Mengenal Lebih Dekat Fungsi Silica Gel

0
18
Fungsi Silica Gel
silica gel terdiri dari beberapa jenis dan fungsi berbeda

Silica merupakan bahan dari natrium silikat yang berbentuk butiran seperti kaca dan berpori. Walaupun namanya silica gel, namun ia berbentuk padat dan bersifat hidropolik atau mengikat molekul air. Silica gel adalah substansi yang digunakan untuk menyerap kelembaban dan cairan partikel pada ruangan bersuhu.

Penggunaan silica ini efektif menghindarkan dari suhu lembab yang menyebabkan kerusakan pada barang yang disimpan didalam kotak kemasan. Silica gel ini diolah dari bahan mineral alami yang dikemas menggunakan kertas semi permeable sehingga dapat menyerap molekul air. Penggunaan silica gel ini betujuan untuk meminimalisir kerusakan selama barang disimpan.

Mengenal Jenis-Jenis Silica Gel

Jenis-jenis silica yang biasa digunakan adalah:

  1. Silica Gel Blue

Fungsi Silica Gel
silica gel biru tidak boleh digunakan untuk makanan

Silica jenis ini sebenarnya sudah dibatasi penggunaannya karena  bahannya relatif berbahaya untuk kesehatan maupun lingkungan. Produk ini tidak boleh dignakan untuk kemasan makanan dan semua yang bersentuhan langsung dengan tubuh seperti digunakan untuk pakaian atau kebutuhan sehari-hari lainnya. Silica gel blue ketika sudah menyerap kelembaban maka warnanya berubah menjadi pink atau merah muda. Ini menandakan bhawa silica gel sudah tidak berfungsi sehingga harus diganti dengan silica gel yang baru.

  1. Silica Gel White

Silica jenis ini biasa digunakan untuk produk yang tidak bersentuhan dengan makananseperti untuk penyerap lembab pada pakaian, tas, kotak perhiasan, atau apapun yang tidak termakan. Silica gel white ini berbentuk butiran bening yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak beracun. Silica gel white digunakan sebagai bahan penyerap lembab dan mencegah kerusakan pada barang yang diakibatkan oleh pertumbuhan jamur, bakteri dan mikroorganisme lain yang mudah tumbuh dalam kondisi lembab.

  1. Silica Gel Natural

Untuk silica gel jenis natural ini cukup aman digunakan pada kemasan makanan atau farmasi karena silica gel ini bersifat food grade. Silica gel natural diolah dari bahan mineral alami dan dikemasn dengan ukuran tertentu menggunakan kertas semi permeable. Silica gel natural tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau sehingga aman jika digunakan pada barang yang bersentuhan dengan makanan sekalipun. Ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki bisnis makanan atau obat-obatan.

Fungsi Silica Gel Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fungsi Silica Gel
silica gel natural salah satu fungsinya untuk mengawetkan makanan
  1. Menggunaan silica gel dapat mencegah kelembaban yang berlebihan sebelum terjadi pada kemasan. Produk silica gel natural adalah produk food grade sehingga aman digunakan pada produk selain makanan sekalipun. Silica gel sering ditemukan didalam kemasan obat-obatan, makanan kering, ataupun kemasan lainnya.
  2. Produk anti lembab ini menyerap kelembaban tanpa merubah kondisi zat yang dikandungnya. Silicagel merupakan adalah bahan-bahan yang digunakan sebagai penyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang memiliki suhu atau udara tertentu. Silica juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang akan disimpan.
  3. Produk penyerap kelembaban ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan karat pada logam, mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro, serta mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia akibat tingginya kelembaban udara disekitarnya.

Penggunaan silica ini disesuaikan dengan kebutuhan. Kemasan silica sudah dikemas menggunakan kertas semi permeable dengan ukuran sachet. Jadi Anda cukup meletakkan silica pada kemasan didalam wadah.

Jangan lupa untuk selalu mengecek masa aktif silica agar barang-barang yang disimpan tidak terdapat kerusakan yang berarti. Anda bisa menggunakan silica gel dari Bioindustries yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Silica gel dari Bioindustries yang dijual ada silica gel white dan silica gel natural.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply