yang menarik dapat berpengaruh baik untuk kenyamanan penggunaannya.

Untuk kebutuhan relaksasi dari penat akibat pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, menikmati suasana taman sambil bersantai di gazebo adalah pilihan yang cukup menarik. Dengan desain yang menarik pada gazebo, suasana yang tercipta diharapkan dapat semakin nyaman bagi penggunanya.

9 Inspirasi Desain Gazebo Taman

Sebenarnya sangat banyak desain yang bisa diterapkan pada gazebo agar tampilannya lebih menarik. Nah, untuk memenuhi kebutuhan ini di taman, berikut ini ada 9 rekomendasi desain yang bisa dipilih.

1.  Gazebo dengan Partisi pada Dua Sisi

Gazebo dengan partisi di dua sisi
Gazebo dengan partisi di dua sisi

Gazebo atau saung dengan desain ini biasanya memiliki atap yang didesain sendiri. Selain itu, gazebo ini juga biasanya terpisah dari bangunan utama rumah. Namun, kita bisa membuatnya tampak seperti bangunan rumah dengan penggunaan partisi atau sekat pada kedua sisi gazebo.

Desain gazebo dengan partisi ini bukan hanya memiliki fungsi untuk menopang bagian atapnya, tapi juga untuk menjadi media penghalang panas atau silau oleh sinar matahari saat  bersantai di dalam gazebo. Nah, untuk kenyamanan terhadap sinar matahari tersebut, bangunan partisi gazebo bisa disesuaikan dengan arah datang sinar matahari.

2.  Gazebo Kayu Berbentuk Kereta Kuda

Gazebo berbentuk kereta kuda
Gazebo berbentuk kereta kuda

Salah satu keunggulan penggunaan material kayu adalah bisa mudah dibentuk. Seperti gazebo dengan bentuk kereta kuda dengan kesan etnik yang kuat. Namun, bisa juga menggunakan bentuk lainnya yang menarik yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Gazebo etnik ini dapat ditempatkan di taman belakang ataupun taman depan rumah. Agar lebih menarik,  meletakkannya pada bagian tengah taman adalah hal mutlak.

4.  Desain Gazebo Taman dengan Tirai Bambu

Gazebo simple tirai bambu
Gazebo simple tirai bambu.

Keberadaan tirai bambu pada gazebo bisa membuat desainnya menjadi lebih menarik. Penggunaan tirai bambu pada gazebo dengan desain minimalis contohnya, akan membuat tampilannya berubah.

Tirai bambu sebagai ciri khas gazebo ini punya peran penting untuk menghalangi sinar matahari langsung masuk ke gazebo. Begitu pula saat musim hujan tiba, bagian dalam gazebo tidak akan terkena percikan hujan.

Kelebihan gazebo dengan desain ini, seperti yang dijelaskan di atas, ada pada tirai bambunya. Pada cuaca yang tidak sedang hujan atau panas matahari tidak menjangkau area dalam gazebo, tirai bambu dapat digulung agar pandangan lebih luas ke area luar gazebo.

Adanya tirai pada gazebo jenis ini juga cukup aman untuk melindungi furnitur yang ada di area dalam gazebo.

5.  Gazebo di Tepi Kolam Renang

Gazebo tepi kolam renang
Gazebo tepi kolam renang

Jika memiliki kolam renang di halaman belakang rumah, membangun gazebo yang ditempatkan pada area tepian kolam renang merupakan pilihan yang cukup menarik.

Membangun gazebo di sekitar kolam akan memunculkan nuansa liburan setiap kali menggunakan kolam renang atau berada di wilayah sekitar kolam renang. Bahan dan jenis bangunan untuk gazebo di sekitar kolam renang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, pada bagian atas, bisa menggunakan kain kanvas yang tebal atau bahan lain sejenisnya.

6.  Gazebo Berbentuk Huruf L di Sudut Halaman

Gazebo di sudut halaman
Gazebo di sudut halaman

Bagi yang menyukai gazebo dengan desain yang terbuka, desain gazebo dengan bentuk menyerupai huruf L ini bisa menjadi pilihan. Gazebo jenis ini sangat cocok untuk diletakkan pada bagian sudut di halaman belakang rumah.

Menikmati suasana taman yang asri dengan berbagai bunga dan pepohonan akan semakin nyaman saat berada gazebo ini.

Baca juga: Cat kayu yang bagus dan tahan lama untuk gazebo

7.  Desain Gazebo Taman Ala Kedai Kopi

Gazebo ala kedai kopi
Gazebo ala kedai kopi

Bagi seorang penikmat kopi dan sering nongkrong di coffee shop, desain gazebo taman ini cocok untuk dipilih. Bangunan gazebo seperti yang biasa ditemui di coffee shop bisa disesuaikan untuk ditempatkan di halaman rumah .

Untuk menonjolkan kesan kedai kopi lebih kuat, disarankan untuk menggunakan meja kayu dan bangku panjang pada gazebo. Dengan membangun gazebo menyerupai konsep kedai kopi ini, merak yang hobi menikmati  kopi sambil nongkrong di coffee shop dapat memangkas pengeluaran cukup besar yang biasanya dikeluarkan setiap bulannya.

Selain membangun gazebo dengan konsep kedai kopi kekinian, kemampuan untuk meracik kopi sendiri harus pula diperhitungkan. Oleha karena, kemampuan dasar meracik kopi akan membuat kantong semakin hemat, namun tetap bisa menikmati suasana ala coffee shop.

8.  Gazebo Berbahan Bambu

bahan gazebo bambu
Gazebo bambu

Untuk mereka yang kurang suka dengan konsep gazebo dengan sekat dan terkesan kaku, desain gazebo dari bahan baku bambu ini sangat cocok. Gazebo bambu ini tidak memerlukan partisi yang berbentuk papan.

Untuk menjaga privasi selama penggunaan gazebo, bisa diakali dengan menggunakan kain panjang. Kain dapat dipasang di keempat sisi gazebo untuk digunakan sebagai kain penutup. Penggunaan kain ini, seperti halnya tirai pada gazebo dengan desain tirai bambu, dapat disesuaikan penggunaannya.

Model gazebo ini cenderung lebih sederhana namun tetap cantik dan menarik. Seperti halnya gazebo di pinggir kolam, desain gazebo ini akan selalu mengingatkan pada suasana seperti sedang berlibur di pantai.

9.  Gazebo dari Bahan Recycle atau Daur Ulang

Gazebo dari bahan daur ulang
Gazebo dari bahan daur ulang

Desain gazebo taman dari bahan baku daur ulang atau bahan-bahan recycle perlu pula dipertimbangkan. Anda bisa memanfaatkan kayu bekas, bambu bekas, ataupun besi bekas untuk pembuatan gazebo ini. Daur ulang menjadi salah satu hal yang sedang tren saat-saat ini, karena pada dasarnya, tidak harus selalu menggunakan bahan baku baru untuk membuat gazebo.

Dengn desain yang banyak menggunakan material organik macam kayu dan bambu, ada baiknya saat membangun gazebo, perawatan untuk bahan pembuatnya tidak dilupakan. Menggunakan bahan pengawet dan antijamur sebelum dan setelah membangun gazebo sangat dibutuhkan.

Gunakan selalu bahan pengawet dan antijamur yang punya kualitas unggulan. Direkomendasikan untuk menggunakan bahan pengawet Biocide Insecticide dan Biocide Fungiside yang diproduksi PT Bio Industri Omnipresen.