Pentingnya Pengawetan Kayu Untuk Industri Kayu

0
26

Banyak industri kayu kecil dan menengah kurang memperhatikan kualitas kayu yang diolah. Sehingga mutu kayu kurang terjamin hingga sampai tangan konsumen. Kesadaran akan pentingnya pengawetan kayu sangatlah kurang.

Sebenarnya industri kayu memerankan peranan penting bagi perekonomian lokal. Karena saling keterkaitan antara pemilik usaha dan kebun rakyat, selain itu juga menyerap banyak tenaga kerja. Maka kualitas mutu dan pendistribusiannya haruslah terorganisir dengan agar profit semakin besar.

Industri pengolahan kayu dari log hingga papan, perlu perhatian khusus agar lebih meningkatkan mutu kayu.  Dari proses penebangan hingga proses pemotongan perlu diperhatikan secara khusus. Karena setelah kayu baru dipotong banyak hama yang akan menempel dan merusak kayu.

Maka dari itu sehabis ditebang langsung direkomendasikan untuk diberi obat pengawet kayu. Ada berbagai macam jenis obat pengawet kayu yang penting, bertujuan untuk menambah umur pakai kayu agar lebih tahan lama. Ada jenis pengawet yang bertujuan unruk menjaga gar kayu tidak ditumbuhi jamur substrat kayu maupun jamur permukaan. Terdapat juga pengawet anti serangga yang bertujuan untuk mencegah agar serangga pemakan kayu seperti kumbang bubuk maupun rayap.

Selain mencegah timbulnya hama kayu, pengawetan juga berfungsi untuk menekan biaya produksi lebih sedikit. Menghindari kerugian diawal sebelum pengeriman dan hingga sampai di tangan konsumen. Apa jadinya kalau kayu yang akan diproses ditumbuhi hama kayu yang sangat menggangu dan merusak.

 

alterntif text
SHARE

Leave a Reply