Cara Merawat Furniture Kayu

0
99

Furnitur kayu memiliki tampilan klasik yang berpasangan dengan berbagai gaya dekorasi. Tapi mebel kayu berkualitas bagus harganya cukup mahal, jadi merawatnya dengan benar adalah kuncinya. Merawat secara teratur itu penting, tapi terkadang, kotoran atau hama kayu bisa merusak. Anda bisa membuat solusi pembersihan efektif yang bekerja pada kayu  dengan cairan pencuci piring dan air, tapi jika perabotan Anda sangat kotor dan warnanya mulai kabur, Anda mungkin perlu cara lebih lanjut. Setelah potongan kayu Anda bersih, waxing mereka dapat membantu mengembalikan kilau mereka dan memberikan film pelindung yang membuat furnitur terlihat sebagus mungkin.

Menghilangkan Debu Mebel

Basahi sedikit kain tanpa serat. Kain kering bisa membantu membersihkan permukaan furnitur kayu dari debu, tapi Anda sering angin kencang mengirimkan debu. Agar tidak menyebar ke tempat lain di rumah Anda, basahi kain lembut dan bebas serat dengan air dan peras dengan baik sehingga tidak terlalu lembab.  T-shirt katun tua yang bersih bisa dibuat lap debu yang ideal.

Gunakan kain lap wol atau bulu domba kering, sebagai alternatif. Jika Anda mau, Anda bisa menggunakan kain lap bulu domba atau kain wol domba untuk membersihkan kayu. Tidak perlu meredam alat ini, karena listrik statis dengan bulu dan lanolin di wol domba menarik dan menggantung debu jadi tidak bertebaran.

Lap kain di atas permukaan. Setelah kain dilembabkan, bersihkan perlahan di atas permukaan perabotan untuk mengambil debu atau kotoran yang kendur. Pastikan untuk memperhatikan setiap sudut dan celah, seperti detail ukiran, untuk memastikan bahwa Anda melepaskan semua debu.

Setelah itu, keringkan furnitur dengan lap bersih. Jika Anda sering membersihkan kain debu, beberapa uap air mungkin tertinggal di permukaan perabotan, yang Anda tidak ingin duduk di kayu. Gunakan kain bersih dan kering tanpa serat untuk menghapus perabotan dan keringkan seluruhnya.

Debu furnitur kayu Anda setiap minggu. Untuk menghindari penumpukan kotoran yang membutuhkan pembersihan lebih menyeluruh, ada gunanya membersihkan debu setidaknya seminggu sekali. Namun, Anda mungkin ingin debu lebih sering jika rumah Anda mengalami kotoran di udara yang berlebihan.

Menggunakan cairan pencuci piring

Basahi bola kapas dengan air dan cairan pencuci piring. Untuk memastikan selesai furnitur kayu tidak akan terpengaruh oleh larutan pembersih, penting untuk mengujinya. Basahi bola kapas dengan air, lalu tambahkan setetes sabun cair pencuci piring favorit Anda.

Uji campuran di tempat tersembunyi dari perabotan. Gosokkan bola kapas yang dilembabkan ke tempat yang tidak mencolok dimana kerusakan tidak akan terlihat. Tunggu sebentar dan kemudian periksa. Jika selesai terlihat tidak rusak, Anda bisa melanjutkan dengan larutan cair pencuci piring.

Kombinasikan air dan deterjen dalam ember. Tambahkan 2 sendok makan (30 ml) cairan pencuci piring dan ½ galon (1,9 l) air hangat ke ember besar. Campur keduanya bersama-sama dengan baik untuk membuat larutan pembersih.

Usap ke bawah permukaan. Celupkan spons ke dalam campuran cairan pencuci piring untuk menjenuhkannya. Wring spons untuk memastikan bahwa itu tidak menetes atau terlalu basah, dan dengan lembut sikat di atas perabotan untuk membersihkan permukaan.

Tidak perlu membilas larutan pembersih dari furnitur karena sabunnya sudah cukup encer sehingga tidak banyak meninggalkan residunya. Saat Anda mengeringkan kayu, Anda akan menghapus yang tertinggal.

Keringkan kayu sepenuhnya dengan lap bersih. Setelah Anda memasukkan seluruh permukaan perabotan, penting untuk menghilangkan kelembapan berlebih dari kayu. Usap ke bawah dengan kain bersih dan tidak berserabut untuk memastikannya tetap bersih.

Bahaya Jika Anda tidak pernah membersihkan furniture Anda

Bahaya jika perabot kayu tidak pernah dibersihkan adalah akan mengeundang hama perusak kayu. Apa saja hama tersebut? Yang paling umum menyerang adalah jamur dan rayap. Untuk mengatasinya perlu obat anti rayap dan jamur BioCide.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply