Silica Gel Untuk Kamera Agar Kamera Tidak Jamuran

0
297
Silica Gel Untuk Kamera Agar Kamera Tidak Jamuran

Silica gel untuk kamera sangat penting untuk menjaga kamera agar tidak mudah lembab yang menyebabkan timbulnya jamur pada kamera.

Aktivitas fotografi merupakan aktivitas yang banyak digemari oleh anak remaja saat ini. Sehingga peran kamera tidak akan lepas dari tangan penggunanya yang bertujuan untuk mengabadikan momen. Tidak hanya untuk mengabadikan momen saja, menggunakan kamera juga bisa untuk menghasilkan karya seni. Meskipun kecanggihan teknologi saat ini semakin maju dengan hadirnya smartphone, namun keberadaan kamera tetap menjadi kebutuhan utama orang dalam memotret.

Kamera memiliki fitur yang lebih beragam sehingga tidak salah jika kamera masih banyak diminati oleh fotografer atau orang yang hanya sekedar suka fotografer. Orang yang belum mengenal dengan baik mengenai kamera pada umumnya akan kesulitan dalam menyimpan kamera tersebut. Pasalnya, kamera merupakan salah satu alat elektronik yang sangat rentan terhadap kelembaban udara.

Jika kamu adalah pro fotografer maka penyimpanan kamera atau dry box bisa kamu dapatkan dengan mudah. Namun, penyimpanan dry box yang canggih pada umumnya dibanderol dengan harga yang cukup mahal dan tidak semua kalangan mampu menjangkau untuk membelinya. Lalu bagaimana cara untuk menyimpan kamera yang tepat dan murah?

Cara Menyimpan Kamera Dengan Silica Gel

Fotografi adalah salah satu aktivitas yang banyak digandrungi oleh anak remaja hingga orang dewasa. Aktivitas fotografi semacam ini biasanya orang-orang hanya akan mengabadikan momen cukup dengan smartphone karena kecanggihan kamera yang selalu berkembang menjadikan hasil gambar tidak kalah dengan kamera pada umumnya. Namun, tidak sedikit pula orang yang memilih menggunakan kamera untuk mengabadikan momen karena hasilnya yang lebih memuaskan.

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa penyimpanan kamera tidak lah sama dengan smartphone yang cukup diletakkan begitu saja. Sebab, kamera sangat rentan terhadap kelembaban udara. Apabila kelembaban udara sangat tinggi dan biasanya pada musim penghujan, kamera akan mudah berjamur atau berembun.

Bagian kamera yang sangat riskan adalah bagian lensanya, apabila sudah berjamur maka Anda juga akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk mengembalikan keadaan semua lensa kamera tersebut. Bahkan untuk membeli lensa kamera terbaru pun juga tidak murah. Sebelum hal tersebut terjadi sebaiknya rawat kamera dengan tepat sebelum hal-hal yang  tidak memungkinkan terjadi.

Dry box atau tempat penyimpanan kamera merupakan salah satu tempat yang sangat dibutuhkan bagi fotografer baik amatir ataupun yang sudah pro. Namun, apabila kamu adalah fotografer pemula maka penggunaan dry box dirasa sangat mahal. Jika hal ini menjadi kendala, maka kamu bisa membuat dry box dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Hal-hal yang perlu kamu butuhkan adalah termometer, container plastik yang dilengkapi penutup rubber sealed, alas busa, hidgrometer digital dan silica gel. Banyak fotografer pemula atau bahkan yang sudah pro menggunakan dry box DIY ini sebab lebih murah dan sangat efektif untuk menyimpan kamera. Mungkin kamu hanya memakan biaya sekiasar Rp.300.000 rupiah untuk bisa membuat Dry Box tersebut.

Penggunaan container box atau sealed plastic box ini bertujuan untuk meletakkan kamera yang bisa tertutup dengan rapat dan tidak mudah udara masuk. Termometer dan higrometer sangat penting karena bertujuan untuk mengukur suhu dan kelembaban dalam box. Kamu bisa mengecek kelembaban dalam box secara berskala. Kemudian silica gel, ini tidak boleh ketinggalan karena bertujuan untuk menyerap kelembaban dalam box sehingga tidak mudah lembab dan terserang jamur. Apabila dry box DIY tersebut sudah selesai dan siap untuk digunakan sebaiknya untuk tetap membuka box tersebut setiap sebulan sekali yang bertujuan untuk pergantian udara.

Silica gel untuk kamera tersebut menjadi satu hal yang paling penting untuk dry box apabila tidak menggunakan silica gel maka kegunaan dry box menjadi sia-sia karena kelembaban dalam box akan berubah-ubah karena faktor cuaca.

Silica Gel Untuk Kamera Agar Kamera Tidak Lembab dan Berjamur

Dry box menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk penyimpanan kamera atau alat elektronik yang rentan terhadap kelembaban udara. Dan yang tindak kalah penting ketika membutuhkan dry box adalah silica gel yang bertujuan untuk menyerap kelembaban udara. Dry box yang dibuat secara DIY tentu sangat bergantung terhadap silica gel karena keadaan cuaca dan kelembaban udara yang berubah maka dari itu peran silica gel agar kelembaban udara tetap stabil meskipun cuaca hujan.

Musim hujan menjadi salah satu masalah penting yang perlu diperhatikan ketika Anda memiliki alat elektronik seperti kamera. Seperti yang telah disinggung diatas, silica gel memiliki peran yang penting untuk penyimpanan barang elektronik serta menjaga kelembaban udara agar tetap terjaga dengan baik. Lalu silica gel apakah yang tepat untuk menjaga kelembaban udara dalam dry box?

Silica gel pada umumnya terdapat tiga jenis yakni silica gel biru, silica gel putih dan silica gel natural. Silica gel biru ini biasanya yang banyak digunakan untuk menyerap kelembaban pada alat-alat elektronik karena featurenya yang cepat menyerap kelembaban dalam udara. Namun yang perlu diingat adalah silica gel biru ini cukup berbahaya jika digunakan dalam waktu yang lama karena menggunakan senyawa yang berbahaya yakni Corbalt Chloride. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kandungan ini bisa menyebabkan keracunan.

Berbeda dengan silica gel biru, silica gel putih cenderung lebih aman digunakan karena umum digunakan untuk industri farmasi seperti obat-obatan. Memang dilihat dari bentuknya hampir sama, namun kandungan bahan silica gel putih jauh lebih aman digunakan untuk menyerap kelembaban udara dalam ruangan. Bahkan silica gel putih menjadi salah satu silica gel yang paling banyak digunakan karena tidak membahayakan kesehatan namun tetap bekerja dengan baik untuk menyerap kelembaban udara.

Sedangkan silica gel natural merupakan silica gel yang paling aman diantara kedua silica gel diatas. Sebab, silica gel natural merupakan silica gel yang terbentuk dari proses alamiah berupa mineral kemudian membentuk butiran dengan warna keabu-abuan atau kecoklatan. Bahkan silica gel natural juga sangat aman digunakan untuk pengawetan makanan.

Dalam artian menjaga kelembaban udara pada makanan kemasan agar tidak mudah bau, berjamur dan lain sebagainya. Kenapa sangat aman digunakan? Silica gel tidak mengandung bahan kimia berbahaya selain itu jenis silica gel tersebut sudah mendapatkan predikat food grade. Meskipun silica gel tersebut food grade namun sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Dari ketiga jenis silica gel tersebut, mana kah yang sesuai untuk silica gel pada dry box kamera? Sebaiknya gunakan silica gel putih yang notabene sangat aman dan cocok digunakan untuk menyerap kelembaban pada alat elektronik. Untuk Dry Box, gunakan silica gel untuk kamera ini yang berukuran 1 kg agar daya serap kelembaban bisa maksimal. Namun, tetap saja Anda harus mengontol tingkat kelembaban dan tingkat suhu dalam dry box agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

alterntif text

Leave a Reply