Berbagai Manfaat Menggunakan Kayu

0
71

Emisi karbon yang diwujudkan di sektor konstruksi mencakup lebih dari 23 persen dari total emisi gas rumah kaca. Selama dan di atas proses operasional seperti energi dan transportasi, semakin penting untuk mempertimbangkan emisi karbon yang terkandung dalam bahan bangunan yang digunakan di sektor ini.

Kayu yang digunakan secara bertanggung jawab adalah satu-satunya bahan bangunan terbarukan yang tersedia; Secara alami tumbuh dan menghilangkan CO2 dari atmosfer. Produk kayu kemudian menyimpan karbon yang telah dikeluarkan pohon yang tumbuh dari udara (sekitar 50% dari berat kering kayu adalah karbon).

Produksi dan pengolahan kayu menggunakan energi yang lebih sedikit – disebut energi terkandung – daripada kebanyakan bahan bangunan lainnya, yang memberi hasil kayu secara signifikan menurunkan jejak karbon. Kayu dapat digunakan untuk mengganti bahan yang membutuhkan bahan bakar fosil dalam jumlah besar untuk diproduksi. Ada banyak manfaat menggunakan kayu bersumber secara bertanggung jawab.

Kayu yang tepat membantu mengatasi perubahan iklim

Kayu adalah satu-satunya bahan bangunan yang membantu mengatasi perubahan iklim. Penting untuk menghilangkan karbon dari atmosfir sekaligus mengurangi emisi karbon baru yang masuk ke atmosfer. Kayu mencapai keduanya.

Kayu yang tepat dapat menyimpan karbon

Pohon dan produk kayu memiliki kemampuan unik untuk menyimpan karbon. Seiring pohon tumbuh, mereka menyerap karbon dioksida. Saat pohon dipanen secara lestari dan digunakan untuk membuat produk kayu, karbon tetap tersimpan di kayu untuk kehidupan produk. Sekitar 50% dari berat kering kayu adalah karbon.

Kayu itu baik untuk kesehatan dan kesejahteraan

Penelitian telah mengidentifikasi bahwa peningkatan penggunaan kayu memiliki manfaat kesehatan fisiologis dan psikologis yang terukur. Kita sekarang tahu bahwa pekerja kurang stres dan lebih produktif, siswa belajar lebih baik, pasien sembuh lebih cepat, dan orang pada umumnya lebih bahagia dan lebih tenang di ruang yang mengandung unsur alami seperti kayu.

Kayu yang tepat menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida

Produksi dan pengolahan kayu menggunakan energi yang jauh lebih sedikit – dikenal sebagai energi yang terkandung/ embodied energy  – daripada kebanyakan bahan bangunan lainnya, yang memberikan produk kayu secara signifikan menurunkan jejak karbon. Akibatnya kayu dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar rendah untuk bahan yang membutuhkan bahan bakar fosil dalam jumlah besar untuk diproduksi. Sebagai aturan praktis, jika Anda mengubah satu meter kubik bahan padat, seperti beton atau bata, untuk satu meter kubik kayu, Anda akan menghilangkan sekitar satu ton (1000kg) karbon dioksida dari yang dipancarkan ke atmosfer.

Kayu yang tepat dapat diperbaharui

Kayu yang dipanen secara bertanggung jawab dapat diperbaharui. Hutan akan tumbuh kembali untuk menyediakan berbagai manfaat lainnya seperti penyimpanan karbon lebih lanjut, pembangkit oksigen dan habitat hutan.

Menggunakan kayu bisa meningkatkan tutupan hutan

Meningkatnya permintaan akan produk kayu secara bertanggung jawab yang menyimpan karbon dapat mengakibatkan peningkatan hutan dan perkebunan yang dikelola dengan baik di lahan marjinal atau bersih.

Kayu tahan lama

Kayu adalah bahan tahan lama untuk rumah dan bangunan komersial. Bila dipelihara dengan baik bisa bertahan ratusan tahun. Pengawet kayu modern meningkatkan daya tahan alam.

Kayu secara struktural sangat kuat

Kayu sangat kuat secara struktural. Perbandingan dengan baja dan beton menunjukkan bahwa kayu struktural pinus radiata, misalnya, memiliki kekuatan untuk rasio berat 20 persen lebih tinggi dari pada baja struktural dan empat sampai lima kali lebih baik daripada beton bertulang di kompresi.

Kayu adalah isolator alami

Kayu adalah isolator alami karena kantong udara dalam struktur selularnya. Sebagai kayu insulator 15 kali lebih baik dari pada batu dan beton, 400 kali lebih baik dari baja, dan 1,770 kali lebih baik dari aluminium. Ini membantu mengurangi biaya pemanasan dan pendinginan bangunan.

Kayu cepat dan efisien untuk dibangun

Sebagian besar bangunan kayu adalah prefabrikasi offsite, yang membuat mereka cepat dan efisien untuk dibangun. Bangunan Gedung Commons 18 lantai di Vancouver (kiri) dibangun dalam 9 ½ minggu. Bangunan kayu bisa dibangun sepanjang tahun di sebagian besar iklim.

Kayu bisa lebih murah

Studi perbandingan ekonomi dari sistem pembingkaian dinding yang berbeda menunjukkan bahwa, dalam hal biaya bangunan langsung, kerangka kayu secara konsisten merupakan solusi biaya yang paling efektif.

Kayu memiliki keindahan alami

Penelitian oleh Planet Ark telah mengidentifikasi asosiasi positif yang diinduksi kayu pada manusia, di mana 96 persen orang Australia setuju bahwa kayu ‘secara visual menarik’ dan ‘memiliki tampilan dan nuansa alami’. Delapan dari sepuluh orang juga menganggap kayu itu serbaguna, bisa didaur ulang, terbarukan dan tahan lama.

Kayu menyediakan pekerjaan lokal

Karena kayu sering dilakukan di lokasi atau dibuat dahulu secara lokal atau regional, memilih kayu berarti mendukung pekerjaan lokal bagi tukang kayu dan pengrajin.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply