Silica Gel Semarang Paling Banyak Dicari

0
25
Silica Gel Semarang Paling Banyak Dicari

Silica gel merupakan komponen yang cukup penting pada suatu produk industri baik untuk penyimpanan dalam gudang maupun ketika digunakan untuk pengiriman. Pengiriman barang sendiri tentunya membutuhkan waktu hingga berhari-hari baik antar daerah maupun digunakan untuk pengiriman barang ke luar negeri. Silica gel ini dibutuhkan untuk menyerap kelembaban dalam ruangan atau produk agar tidak terlalu tinggi yang noteben menyebabkan kerusakan pada barang seperti berjamur, keropos dan lain sebagainya.

http://bahanpengawet.com/silica-gel-semarang-paling-banyak-dicari/

Silica gel Semarang pada umumnya yang digunakan untuk produk sudah dikemas dalam kemasan sachet kecil sehingga cukup untuk menyerap suatu barang dalam jumlah yang dibutuhkan tersebut. Sebab, apabila silica gel digunakan dalam jumlah melebihi kebutuhan maka akan menyebabkan kelembaban udara kering yang tidak menutup kemungkinan juga akan terserang jamur.

Fungsi Silica Gel Untuk Penyerap Kelembaban

Banyak orang belum mengetahu kegunaan dari silica gel yang sebenarnya bahkan belum banyak orang menemukan silica gel pada produk baru namun tidak mengetahui fungsi dari silica gel tersebut. Alhasil, silica gel tersebut dibuang atau diabaikan begitu saja sehingga akan terkesan sia-sia dan tidak ada gunanya.

Padahal apabila mengetahui fungsi dan kegunaan silica gel maka Anda bisa memanfaatkan silica gel yang masih aktif tersebut untuk menyerap kelembaban pada produk-produk lainnya seperti pada sepatu, tas, barang berbahan kulit, alat elektronik atau bahkan bahan yang bisa dikonsumsi. Namun tidak semua silica gel bisa digunakan untuk semua barang atau bahan tersebut . Terlepas akan hal tersebut, berikut beberapa fungsi dan kegunaan dari silica gel.

  • Sebagai penyerap kelembaban udara. Silica gel pada umumnya memiliki sifat hydropholic atau memiliki kemampun untuk menyerap molekul air disekitarnya.
  • Sebagai penghilang bau. Nah, silica gel juga bisa digunakan untuk penghilang yang biasa disebabkan karena lembab. Misalkan pada makanan kering dalam toples maupun sepatu yang basah diakibatkan air hujan dan lain sebagainya.
  • Mengurangi dampak arus pendek listrik. Silica gel juga mampu mengurangi dampak arus pendek yang biasanya disebabkan karena molekul air dalam ruangan yang sangat tinggi. Maka dari itu, silica gel akan menyerap molekul air tersebut dan menghindari akan akibat konsleting.
  • Mencegah oksidasi. Silica gel juga bisa mencegah oksidasi yang disebabkan karena kelembaban sekitar barang tersebut sangat tinggi, dengan demikian silica gel tersebut mampu mengurangi udara yang lembab.

Sehingga silica gel Semarang tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam hal yang sedang Anda butuhkan. Tidak harus untuk industri atau usaha lainnya melainkan juga bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Pada umumnya, banyak orang juga mengalami kewalahan ketika musim hujan karena kelembaban yang tinggi sehingga memicu berbagai yang tidak diinginkan seperti barang rusak karena jamur, konsleting dan lain sebaggainya.

Silica Gel Semarang Yang Aman

Silica gel pada umumnya memiliki sifat yang sama yakni hidropholic atau menyerap molekul air disekitarnya. Namun, tidak semua silica gel aman digunakan karena terdapat silica gel yang bisa membahayakan kesehatan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui baik atau tidaknya kandungan yang digunakan pada silica gel tersebut.

Kebanyakan orang mengetahui silica gel tanoa mengetahui jenis mana saja yang aman digunakan untuk menyerap kelembaban pada suatu produk atau barang. Padahal terdapat silica gel yang digunakan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan keracunan bahkan hingga kanker. Silica gel yang berbahaya tersebut diantaranya adalah silica gel biru.

http://bahanpengawet.com/silica-gel-semarang-paling-banyak-dicari/

Silica gel biru berbentuk butiran kecil berwarna biru elektrik yang transparan. Kenapa silica gel biru sangat berbahaya? Karena silica gel ini menggunakan bahan dasar Cobalt Chloride yang notabene senyawa berbahaya pada kesehatan. Senyawa tersebut memiliki kandungan yang bersifat karsiogenik yang mana bisa menyebabkan kanker. Maka dari itu, ketika menemukan silica gel ini sebaiknya segera untuk membuangnya.

Nah, seperti yang dijelaskan diatas bahwa tidak semua silica gel aman digunakan sepeti silica gelbiru. Namun, ada beberapa silica gel yang sangat aman digunakan bahkan pada makanan maupun obat-obatan sekalipun diantaranya adalah silica gel orange, silica gel hijau, silica gel putih maupun silica gel natural.

Silica gel semarang yang disarankan untuk digunakan adalah silica gel putih dan silica gel natural. Silica gel putih merupakan silica gel yang terbuat dari Natrium Silikat (NaSO2). Pembentukan silica gel ini berawal dari sol yang notabene berbentuk gel atau menyerupai agar-agar kemudian didehidrasi hingga membentuk butiran-butiran berwarna putih bening. Meskipun silica gel ini mengandung Methyl Violet yang notabene juga bersifat karsiogenik namun silica gel ini sudah dipastikan aman untuk digunakan baik pada makanan maupun obat-obatan. Sehingga wajar saja jika silica gel ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan produk atau bahan. Mungkin diantara masyarakat akan lebih menemukan silica gel putih daripada jenis silica gel lainnya.

Silica gel yang sangat aman lainnya adalah silica gel natural. Silica gel ini cukup berbeda dengan silica gel pada umumnya, pasalnya silica gel tersebut memiliki warna yang tidak transparan bahkan menyerupai gumpalan material dengan warna kecoklatan, krem maupun keabu-abuan. Hal ini dikarenakan silica gel natural terbentuk dari bahan baku mineral yang diproses secara alami sehingga warna silica gel tersebut terlihat lebih natural. Silica gel sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, menariknya silica gel ini juga sudah mendapatkan label ‘Food Grade’ yang dipastikan aman digunakan untuk makanan maupun obat-obatan. Namun, label food grade tidak serta diartikan bahwa silica gel tersebut bisa dikonsumsi. Meskipun silica gel tersebut food grade, silica tersebut tetap tidak boleh dikonsumsi karena sifatnya yang hydropholic.

Silica gel baik yang berbaya maupun yang kandungannya sangat aman tidak doleh dikonsumsi karena bisa menimbulkan dampak seperti iritasi mata yang cukup parah karena kering, selain itu juga bisa menyebabkan dehidrasi yang parah. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tidak menempatkan silica gel pada tempat-tempat yang sangat mudah dijangkau oleh anak-anak. Pasalnya, anak-anak memiliki sifat penasaran dan tidak menutup kemungkinan apapun yang dijumpai akan dimakan. Jikapun harus menempatkan silica gel pada tempat yang mudah dijangkau sebaiknya untuk memberikan pengertian mengenai dampak silica gel jika dikonsumsi.

Silica gel tetap memiliki masa aktif sehingga tidak bisa digunakan untuk selamanya melainkan sesuai dengan masa aktif tersebut. Masa aktif ini tidak memiliki batas yang paten melainkan menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengetahui silica gel tersebut aktif atau tidak adalah melihat langsung tersebut. Jika silica gel biru sudah tidak aktif maka warnanya akan berubah menjadi pink, sedangkan untuk silica gel lainnya Anda bisa membuktikannya dengan mencelupkan ke dalam air. Jika terdapat gelembung disekitar silica gel maka dipastikan silcia gel tersebut masih aktif digunakan begitu pula sebaliknya.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply