Jenis-Jenis Hama Yang Merusak Kayu

0
78

Banyak jenis hama yang merusak kayu dan sangat merugikan jika skalanya besar. Kayu bisa busuk, berubah warna dan berlubang.

Hama kayu dalah semua organisme hidup yang tergolong jenis serangga/satwa yang dapat menimbulkan kerusakan pada biji, bibit dan tanaman yang secara ekonomi berarti.

Sebab munculnya serangga hama ialah tingkat keragaman agroekosistem, pengelolaan tanaman, varietas unggul modern yang rentan, menanam satu varietas tertentu secara terus-menerus tanpa pola, musim tanam yang salah, hama masuk ke daerah baru dan terlalu mengandalkan pestisida yang kurang tepat. Berikut beberapa jenis hama yang merusak kayu:

Serangga Perusak Daun

Akibat dari serangan serangga jenis ini sebagian atau seluruh bagian daun rusak karena dimakan. Serangga perusak daun biasanya termasuk di dalam ordo-ordo Lepidoptera (larva), Hymenoptera (dewasa) dan Diptera (hanya stadium larva yang merusak daun, sedangkan dan ordo Coleoptera (dewasa) dan Orthoptera (nimfa dan dewasa).

Serangga Pengebor Kulit Pohon (Inner Bark Boring Insects)

Bagian yang dirusak adalah kulit pohon bagian dalam sampai ke kambium. Lubang gerekan serangga dapat merusak atau menutup jalan pengiriman bahan makanan dari daun ke akar. Apabila kerusakan yang ditimbulkan sampai melingkari pohon, maka pohon seperti diteres yang mengakibatkan terhalangnva pengiriman makanan dari daun ke akar. Serangga pengebor kulit pohon biasanya termasuk dalam ordo Coleoptera (larva).

Serangga Pengebor Batang Pohon Dan Kayu

Kerusakan yang diakibatkan jenis hama yang merusak kayu satu ini ialah berbentuk lubang-lubang. Tiap-tiap serangga pengebor kayu mempunyai spesifikasi sendiri, ada yang tinggal di dalam kayu sebagai tempat tinggalnya saja, tetapi kebanyakan hidup dengan makan batang/ kayu. Sebagian besar dan pengebor batang/ kayu termasuk ke dalam ordo Coleoptera (larva), beberapa Lepidoptera (larva) dan isoptera (nimfa dan dewasa).

Baca juga: Beginilah Cara Mengawetkan Kayu Secara Tradisional Dan Modern dan 3 Langkah Mudah Ini Untuk Menghilangkan Jamur Pada Kayu.

Serangga Penghisap Cairan Pohon (Sap Sucking Insects)

Kerusakan yang ditimbulkan berbentuk noda-noda, perubahan warna (discoloration), bentuk yang membesar (mulformation) atau terhentinya pertumbuhan dan bagian-bagian tertentu. Hama jenis ini hampir semuanya dari ordo-ordo Homoptera (nimfa dan dewasa), Hemiptera (nimfa dan dewasa) dan mites.

Serangga Perusak Pucuk Dan Cabang (Bud And Twig Insects)

Jenis hama yang merusak kayu ini menimbulkan kerusakan yang berbeda. Kerusakan yang timbul pucuk dan cabang berlubanglubang dan seperti diteres. Mengingat pucuk adalah tempat pertumbuhan pohon, maka serangga perusak pucuk dan cabang sangat merugikan. Penderitaan paling berat apabila serangga mengebor di dalam pucuk pohon. Serangga yang merusak pucuk biasanya termasuk di dalam ordo Lepidoptera (larva), Coleoptera (dewasa/ larva), Hemiptera dan Homoptera (nimfa & dewasa), Diptera (larva).

Serangga Perusak Anakan (Seedling Insects)

Pada umumnya seluruh bagian dari anakan merupakan makanan yang digemari oleh bermacam-macam serangga karena bagian-bagiannya masih muda dan lunak. Serangga perusak anakan adalah ordo Isoptera (dewasa), Lepidoptera (larva), Orthoptera (nimfa & dewasa), Homoptera dan Hemiptera (nimfa & dewasa).

Serangga Perusak Akar (Root Insect)

Pada umumnya bagian dari akar yang dirusak adalah ujung akar tanaman muda yang merupakan bagian yang sangat lunak.  Di samping serangga perusak akar yang sering dijumpai adalah Nematoda. — Serangga perusak akar biasanya masuk dalam ordo Coleoptera (larva), Isoptera (dewasa).

Demikian beberapa jenis hama yang merusak kayu, semoga dapat menjadi antisipasi dan membuat para pelaku usaha kayu memberikan tindakan selanjutnya yang tepat. Karena hama ini sangat merugikan untuk kayu yang akan di jual di pasaran.

 

alterntif text

Leave a Reply