Bagaimana Rayap Bisa Masuk ke Rumah Anda?

0
265

Memahami bagaimana rayap masuk ke rumah Anda – dan mengapa mereka ingin masuk ke dalam – sangat penting untuk mencegah serangan rayap. Setelah pemeriksaan rayap, Anda harus tahu tanda-tanda aktivitas rayap dan titik masuk rahyap yang potensial. Anda dapat menyimak artikel ini untuk mendapat tips pencegahan dan pengendalian yang spesifik untuk tipe konstruksi rumah Anda, spesies rayap yang aktif di daerah tersebut, dan kondisi kelembapan dan kelembaban yang kondusif untuk rayap.

Fakta pertama yang harus Anda tahu: Rayap membutuhkan makanan (selulosa seperti kayu), kelembaban dan kehangatan untuk bertahan hidup.

Bahan bangunan kayu di dalam dan di sekitar rumah – mulai dari ruang bawah tanah hingga ruang biasa – dapat menyediakan sumber makanan ideal bagi serangga penghancur kayu ini.

Kondisi konstruksi umum di sekitar rumah, termasuk area dengan kondisi yang tidak memadai sehingga memungkinkan genangan air terbentuk di dekat unit pondasi dan pendingin udara yang menciptakan kelembaban. Kondisi ini dapat menawarkan kelembaban yang cukup untuk koloni rayap.

Titik Masuk Rayap Tanah

Koloni rayap bawah tanah hidup di bawah tanah. Mereka biasanya memasuki rumah di permukaan tanah atau di bawahnya, tapi mereka bisa membangun saluran/tabung lumpur (yang biasa menemppel ke atas dinding atau kayu) untuk memasuki tempat beberapa meter di atas permukaan tanah.

Salah satu cara yang paling umum rayap masuk rumah Anda adalah melalui kayu yang dekat denganĀ  tanah, termasuk kusen pintu, tiang geladak, dan tangga teras atau penyangga kontruksi. Rayap tanah juga memasuki rumah melalui celah-celah di pondasi dan retakan di mortir bata. Terkadang, mereka bahkan menggunakan lubang di balok beton untuk menempuh perjalanan melalui dinding pondasi.

Pencegahan rayap di bawah tanah berfokus pada penanganan titik-titik masalah, seperti air yang mengelilingi pondasi, dan memantau tanda-tanda aktivitas. Anda juga dapat melakukan pemantauan, perawatan tanah cair atau perawatan kayu langsung menggunakan obat pengawet kayu anti rayap atau anti rayap untuk pondasi yang aman dan ramah lingkungan.

Titik Masuk Rayap Kayu Kering

Serangan rayap kering biasanya dimulai saat rayap kasta pekerja (alates) menemukan celah di kayu rumah Anda, menggali sarang kecil dan menyegel diri mereka sendiri di dalamnya. Kemudian, mereka mulai memproduksi telur untuk membangun koloni mereka. Dalam beberapa tahun, koloni ini bisa tumbuh dengan ukuran yang mampu menyebabkan kerusakan kayu serius di rumah Anda.

Sulit untuk mencegah infestasi (serangan) rayap kayu kering karena spesies ini bisa masuk rumah di lantai manapun (tidak hanya di dekat pondasi atau tanah seperti rayap di bawah tanah). Pemeliharaan rutin untuk menjaga agar kayu eksterior rumah Anda dalam kondisi baik, dikombinasikan dengan tindakan pengawetan kayu yang direkomendasikan oleh ahli, penggunaan bahan pengawet kayu anti rayap dapat membantu mengurangi kemungkinan dan cakupan infestasi.

 

alterntif text
SHARE

Leave a Reply