Aplikasi Anti Jamur Permukaan Pada Proses Coating Pintu

Aplikasi Anti Jamur Permukaan
pintu kayu sebaiknya saat di coating diberi anti jamur agar tidak terserang jamur

Jamur timbul karena suhu ruangan yang berubah-ubah sehingga menyebabkan kelembaban pada ruangan. Ruangan yang lembab ini membuat jamur mudah muncul dan mudah menyebar pada pintu Anda. Bisanya pintu akan ditumbuhi jamur permukaan. Jamur permukaan bisa diketahui ketika kita mengusap permukaan pintu, jamur itu akan hilang.

Namun jamur tersebut akan tumbuh kembali jika tidak dihilangkan menggunakan obat penghilanng jamur permukaan. Jamur permukaan ini akan mencari makan didalam rongga sel kayu yang berupa pati dan gala. Tidak semua kayu akan diseranng oleh jamur permukaan ini. Kayu yang biasa diserang oleh jamur jenis ini adalah kayu sengon dan kayu ramin dan noda yang ditinggalkan biasa disebut dengan jamur blue stain.

Untuk menghilangkan jamur permukaan pada kayu, Anda bisa menggunakan obat anti jamur permukaan Biocide SFP. Biocide SFP ini efektif menghilangkan jamur permukaan pada pintu. Aplikasi Biocide SFP ini bisa dicampur dengan lapisan coating yang berbahan dasar water based jadi lebih aman jika digunakan.

Biocide SFP ini merupakan campuran dari bahan anti jamur, anti bakteri, dan anti alga yang diformulasikan sebagai penghilang jamur pada permukaan kayu. Bahan aktif Biocide SFP ini adalah diuron dan carbendazim calcium bis (dodecylbenzenesulfonate) membuat kayu tidak mudah terserang jamur permukaan, lumut, dan bakteri.

Obat ini tidak hanya bisa digunakan untuk kayu saja, akan teteapi bisa digunakan untuk semua jenis olahan kayu seperti plywood, MDF atau yang lainnya dan juga untuk serat alam lainnya. Biocide SFP ini merupakan bahan film preservative anti lumut, anti jamur dan anti bakteri yang digunakan pada cat, coatingyang berfungsi untuk melindungi permukaan lapisan film dari serangan jamur, lumut, bakteri serta micro organisme perusak furniture exterior maupun interior.

Kelebihan Biocide SFP

  • Dapat dicampur menggunakan air dan bahan finishing kayu dengan water based system
  • Relatif stabil dan efektif pada lapisan coating.
  • Lebih aman dan ramah lingkungan
  • Mudah diaplikasikan dengan cara dikuas atau dispray
  • Bisa digunakan untuk pintu indoor maupun outdoor
Aplikasi Anti Jamur Permukaan
biocide sfp untuk mengatasi jamur permukaan kayu

Karena Biocide SFP menggunakan sistem water based sehingga relatif lebih aman dan ramah lingkungan. Formulanya stabil hingga paparan suhu yang lebih dari 100°F dan pH rentang 4 sampai 10. Bahan ini juga mamapu melindungi secara efektif dan efisien kayu dari serangan jamur permukaan dan organise sejenis lainnya.

Pada penggunaannya, Biocide SFP ini dicampur dengan coating akan diaplikasikan ke permukaan kayu. Jika pintu yang akan dipalikasikan obat jamur permukaan ini sudah difinishing, maka akan lebih baik jika Anda mengamplas lapisan catnya hingga pori-porinya terbuka. Sehingga obat Biocide SFP nya bisa merasuk sampai kedalam pori-pori dan tertutup dengan coating.

Jika Anda ingin pintu Anda tidak terkena jamur, sebaiknya selalu merawat pintu agar jamur tidak menyerang dan meninggalkan noda yang akan sulit dibersihkan dan juga membuat pintu terlihat kusam. Sebaiknya letakkan furniture pada tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang cukup. Dan Anda juga bisa menggunakan pemoles khusus kayu seperti linseed oil yang diformulasikan untuk mencegah jamur dan melindungi cat finsihing di bawahnya.