Mengenal Silica Gel Biru

0
216

Silica gel biru pada umumnya banyak digunakan untuk menyerap kelembaban pada peralatan elektronik atau mesin. Namun tahu kah bahaya dari jenis silica gel ini?

Silica gel merupakan penyerap kelembaban yang sudah banyak digunakan untuk berbagai jenis produk, mulai dari alat elektronik, kebutuhan sehari-hari, obat-obatan bahkan teruntuk makanan. Untuk menyerap kelembaban pada suatu produk tidak semua jenis silica gel digunakan sebab terdapat beberapa silica gel yang aman dan adapula yang berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Silica gel yang biasanya sudah dikenal di pasaran terdapat tiga jenis yaitu silica gel putih, silica gel natural dan silica gel biru.

Mengenal Lebih Dekat Silica Gel Biru

Silica gel biasanya akan lebih mudah Anda jumpai pada produk-produk yang baru saja dibeli. Sebaiknya untuk tidak membuang silica gel tersebut karena masih bisa digunakan. Adapun cara mengetahui silica gel tersebut masih aktif adalah dengan mencelupkan ke dalam air, apabila masih terdapat gelembung air di sekitar silica gel maka dipastikan silica gel tersebut masih aktif.

Namun, silica gel tidak semua bisa digunakan kembali dengan mudahnya. Silica gel biru merupakan salah satu jenis silica gel yang sangat disarankan untuk dibuang. Sebab silica gel ini berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan sekitarnya. Silica gel biru berbahaya karena menggunakan bahan aktif Cobalt Chloride yang notabene bahan karsinogen (penyebab kanker jika digunakan dalam jangka waktu yang lama). Maka dari itu, penggunaan silica gel hanya cukup digunakan sekali saja kemudian dibuang ke tempat sampah. Dan tidak disarankan untuk digunakan pada kemasan makanan, obat-obatan atau sesuatu yang bisa dikonsumsi lainnya.

Silica gel Yang Aman digunakan

Setelah mengenal silica gel biru, tentu kita akan memilih jenis silica gel lain untuk digunakan sebagai penyerap kelembaban pada barang-barang kesayangan Anda. silica gel yang banyak dijumpai pada umumnya adalah silica gel putih. silica gel ini bahkan juga banyak dijumpai pada kemasan, memang silica gel termasuk jenis silica gel yang aman digunakan untuk makanan kering seperti kue kering. Sebab, silica gel ini menggunakan bahan yang diproses dengan cara yang alami. Silica gel terbuat dari sodium silikat dengan didehidrasi kemudian membentuk butiran bening (tidak elastik) dengan ukuran yang beragam.

Namun, terdapat pula jenis silica gel yang jauh lebih aman digunakan karena tidak menggunakan bahan kimia yaitu silica gel natural. Silica gel natural tersebut terbuat dari campuran material alami sehingga sangat cocok digunakan untuk makanan. Bahkan fitur dari silica gel ini adalah food grade sehingga memang bagus digunakan untuk sesuatu yang bisa dikonsumsi. Warna silica gel ini tidak bening seperti silica gel biru maupun silica gel putih melainkan berwarna menyerupai gumpalan serbuk berwarna kecoklatan atau keabuan.

Kedua silica gel tersebut sanga aman digunakan untuk kebutuhan sehati-hari seperti penyerap kelembaban pada sepatu, tas, kamera, barang berbahan kulit, bumbu dapur, obat-obatan atau sesuatu yang dikonsumsi lainnya. pastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan untuk mengurangi dampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan sekitar anda.

 

alterntif text
SHARE

Leave a Reply