Silica Gel Aman Untuk Makanan

0
13
Silica Gel Aman Untuk Makanan
makanan kering didalam toples semakin awet dengan silica gel food grade

Makanan merupakan asupan yang kita butuhkan sehari-hari untuk menunjang kesehatan atau kebutuhan tubuh kita. Semakin majunya jaman, maka akan semakin banyak makanan siap saji atau fast food yang bisa dibuat di rumah dengan tanpa alat memasak yang lengkap. Seperti mie instan yang menggunakan cup, tidak perlu dimasak dengan kompor hanya perlu menggunakan air mendidih dan mie instan siap disantap.

Bukan hanya makanan berat saja yang dibutuhkan, namun makanan penunjang atau camilan biasanya kita akan membeli untuk keperluan sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa makanan akan cepat berjamur bukan dikarenakan kadaluarsa, namun karena penyimpanan yang kurang baik? bagaimana solusi untuk mencegah jamur tumbuh pada maknn dengan cepat? Simak dibawah ini.

Makanan yang kita simpan kerap kali mudah berjmur padahal belum memasuki masa kadaluarsa atau expired. Jamur tumbuh bukan karena makanan kadaluarsa saja, akan tetapi jamur tumbuh karena tempat penyimpanan makanan yang lembab dan tidak memiliki jarak. Tempat yang lembab bisa mengakibatkan jamur pada makanan, bau apek, sampai kerusakan pada makanan yang disimpan.

Silica Gel Aman Untuk Makanan
makanan kemasan semakin awet dengan silica gel food grade

Jika Anda memiliki kulkas, alangkah lebih baik kalau makanan disimpan di dalam lemari pendingin. Tetapi karena tidak semua makanan bisa diletakkan dikulkas, Anda sebaiknya menaruh makanan ditempat yang kering, tidak dicampur dengan jenis makanan lainnya, dan juga untuk cara yang lebih efektif dan efisien Anda bisa meletakkan bahan pengawet untuk makanan. Bahan pengawet ini sebaiknya yang aman jika bersentuhan dengan makanan atau foodgrade.

Bahan penyerap lembab untuk makanan Anda bisa menggunakan silica gel natural yang aman digunakan untuk makanan. Silica gel natural ini diolah dari bahan mineral alami dan dikemas dengan kertas semi permeable sehingga dapat menyerap partikel air yang ada didalam ruangan. Karena sifatnya yang hidrofolik atau mengikat molekul air, silica gel natural ini bisa digunakan sebagai bahan penyerpa kelembaban pada kemasan makanan.

Molekul air yang diserap oleh silica gel naturl ini akan diolah menjadi gel sehingga tidak akan menyebabkan kebocoran dan tidak akan mengontaminasi makanan didalam kemasan. Menggunakan silica gel natural dapat menghambat tumbuhnya jamur, bakteri dan mikroorganisme yang dapat merusak makananyang disimpan.

Silica gel natural ini mampu mengikat molekul air hingga 55% dari berat bersihnya. Jadi bisa cukup banyak menyerap kelembabn pada makanan yang disimpan dlm kemasan. Silica gel natural ini tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau sehingga aman digunakan sebagai penyerap kelembaban pada makanan. Penggunaannya direkomendasikan sebagai bahan penyerap kelembaban pada makanan yang tertutup karena ruang yangtertutup memiliki tingkat kelembaban yang lebih tinggi.

Produk anti lembab ini menyerap kelembaban tanpa merubah kondisi zat yang dikandungnya. Bahan-bahan silica gel naturl dapat digunkan sebagai substansi penyerap kelembaban dan cairan partikel dari ruang atau kemasan yang bersuhu atau berudara. Silica juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang akan disimpan.

Silica Gel Aman Untuk Makanan
silica gel yang aman untuk makanan bersifat food grade

Karena kemasan silica gel natural ini cukup ekonomis dengan berat 1 gr, Anda bisa menggunakan beberapa sachet pada kemasan makanan yang Anda simpan. Namun jangan lupa untuk selalu mengecek daya serap silica gel ini ketika sudah digunakan.

Cara mengeceknya cukup mudah yaitu dengan meletakkan sachet silica gel natural pada wadah yang sudah diisi sedikit air. Jika silica gel ini bereaksi menyerap air, berarti silica gel ini masih aktif. Namun jika silica sudah tidak menyerap air, maka Anda harus segera mengganti silica gel tersebut agar makanan yang Anda simpan tetep terjaga suhunya.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply