Penyakit Kayu Berbahaya dan Cara Mengatasinya

0
208

Jamur pembusuk kering pada kayu, yang merupakan salah satu cacat paling serius yang bisa dimiliki oleh kayu. Jamur tumbuh dengan mengkonsumsi serat kayu, dan kayu menjadi lembut dan tipis. Bila busuk kering terjadi pada pembingkaian rumah, kerusakan mungkin tidak terlihat sampai menyebabkan masalah struktural yang memerlukan perbaikan besar. Anda bisa merawat dan menguatkan kayu yang terkena serangan jamur kayu pembusuk ini sebagai alternatif untuk menggantinya.

Jenis Rot Kayu

Dua jenis pembusuk kering (Dry Rot) bisa merusak kayu. Serbuk coklat (brown rot), yang bisa disebabkan oleh tiga jenis jamur yang berbeda, biasanya menyerang kayu lunak, seperti framing cemara di dinding, plafon dan lantai, dan ini lebih serius dari keduanya. Hal ini menyebabkan kayu untuk mengembangkan tampilan kotak-kotak yang berbintik-bintik dan kemudian berubah menjadi bubuk, dan bisa tumbuh melalui drywall lembab, plester dan mortar untuk menyerang kayu. Jamur pembusuk putih (white rot)  mempengaruhi kayu keras dan kayu lunak dan menyebabkan kayu memecah secara longitudinal sepanjang kayu menjadi serat kasar. Tidak seperti jamur pembusuk coklat, yang bisa berkembang dalam kondisi kelembaban tinggi, busuk putih hanya tumbuh saat kayu benar-benar basah.

Menghilangkan Kelembaban

Jamur yang menyebabkan kerusakan dan tumbuh subur pada serat kayu, tapi juga membutuhkan kelembaban untuk bertahan hidup, jadi langkah pertama dalam merawatnya adalah untuk mengetahui dari mana kelembabannya berasal. Mungkin ada kebocoran atap, dinding atau pipa ledeng atau kombinasi kelembaban tinggi dan ventilasi yang buruk yang menyebabkan kondensasi untuk dikumpulkan. Mungkin saja kayu itu terlalu dekat dengan pondasi beton atau perusahaan kayu itu tidak mengeringkannya sebelum menjualnya. Setelah Anda melacak dan mengatasi penyebab kelembaban, kayu mungkin perlu beberapa minggu untuk mengeringkan sepenuhnya.

Pengobatan Jamur

Anda bisa menggunakan bahan kimia BioCide Fungicide untuk menciptakan lingkungan di kayu yang mengusir jamur. BioCide larut dalam air, sehingga Anda bisa membuat repellant jamur Anda sendiri dengan mencampur dalam air, atau Anda dapat menggunakan produk pra-campuran. Rendam kayu secara menyeluruh adalah solusinya; Saat mengering, BioCide tetap berada di dalam serat dan mencegah pertumbuhan jamur. BioCide melepaskan minyak dari kayu jika menjadi basah, sehingga sangat penting untuk mencegah kelembaban dari mempengaruhi kayu.

Memperkuat Kayu

Kayu yang telah dimakan oleh jamur pembusuk kering kehilangan integritas strukturalnya, dan ini akan menjadi cukup serius, Anda harus mengganti kayu itu. Jika Anda menghilangkan jamur kayu cukup cepat, Anda bisa menghemat kayu dengan mengisi bagian yang rusak dengan pengisi epoksi.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply