Masalah-Masalah Yang DIhadapi Kayu Pada Bangunan

0
166

Ada dua perusak kayu yang kejam yakni Serangga perusak kayu dan Jamur pelapuk kayu. Kedua hal ini dapat menyebabkan kelemahan struktural pada rumah Anda. Di bawah ini, kami menunjukkan cara mengidentifikasi bentuk kerusakan kayu yang paling umum dan juga bagaimana kita dapat menghadapinya.

Woodworm (berbagai jenis kumbang)

Ada banyak jenis kumbang pengebor  kayu, yang dikenal dengan istilah generik Woodworm. Layanan Aktif memenuhi syarat untuk mengidentifikasi jenis infestasi dan merekomendasikan perawatan yang benar.

Infestasi kumbang atau serangan kumbang pada kayu dikenali oleh munculnya lubang kecil pada furnitur dan kayu di dalam properti. Hal ini dapat disertai dengan adanya debu bor atau ‘frass’ yang menunjukkan bahwa tunneling aktif ada di dalam kayu yang menyebabkan kerusakan struktur dalam kayu.

Pengobatan

Pekerjaan pertama yang harus kita lakukan adalah mengidentifikasi jenis serangannya dan untuk menyelidiki kekuatan struktural kayu. Kita kemudian bisa menyemprotkan bahan anti kumbang atau bahan pengawet kayu yang hampir tidak berbau pada kayu yang terkena dampak untuk membunuh serangga yang baru muncul dan untuk mencegah larva lebih jauh menembus kayu.

Pada kayu berat, bahan pengawet harus dengan mudah harus diaplikasikan. Pekerjaan ini biasanya memakan waktu satu sampai dua hari. Namun, satu situasi di mana jumlah lubang tidak menunjukkan kerusakan struktural terjadi pada kasus Deathwatch Beetle. Kumbang bisa dan memang melengkapi siklus hidupnya, termasuk berkembang biak di dalam kayu dan mampu membuat kayu berongga. Metode pengendalian khusus perlu dilakukan.

Jamur Pelapuk (Fungal Decay)

Jamur Pelapuk adalah istilah generik yang meliputi jenis pembusuk kayu seperti jamur pembusuk kering (dry rot) dan basah (wet rot). Semua kayu yang memiliki kadar air lebih dari 20 persen akan membusuk. Pertumbuhan jamur dianjurkan dan kerusakan yang mengerikan bisa terjadi. Semua jamur tumbuh subur dengan kelembaban yang sumbernya bisa jadi karena rumah yang tidak terawat.

Jamur Pelapuk Kering (Dry Rot)

Hal yang paling penting tentang Dry Rot adalah bahwa ia hanya bisa tumbuh bila memiliki kelembaban.

Dry Rot adalah jenis ancaman terburuk bagi struktur rumah Anda. jamur bersifat rahasia/tersembunyi dan sering melakukan perjalanan jauh lebih jauh daripada tanda-tanda awal yang akan ditunjukkan.

Jamur tumbuh dan membentuk massa yang helainya bisa menyebar lebih dari dua meter melalui batu, dinding dan lantai bawah untuk menemukan sumber makanan baru. Untaian rakus ini tahan terhadap pengeringan dan melakukan air ke bagian selanjutnya dari jamur yang tumbuh.

Tanda-tanda Dry Rot

Tanda-tanda pertama lainnya adalah penyusutan atau retak pada kayu. Terkadang timbulnya debu karat-coklat yang bisa ditelusuri ke pertumbuhan yang terlihat seperti jamur. Ini bisa muncul dimana saja di daerah yang terkena.

Pengobatan

Jika tidak segera diobati, Dry Rot, yang dapat tetap aktif selama bertahun-tahun, dapat menyebabkan keruntuhan struktural rumah anda. Investigasi mendalam perlu dilakukan, seringkali di area yang luas, untuk melacak tingkat kerusakan.

Setelah diidentifikasi, sistem pengobatan tersedia untuk Anda. Ini termasuk penyemprotan, penyisipan, penggantian kayu busuk dengan kayu yang telah diolah sebelumnya, dan menerapkan rendering dan pelapis penghalang.

Sama pentingnya, sumber infeksi harus diidentifikasi dan diisolasi. Jika ini tidak dilakukan, jamur akan segera membangun kembali dirinya sendiri dan menikmati makan melalui kayu baru Anda.

Biaya

Proses yang terlibat dalam mengidentifikasi dan merawat busuk kering adalah sedemikian rupa sehingga tidak mungkin untuk mengatakan sebelumnya berapa lama proses perbaikan akan dilakukan.

Oleh karena itu, tidak ada harga tetap yang dapat diketahui sampai penyelidikan menyeluruh dilakukan.  Mungkin kita mampu menentukan dan mengetahui harga obat pengawet kayu anti jamurnya saja, yang saat ini Anda bisa cek langsung karena sudah tersedia online.

Wet rot dan Jamur Perusak Lainnya

Wet Rot sering keliru dan disamakan dengan Dry Rot. Tanda-tandanya memang mirip tapi Rot Basah tidak merusak. Ini hanya bisa terjadi pada situasi yang terlalu lembab dan tidak memiliki sifat tersembunyi Dry Rot.

Pengobatan

Pengobatan Wet Rot mirip dengan Dry Rot namun kurang mengganggu. Seperti semua bentuk busuk, sangat penting untuk mengidentifikasi sumber yang lembab dan memberantasnya. Ada juga jenis peluruhan jamur lainnya, yang kesemuanya memiliki penyebab yang sama dan juga bisa diobati. Pengawetan kayu yang baik akan dapat mengenali mereka saat kita melakukan penyelidikan.

 

alterntif text
SHARE

Leave a Reply