Hama Kayu selain Rayap: Kumbang Pengebor Kayu

0
618
Drywood termites

Pengebor kayu berpengalaman umumnya kumbang. Kumbang dewasa menaruh telur ke dalam kayu, yang menetas menjadi larva. Tahap larva menyebabkan kerusakan dengan menggali dan memakan kayu. Pada tahap larva, hidup di dalam kayu hingga dewasa, untuk memulai siklus hidup lagi.

Penggerek kayu atau Kumbang pengebor kayu

Penggerek-Lyctoxylon_dentatum Penggerek yang biasanya menyerang kayu keras dikenal sebagai “Kumbang Bubuk Kaki” (Lyctus brunneus).

Penggerek ini hanya menyerang area getah kayu keras dan biasanya dalam 12 bulan pertama. Mereka hanya bertelur di wilayah ini karena ovipositor wanita cocok ke dalam pembuluh xilem dari kayu keras, yang merupakan bagian besar yang hanya ditemukan di struktur pori kayu keras.

“Undang-Undang Pemasaran Kayu” membatasi jumlah gubal yang ada di kayu keras, dan berkisar antara 25% pada anggota struktur sampai 0% pada elemen finishing. Jangka waktu 24 bulan ada bagi konsumen untuk mengambil tindakan terhadap pemasok, pembangun, dan pengecer. Undang-undang ini dikelola di Queensland oleh Department of Primary Industries. Sebagian besar waktu, tidak ada tindakan yang diperlukan saat penggerek atau kerusakannya berada, namun selalu bijaksana untuk memeriksanya oleh spesialis.

Penggerek yang menyerang kayu lunak biasanya adalah “Beetle Furniture (Anobium punctatum) atau” The Queensland Pine Beetle “(Calymmaderus incisus).

Penggerek ini biasanya hanya menyerang spesies kayu lunak tertentu yang telah beroperasi selama 20 tahun atau lebih, dan dapat kembali terserang. Kerusakannya sering ditemukan pada papan lantai dan pelapis dinding v-j, dan memiliki tampilan garis berlekuk-lekuk pada permukaan atas, dan kemunculan lubang berdiameter 1 – 2 mm di bagian bawah.

Serangan kumbang bubuk kayu ini dapat diatasi secara kimia setiap tahun selama 3 tahun (yang merusak siklus hidup); setelah mengawetkan kayu dengan bahan kimia, solusi jangka panjangnya seperti  mengganti kayu dengan kayu yang telah diolah dengan baik agar tidak rentan.

Selain itu, masih banyak spesies penggerek lainnya yang bisa menimbulkan masalah.

Kumbang perusak kayu jenis “European House Borer” (Hylotrupes bajulus) dapat menyebabkan kerusakan parah, dan infestasi kumbang ini memulai keterlibatan Pemerintah berwenang termasuk Departemen Karantina.

Selain itu, penggerek kayu hijau bisa ikut ke rumah saat membeli barang kayu. Misalnya “Kumbang Longicorn” dapat bertahan dalam keadaan mati suri beberapa saat, jadi jika seseorang membeli mebel kayu dan kumbang dewasa muncul, ia dapat memotong melalui dalam kayu dan perabotan yang diletakkan di atas akan rusak.

Identifikasi kerusakan penggerek dan spesies yang menyebabkannya merupakan pekerjaan yang lumayan susah karena perlu dilakukan dengan teliti dan harus punya bahan pengawet kayu anti kumbang bubuk untuk mencegah kerusakan kayu lebih lanjut. Terkadang sangat sulit untuk menetapkan perbedaan antara infestasi aktif dan kerusakan lama.

Delignifikasi Kimia

Ini adalah kondisi dimana perekat organik “Lignin” yang mengikat sel-sel kayu bersama-sama dipecah.

Kayu memiliki penampilan yang lembut, berserat, berbulu, dan biasanya disebabkan oleh kondisi atmosfer. Oleh karena itu delignifikasi umumnya ditemukan pada bangunan yang dekat dengan kawasan pantai atau kawasan industri. Biasanya prosesnya lambat yang bisa memakan waktu bertahun-tahun sebelum kayu akan runtuh.

Tidak ada solusi kimia untuk menghentikan kondisi ini, dan karena itu penggantian kayu adalah satu-satunya pilihan yang sesuai.

Kerusakan Kayu Karena Pelapukan oleh Jamur Pembusuk

Jamur pelapuk atau “Rot” disebabkan oleh kombinasi spora air dan jamur.

Saat kita menanami kayu, kita mengeringkannya, tapi selalu ingin kembali ke kadar air aslinya dan dengan mudah menyerap kelembaban yang mudah dijangkau. Begitu kayu melebihi kadar air kesetimbangan 25%, spora jamur yang mengambang di atmosfer, akan menyerang dinding sel kayu, menyebabkannya rusak dan banyak kasus roboh.

Umumnya pembusukan dipecahkan dengan mengidentifikasi sumber kelembaban dan menghilangkannya, diikuti dengan penggantian kayu yang terkena dampak dengan kayu kuat dan telah diberi bahan pengawet kayu anti jamur. Jelas penting untuk mempertimbangkan jenis kayu dan tujuan penggunaan, saat membuat pilihan.

Rayap di bawah tanah sering kali tertarik pada kayu yang membusuk, oleh karena itu penting untuk memperbarui kayu atau mengawetkannya. Anda bisa mengontrol kelembaban menggunakan meter deteksi kelembaban untuk memastikan adanya kelembaban yang berlebihan. Dengan demikian Anda dapat mengetahui masalah yang sedang dihadapi kayu Anda sebelum serangan kumbang kayu ataupun jamur kayu lebih parah.

Setelah itu tindakan pengawetan dapat segera dilakukan dengan baik, dengan merendam kayu ke dalam larutan bahan pengawet ataupun mengkuaskannya. Di Indonesia telah tersedia bahan pengawet kayu paling ampuh, yang biasa dijual dipasaran adalah produk BioCide.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply