Jenis Silica Yang Tepat Untuk Makanan dan Obat

0
4
Jenis Silica Yang Tepat Untuk Makanan dan Obat
obat obatan menggunakan silica gel untuk menjaga tetap kering

Sebagai bahan penyerap lembab pada kemasan makanan atau farmasi, silica gel haruslah memiliki kelebihan yang tidak menyebabkan kontaminasi pada makanan atau obat-obatan. Yang harus diperhatikan saat memilih silica gel sebagai bahan penyerap lembab adalah yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Sebagi penyerap kelembaban udara

Silica natural memiliki sifat hidrofilik atau mengikat molekul air yang kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai pengering untuk kemasan dan untuk ruangan.

  • Dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri

Jamur dan bakteri hanya bisa hidup pada kondisi yang lembab. Penggunaan silica gel yang menyerap kelembaban akan menghambat kedua organisme tumbuh.

  • Mampu mencegah proses oksidasi

Proses oksidasi atau pelapukan terjadi semakin cepat pada kondisi ruangan yang lembab. Penggunaan silica gel ini dapat menyerap kelembaban akan menghambat proses tersebut.

  • Dapat mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro

Silica gel natural mampu menyerap molekul air yang berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek listrik mikro yang bisa berakibat fatal.

Dalam kehidupan sehari-hari, silica gel ini bermanfaat sebagai:

  1. Penyerap kelembaban pada kotak sepatu

Jika Anda memiiki banyak sepatu yang disimpan dalam kotak sepatu atau rak sepatu, sebaiknya Anda menggunakan silica gel natural ini didalam rak atau kotak sepatu. Karena sepatu yang biasa dipakai akan menimbulkan bau sehingga membuat pemakainya merasa tidak nyaman. Apalagi jika sepatu Anda terbuat dari kulit. Silica ini bisa menghindarkan kerusakan pada sepatu kulit Anda agar tidak mengelupas seperti yang biasa terjadi.

  1. Mencegah bau pada rak atau lemari makanan

Rak yang biasa digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan bumbu-bumbu, sebaiknya juga diberi silica gel natural. Karena makanan juga beresiko ditumbuhi jamur yang akan membuat makanan Anda mudah basi dan berbau. Jamur yang tidak terlihat pada makanan akan membuat racun pada tubuh yang mengkonsumsinya.

Efek ini tentu akan membuat kesehatan Anda terancam. Maka memang salah satu cara termudah untuk menghindarkan jamur yang akan tumbuh pada rak atauĀ  lemari makanan adalah menggunakan silica gel natural untuk mencegah jamur.

  1. Mencegah jamur pada kotak obat

Kotak obat atau kotak P3K biasanya digunakan untuk menyimpan obat untuk kesehatan, obat antiseptik, perban, minyak kayu putih, atau lain sebagainya. Jamur pada kotak obat akna tumbuh jika kotak obat memiliki suhu kelembaban udara yang tinggi. Silica gel natural ini mampu menyerap kelmbaban yang menyebabkan jamur pada kotak obat. Sehingga Anda tidak perlu cemas karena obat-obat Anda tetap aman digunakan.

  1. Penyerap kelembaban pada lemari pakaian

Lemari merupakan tempat menyimpan pakaian yang digunakan sehari-hari. Karena lemari memiliki tempat yang tertutup dan isinya selalu penuh, maka disarankan menggunakan silica gel natural yang diletakkan beberapa sachet pada lemari. agar pakaianĀ  yang disimpan tidak ditumbuhi jamur dan tidak bau.

Jenis Silica Yang Tepat Untuk Makanan dan Obat
silica gel natural atau alami aman digunakan untuk obat dan makanan

Biasanya lemari akan mengeluarkan bau apek yang akan membuat baju Anda menjadi bau. Bau tersebut karena suhu udara didalam lemari terlalu lembab. Menggunakan beberapa sachet silica gel natural cukup membatu mencegah jamur pada lemari pakaian Anda.

Dan masih banyak fungsi lain dari silica gel natural ini. Memilih silica gel alangkah baiknya jika memilih yang food grade sehingga aman jika digunakan pada kemaasan makanan dan obat-obatan.

Silica gel natural ini tidak berasa, tidak berbau dan diolah dari bahan mineral alami. Silica gel yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari Anda adalah silica gel natural dari Bioindustri. Harganya terjangkau, dan banyak kelebihan yang Anda dapatkan. Untuk mendapatkan produk tersebut Anda bisa menghubungi kontak kami.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply