Teknik Memutihkan Kayu Tanpa H2O2

0
94
Teknik Memutihkan Kayu Tanpa H2O2
warna kayu seragam menggunakan wa-250 pengganti h20

Tahukah Anda bahwa kayu merupakan bahan baku pembuatan furniture yang sangat diminati dan memiliki permintaan yang paling tinggi. Setiap tahun kebutuhan kayu semakin meningkat. Pada tahun 2013 saja kebutuhan kayu mencapai 49 juta m3. Karena kebutuhan kayu yang semakin meningkat sesuai dengan kebutuhan industri, maka akan lebih baik jika hutan rakyat diperkenalkan secara meluas untuk mempertahankan kelestarian kayu yang akan dihasilkan dari sebuah pohon.

Jika pohon ditanam dan dirawat dengan baik, maka kayu yang akan dihasilkan darisebuah pohon juga akan memiliki kualitas yang bagus sehingga jika digunakan kayu akan lebih mudah dirawat ketika sudah menjadi barang siap pakai. Juga kayu yang berkualitas akan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Teknik Memutihkan Kayu Tanpa H2O2
bahaya h20 dibandingan dengan wa 250

Furniture yang menggunakan kayu sebagai bahan dasar akan memiliki kelebihan seperti:

  • Bahan baku yang mudah didapat mulai dari harga yang termurah sampai termahal.
  • Kayu mmeiliki beberapa jenis yang dapat digunakan sebagai furniture seperti solid, plywood dan masih banyak lagi.
  • Kayu mudah dibentuk dan dikerjakan sesuai dengan kebutuhan dan desain yang diinginkan.
  • Harganya cukup murah dijangkau dibanding bahan baku furniture lainnya.
  • Memiliki kekuatan yang cukup tinggi dan awet
  • Kayu memiliki serat serat yang indah sehingga jika difinihsing warna natural akan memiliki kesan yang alami
  • Memiliki daya tahan terhadap listrik dan bahan kimia yang cukup baik

Pohon yang akan ditebang memiliki kualifikasi yang cukup sehingga akan menghasilkan kayu yang berkualitas. Setelah ditebang, pohon akan ditumbuhi jamur pada permukaan dalam kurun waktu 24 jam. Maka biasanya pohon setelah ditebang akan diberi obat anti jamur untuk mencegah jamur yang akan tumbuh. Karena jamur yang tumbuh pada pohon setelah ditebang akan menimbulkan bercak hitam akibat jamur blue stain. Menghilangkan jamur lebih mudah dibanding mnghilangkan bekas blue stain yang ditimbulkan. Karena bercak noda blue stain akan membuat hasil dari kayu menurun, maka alangkah lebih baik jika noda bekas blue stain dihilangkan.

Jika kayu Anda sudah ditumbuhi jamur, maka akan membuat warna menjadi doreng dan sulit untuk ditutupi. Padahal kayu furniture yang banyak digunakan adalah menggunakan cat finishing warna natural. Warna natural dipilih karena serat pada kayu akan tetap terlihat walaupun funriture sudah diberi warna kayu.Jika kayu memiliki noda bekas blue stain, maka sebaiknya Anda segera lakukan pembersihan untuk menyamarkan warna kayu bekas blue stain dan membuatnya memiliki warna yang sama. Seperti menggunakan obat pemutih kayu WA 250 ini misalnya.

Teknik Memutihkan Kayu Tanpa H2O2
wa 250 pengganti h20 lebih aman dan ramah lingkungan

Dalam industri furniture, para pengusaha akan menggunakan pemutih kayu untuk menghilangkan noda bekas blue stain seperti H2O2. H2O2 atau hidrogen peroksida merupakan bahan kimia yang bersifat oksidator kuat. Bahan bakunya adalah gas hidrogen dan gas oksigen. H2O2 ini bisa digunakan untuk industri kimia, medis, dan masih banyak kegunaan lain dari bahan kimia ini. Walaupun bahan baku dari H2O2 ini cukup aman, namun penggunaan H2O2 juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari H2O2 adalah:

  • Penggunaan H2O2 dapat merusak struktur kayu sehingga kayu akan lebih mudah lunak dan rapuh.
  • Proses aplikasi H2O2 sangat bergantung dengan kondisi cuaca dan sinar cahaya matahari yang cukup terik.
  • Penggunaan H2O2 bisa dikatakan berbahaya karena dapat menyebabkan karat pada benda logam dan dapat dengan mudah menyebabkan luka bakar.

Karena memiliki kekurangan yang tentunya akan membahayakan kayu bahkan tubuh, sebaiknya penggunaan H2O2 tidak dilanjutkan. Selain menggunakan H2O2 sebagai pemutih kayu atau penghilang bekas noda blue stain, ada bahan pemutih atau bleaching kayu yang cukup aman digunakan tanpa banyak menimbulkan bahaya. Yaitu White Agent 250 atau WA 250. Pemutih kayu White Agent 250 ini dikenal sebagai bleaching kayu yang berfungsi menghilangkan bekas hitam pada kayu. Berbeda dengan H2O2 yang berbahan keras, White Agent 250 ini lebih aman dan ramah lingkungan.

Keunggulan menggunakan white agent 250 dibanding menggunakan H2O2 adalah:

  • Tidak menyebabkan iritasi pada kulit yang normal
  • Relatif tidak menyebabkan karat / korosi pada logam
  • Efektif memutihkan atau mencerahkan warna kayu
  • Hasil warna kayu lebih cerah dan tampak natural
  • Tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari
  • Mudah di aplikasikan pada semua jenis kayu, kayu olahan maupun jenis serat alam lainnya
  • Harga cukup terjangkau untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Penggunaan WA 250 ini lebih aman karena menggunakan campuran air sebagai pelarutnya. Menggunakan pelarut air tentunya tidak akan membahayakan bagi kesehatan dan juga lingkungan. Maka bleaching WA 250 ini akan jauh lebih aman dibanding H2O2 atau bahan pemutih lain yang menggunakan campuran solvent atau minyak. Penggunaan WA 250 ini bisa diaplikasikan menggunakan metode kuas ataupun rendam. Namun banyak yang menyukai penggunaan metode kuas, karena menggunakan metode kuas cukup mudah dibanding menggunakan metode rendam yang harus menggunakan kolam besar untuk merendam kayu tersebut. Walaupun pemutih WA 250 ini relatif lebih aman dan ramah untuk lingkungan, tetapi juga ada bahaya dalam penggunaan pemutih ini jika dicampur menggunakan solvent. Maka dari itu rekomendasi penggunaan pemutih WA 250 ini sebaiknya dicampur menggunakan air dan bukan menggunakan solvent.

Teknik Memutihkan Kayu Tanpa H2O2
memutihkan kayu log dengan wa-250

Pada proses pemutihan kayu, jika sudah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, maka kayu akan mengalamai proses aging time. Yaitu proses larutan WA 250 bereaksi mengangkat warna ke permukaan kayu selama kurang lebih 2 jam. Selama proses aging time, warna kayu akan berubah menjadi terlihat lebih tua dan gelap. Dan Anda bisa aplikasikan kembali larutan WA 250 lagi jika ingin hasil warna yang lebih terang. Selama proses aging time sebaiknya kayu jangan dijemur karena akan merusak prose bleaching pada kayu.

Proses bleaching ini akan berlangsung selama 4 sampai 6 jam dari proses aplikasi. Setelah proses bleaching selesai, kayu bisa dijemur atau dikeringkan. Pengeringan bisa menggunakan mesin pengering atau cukup diangin-anginkan saja. Setelah selesai prosesnya, pastikan untuk membilas menggunakan air mengalir atau menggunakan air sabun untuk menghilangkan residu bahan pada kayu.

Cara aplikasi dan takaran penggunaan bisa Anda lihat dalam kemasan. Menggunakan bahan yang aman dan ramah lingkungan tentu akan menjaga kesehatan dan lingkungan Anda. Banyak keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan produk yang aman dan ramah lingkungan. Bukan hanya pemutih yang harus menggunakan bahan aman dan ramah lingkungan. Namun pastikan semua tahapan pengerjaan finishing furniture kayu ini menggunakan water based finish untuk memberikan hasil yang aman dan ramah lingkungan jika digunakan.

Jika kayu yang Anda bleaching menggunakan WA 250 sudah selesai dan warnanya sesuai, maka Anda bisa langsung memulai finishing pada kayu. Setelah menggunakan bleaching WA 250, maka kayu yang di-finishing akan berwarna lebih cerah dan lebih similar warnanya dibanding saat sebelum di bleaching. Sehingga proses finishing akan lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, kesimpulannya adalah akan lebih baik jika menghilangkan noda bekas blue stain menggunakan bahan yang aman WA 250. Hasilnya akan nampak lebih alami dan juga tidak merusak struktur kayu.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply