Pemutih Kayu Yang Bagus Untuk Mengatasi Kayu Belang

0
237

Kayu belang atau warna yang tidak rata dapat diseragamkan dengan menggunakan pemutih kayu. Ketahui lebih lanjut mengenai cara menggunakan pemutih kayu dan bagaimana mengatasi warna kayu yang belang.

Kayu menjadi bahan baku yang sangat efektif untuk memperindah hunian karena kayu tersebut memiliki serat yang indah, kekuatan dan ketahanan yang baik. Tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan bangunan rumah saja, kayu juga dijadikan sebagai furniture maupun perabotan penghias rumah. Penggunaan kayu ini sudah dimanfaatkan sejak dahulu bahkan juga sering digunakan hingga sekarang.

Kayu tidak selamanya baik digunakan bahkan ada beberapa yang mengalami cacat yang diakibatkan oleh selama proses pertumbuhan atau saat proses produksi. Masalah yang sering muncul adalah warna belang yang biasanya muncul setelah kayu tersebut ditebang. Hal ini dikarenakan kandungan getah maupun air pada kayu yang membuat sebagian tampilan kayu lebih tua. Warna belang juga disebabkan oleh faktor eksternal yakni jamur. Jamur yang biasa menyebabkan tampilan kayu berubah adalah blue stain dan sulit untuk dihilangkan. Salah satu cara untuk mengatasi warna belang tersebut adalah dengan mengaplikasikan pemutih kayu.

Atasi Kayu Belang Dengan Pemutih Kayu

Indonesia memiliki lahan yang sangat luas untuk ditumbuhi berbagai tanaman sehingga wajar saja jika banyak sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti furniture, perabotan, kerajinan dan masih banyak lagi. Salah satu yang banyak digunakan adalah kayu dan kayu sendiri juga dibedakan menjadi berbagai macam kualitas. Tidak semua jenis kayu memiliki kekuatan maupun ketahanan yang baik. Jenis kayu yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik adalah kayu jati.

Terlepas dari pembahasan kayu jati, kayu memang memiliki serat yang indah dan terkesan sangat natural sehingga banyak furniture yang menerapkan tampilan natural kayu untuk memperlihatkan seratnya yang indah. Namun, ada kalanya kayu yang akan digunakan mengalami beberapa cacat seperti lubang, retak atau bahkan warnanya yang belang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa warna belang bisa disebabkan oleh dua hal yakni kandungan getah atau minyak dan disebabkan oleh blue stain. Kayu yang sangat mudah terserang blue stain pada umumnya adalah jenis kayu pinus karena kandungan mineralnya yang sangat tinggi.

Getah atau air yang keluar dari dalam kayu menyebabkan warna di beberapa bagian kayu menjadi lebih tua sehingga tampilannya akan cukup mengganggu meskipun sudah dilapisi cat. Sedangkan warna belang yang disebabkan oleh blue stain tidak cukup hanya ditutup dengan lapisan cat. Sebab, jamur ini bisa menjalar jika dibiarkan. Agar tidak timbul jamur tersebut sebaiknya untuk mencegah kemunculan tersebut dengan obat anti jamur. Namun, apabila sudah terlanjur terserang blue stain maka cara yang paling efektif adalah dengan mengaplikasikan pemutih kayu.

Obat untuk memutihkan kayu ini sering digunakan untuk menyamarkan warna belang diakibatkan oleh blue stain. Obat tersebut sangat efektif untuk menyamarkan warna belang yang biasanya muncul pada kayu. Namun, tidak semua jenis obat untuk memutihkan kayu mengandung bahan yang aman.

Pemutih Kayu Tanpa Kandungan Kimia Berbahaya

Kayu yang sangat mudah belang biasanya cukup mengganggu penampilan saat digunakan untuk furniture atau komponen bangunan seperti pintu maupun jendela. Dan warna belang tersebut biasanya terletak di beberapa bagian saja jadi akan terkesan belang meskipun sudah dilapisi cat. Maka dari itu, sangat penting untuk proses penyamaran warna belang pada kayu agar tampilan furniture bisa seragam dan meningkatkan kualitas dari furniture tersebut.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa tidak semua jenis pemutih atau bleaching kayu aman digunakan seperti Hydrogen Peroxide (H202). Bleaching kayu ini biasanya banyak digunakan untuk menyamarkan atau memutihkan kayu. Memang bleaching kayu tersebut sangat efektif untuk memutihkan kayu namun kekurangan dari bleaching kayu ini adalah putih yang dihasilkan cenderung pucat dan tidak terkesan natural. Bahkan dampak buruk lainnya apabila mengaplikasikan H202 adalah bisa menyebabkan korosi.

Apabila Anda menginginkan bleaching kayu yang ampuh menyamarkan warna belang atau memutihkan kayu maka Anda bisa menggunakan White Agent WA 250. Bleaching kayu ini jauh lebih ramah lingkungan dari produk bleaching yang banyak tersebar di pasaran. Bahkan hasil warnanya tidak terkesan pucat melainkan terkesan natural sehingga tanpa finishing pun tetap menghasilkan warna yang menarik. Warna belang akan tersamarkan dengan sempurna sehingga hasilnya akan sangat baik ketika akan dilapisi cat.

Aplikasi White Agent WA250 ini juga sangat sederhana dan Anda bisa mencampurkannya dengan air.  Untuk mencampukannya dengan air sebaiknya dengan perbandingan 50:50 agar tidak terlalu kental maupun terlalu encer. Sangat disarankan untuk tidak mencampurkan WA250 tersebut dengan larutan asam yakni ph<7 seperti H202, hal ini bertujuan agar pencerahan kayu lebih maksimal. Untuk mengaplikasikan larutan tersebut, Anda bisa dengan cara mencelupkannya, mengoleskan maupun disemprot. Pastikan untuk seluruh bagian kayu tersebut terkena larutan agar memutihkan dengan sempurna sehingga hasilnya lebih optimal.

Untuk pengolesan pertama yakni setengah jam setelah penngolesan, warna kayu akan menjadi lebih gelap atau juga disebut sebagai proses aging. Namun, untuk menjadikannya lebih terang maka aplikasika kembali obat untuk memutihkan kayu tersebut. Lakukan langkah tersebut sampai mendapatkan tampilan atau kecerahanan kayu yang diinnginkan. Kemudian diamkan selama 4-6 jam untuk mendapatkan warna terang yang cemerlang. Perlu diingat bahwa tampilan putih yang dihasilkan oleh bleaching kayu tersebut lebih natural bahkan seperti kayu muda yang berwarna krem.

Untuk mendiamkan kayu selama proses bleaching kayu, Anda cukup untuk mendiamkannya di tempat yang teduh. Sebab ini jauh lebih efektif daripada didiamkan di bawah sinar matahari. Dengan demikian, Anda tidak ketergantungan cuaca atau sinar matahari sehingga Anda tetap bisa mengaplikasikan bleaching kayu disaat musim hujan. Tentu hal ini menjadi segi kelebihan dari bleaching kayu tersebut karena lebih efektif dan efisien waktu karena tidak membutuhkan sinar matahari atau ketergantungan terhadap cuaca.

Meskipun pemutih kayu tersebut tergolong ramah lingkungan namun Anda perlu menjaga keamanan diri dan lingkungan sekitar Anda. Sebab, kandungan bahan pada bleaching tersebut bisa mengandung bahan yang cukup beracun. Gunakan peralatan keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang sensitif. Dan pastikan untuk membuang larutan bleaching kayu tersebut di tempat yang aman dan tidak membuang di aliran air bebas.

Perlu diingat bahwa aplikasi bleaching kayu tersebut dilakukan sebelum finishing atau pelapisan cat pada kayu. Karena tujuan dari bleaching kayu tersebut adalah untuk menyamarkan warna belang kayu agar warna seragam ketika proses finishing. Tidak hanya finishing dengan tampilan natural kayu saja, proses bleaching kayu juga bisa diterapkan ketika finishing kayu warna solid. Hal ini juga mempengaruhi warna kayu karena apabila finishing warna solid tanpa bleaching dan terdapat beberapa bagian yang gelap maka ketika difinishing akan menyebabkan cat terkesan tebal di beberapa bagian tersebut.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply