Bahan Pengawet Kayu Mindi Yang Ampuh

Bahan Pengawet Kayu Mindi
kayu mindi di awetkan untuk menghindari jamur dengan biocide

Kayu mindi merupakan salah satu bahan baku utama untuk industri mebel. Kayu ini terbukti berkualitas baik dan memiliki corak yang indah.  Memiliki kayu teras yang berwarna merah semu coklat muda dan kayu gubalnya berwarna putih kemerh-merahan. Namun tetap ada batas diantara kayu teras dan kayu gubal. Karena kayu jenis mindi ini mudah dikerjakan seperti dibentuk, diserut ataupun dipotong, maka kayu ini termasuk jenis kayu pertukangan yang cukup baik.

Kayu ini memiliki serat dan pori yang besar-besar dan dalam yang tidak banyak disukai oleh pasar mebel Indonesia, tetapi banyak disukai oleh para importer mebel dari luar negeri. Pori-pori dan serat kayunya yang khas merupakan salah satu keunikan yang menghasilkan suatu produk dengan penampilan yang menarik apabila dikelola dengan benar.

Pada pabrik-pabrik mebel eksport, kayu mindi ini seringkali digunakan sebagai substitusi untuk kayu oak. Kayu mindi merupakan pilihan yang banyak digunakan untuk rangka dengan kombinai papan veneer oak untuk menghasilkan mebel untuk keperluan pasar Eropa atau Amerika.

Namun kayu ini tidak terlalu kuat untuk digunakan sebagai bahan untuk keperluan struktural dan digunakan untuk produk-produk outdoor. Kayu ini tidak disarankan untuk dipakai sebagai bahan baku outdoor furniture, kerangka rumah, pagar atau keperluan produk-produk luar ruangan lainnya. Kayu mindi juga merupakan kayu yang memiliki resiko tinggi terkena serangga pemakan kayu, karena itu pengolahan dan pengawetan dengan bahan kimia pengawet kayu atau obat anti serangga sangat disarankan pada pengolahan kayu ini.

Jika Anda ingin tetap menggunakan kayu mindi sebagai furniture rumah Anda, alangkah baiknya jika kayu mindi diberi pengawetan sebelum digunakan. Pengawetan pada kayu mindi sebelum digunakan bertujuan untuk mencegah serangga yang akan bersarang pada kayu mindi sehingga menyebabkan kayu mindi mudah lapuk dan rusak. Jika kayu mindi Anda rusak, maka bisa dipastikan bahwa kayu tidak akan bertahan lama sebagai furniture Anda. Pengawetan pada kayu bukan hanya asal memberi bahan kimia untuk mencegah serangga. Namun benar-benar memastikan bahwa kayu mindi dapat bertahan lama dari serangan serangga yang akan merusak kayu Anda.

Bahan kimia anti serangga ini banyak sekali dijual dipasaran. Namun alangkah lebih baik jika Anda mencermati sendiri kelebihan serta kekurangan dari obat nti serangga yang Anda beli. Salah satu obat anti serangga yng paling rekomendasi adalah Biocide Insecticde. Karena Biocide Insecticide ini merupakan bahan kimia yang diformulasikan khusus untuk memnuhi kebutuhn pemeliharaan bangunan dan industri woodworking. Bahan aktifnya adalah Cypermethrine 100 EC.

Bahan Pengawet Kayu Mindi
biocide insecticide efektif mengawetkan kayu mindi

Keunggulan Biocide Insecticide

  • Diformulasikan khusus untuk membunuh serangga yang merusak kayu seperti kumbang bubuk, teter, rayap, atau serangga sejenis
  • Tahan lama sehingga efek pembasmian yang dilakukan bisa sekaligus membuat kayu tahan terhadap teter untuk waktu yang lama
  • Tidak merusak jenis kayu dan tidak mempersulit proses pengolahan kayu selanjutnya
  • Harga cukup terjangkau
  • Mudah diaplikasikan pada kayu atau serat alam lainnya

Metode yang bisa Anda lakukan antara lain merendam kayu ke dalam larutan Biocide insecticide hingga mengkuaskan larutan Biocide Insecticide tersebut pada kayu dan serat alam lainnya. Cara kerja obat ini adalah meracun pada kontak lambung serangga. Sehingga efektif membunuh serangga perusak kayu. Walaupun cukup aman digunakan karena menggunakan campuran air, pastikan pada saat proses aplikaasi untuk selalu memperhatikan keamanan dengan menggunakan masker, sarung tangan, alas kaki dan kacamata untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.