Yuk Mengenal Jenis Kumbang Bubuk Kayu

0
83

Jenis Kumbang bubuk kayu sangat penting diketahui.  salah satu serangga pemakan kayu ini, termasuk kayu kering yang telah jadi furniture di rumah Anda, yuk mengenal jenis kumbang bubuk kayu ini.

Kingdom binatang terbagi ke dalam beberapa filum yang selanjutnya dibagi lagi ke dalam kelas-kelas, yang salah satunya adalah kelas insekta. Sekitar 70 – 80 % dari semua binatang yang ada berasal dari kelas ini, yang jumlahnya lebih dari sejuta spesies. Insekta dibagi-bagi lagi kedalam tiga puluh atau lebih ordo. Walaupun para ahli lainnya juga memasukkan beberapa ordo tambahan yaitu Hemiptera (kutu-kutuan) dan Diptera (lalat).

Walaupun demikian, secara garis besarnya biasanya dibuat berdasarkan hasil atau pengaruh yang diakibatkan dari penyerangannya pada kayu yang meliputi bentuk-bentuk seperti honey comb, bubuk kayu dan saluran-saluran. Bentuk penyerangan ini bersama dengan gambar penyerangan lainnya telah digunakan sebagai dasar kunci determinasi untuk identifikasi dari serangga penggerek kayu, seperti kumbang bubuk kayu kering dan kayu basah.

Jenis Kumbang Bubuk Kayu Kering

Dari data yang diperoleh kumbang-kumbang yang paling sering merusak kayu kering adalah Anobium functatum, Hylotrupes bajulus, Lyctus sp., khususnya L. brunneus dan L. africarnus dan Xestobium rufovillosum yang merupakan anggota dari famili Anobiidae, Cerambydae dan Lyctidae.

Untuk jenis Anobium functatum dan Xestobium rufovillosum memperlihatkan tersebar luas di zona temperate dimana Anobidae lainnya lebih terbatas penyebarannya. Di Eropa bagian utara, Anobium pertinax menyebabkan masalah yang signifikan yaitu di Prancis, Ialia, Spanyol dan Portugal. Sedangkan di Jepang, Nicobium hirtum mempunyai penyebaran yang luas. Lyctus brunneus menyebar di Amerika Utara dan sekarang memperlihatkan penyebarannya di bagian lain di muka bumi ini. Minthea rugicollis memperlihatkan penyebaran yang sangat luas dan menyerang umumnya kayu daun lebar. Hylotrupes bajulus penyebarannya tidak luas, hanya terbatas pada daerah tenggara Inggris.

Di negara-negara tropis, jumlah spesies Bostrychid cukup banyak, termasuk Bostrycus capucinus (India, Spanyol), Dinoderus minitus (Australia, India, Jepang), Heterobostrychus (Afrika) dan H. aequalis (India). Sinoxylon anale merupakan hama kayu kering di India, walaupun dari hasil survey juga menyerang kayu segar.

Tabel 1 berikut adalah kumbang-kumbang perusak kayu yang umum dan tipe material yang secara khas diserang, kayu segar dan kayu kering, kayu keras dan kayu lunak.

 

Keluarga/ jenis kumbang bubuk kayuNama Umum Material yang Diserang
AnobiidaeKumbang bubuk kayu perabot rumah tanggaKayu keras lama, kayu lunak lama
LyctidaeKumbang bubuk kayu sebenarnyaKayu keras baru
BostrychidaeKumbang bubuk kayu palsuKayu keras baru
CerambycidaePengebor bertanduk panjangKayu lunak baru
CurculionidaeKumbang penggerekKayu keras lama, kayu lunak lama

 

Serangga Perusak Kayu Lainnya

Kerusakan pada kayu segar diakibatkan oleh anggota serangga terutama famili Cerabribydae, Platypodidae, Scolytidae dan hanya sedikit dari spesies Bostrychidae, Curculionidae, dan Lymexylonidae. Platypodidae dan Lymexylonidae biasa dikenal sebagai ambrosia.

Di Eropa dan Canada, kumbang Xyloterus lineatus (=Trypodendron lineatum) menyebabkan kerusakan yang tinggi pada kayu daun jarum. Spesies Xyloterus yang lain lebih sedikit merusak yaitu X. domesticus dan X. signathus. Di Scandinavia, spesies dari Ips (I. acuminatus dan I. typorapus) menyebabkan kerusakan pada kayu spruce. Di Brazil, kumbang Xylebros ferrugineus merupakan hama terbesar.

Di Eropa, Platypus cylindris menyebabkan kerusakan pada kayu daun lebar. Selain itu anggota genus yang lain (P. australis, Australia ; P. hintci, Nigeria) menyerang kayu di daerah yang bertemperatur panas.

Famili Lymexyloridae, Hylecolus dermestoides diketahui menyerang kayu daun lebar dan kayu daun jarum, menyebar di Eropa dan Siberia, meskipun di Inggris lebih banyak menyerang kayu daun jarum. Penyerangan serupa juga terjadi di Eropa dari jenis Lymexylon navale. Sedangkan pada kayu oak di Afrika Barat, yang menyerangnya adalah Atractocetus brevicornis dan A. crassicormis.

Rayap Penyerang Kayu Bangunan dan Kayu-kayu yang Terekspose

Penyebaran rayap secara umum terbatas pada 450 Lintang Utara sampai 450 Lintang Selatan, meskipun bermacam-macam spesies Porstermes dapat hidup pada temperatur lebih dingin (harris, 1971) dan dapat hidup di luar garis lintang di atas.

Harris juga mengatakan genera yang ditemui pada survey yang mereka lakukan adalah Mastotermes (Mastotermitidae), Cryptotermes, Kalotermes (Kalotermitidae), Heterotermes, Reticulitermes, Coptotermes (Rhinotermitidae), Microcerotermes, Nasutitermes dan Odontotermes (Termitidae).

Mastotermes darwiniensis hanya hidup terbatas pada daerah tropis Australia. Coptotermes terdapat di Asia Tenggara dan Australia. Genus Kalotermes nampaknya paling signifikan speseisnya sebagai penyebab kerusakan di daerah dari Barat Laut Eropa sampai Turki dan Israel.

Spesies Coptotermes banyak ditemukan di negara-negara Asia dan Australia sampai Hawai, Cina, Selandia Baru, Afrika Barat, Afrika Timur, beberapa negara-negara bagian Utara di Amerika Selatan dan di Barat India dan Bahana.

Termitidae merupakan famili rayap terbesar berdasarkan besarnya yang ditimbulkan dari spesiesnya, ditemukan 4 genera yaitu Microcerotermes, Macrotermes, Odontotermes dan Nasutitermes. Khusus untuk Microcerotermes diversus dapat ditemukan di Afrika Barat, Afrika Timur, dan Afrika Tengah serta Sudan. Nadsutitermes dapat ditemukan di Malaysia, daerah Tropis Australia, daerah tropis Amerika dan Srilangka.

Tawon Kayu

Dari beberapa hasil survey diperoleh bahwa anggota-anggota Hymenoptera menimbulkan masalah tidak begitu besar pada kayu daripada Coleoptera dan Isoptera. Kerusakan terjadi karena aktivitas semut-semut kayu (Camponotus spp., Formicidae) dan tawon-tawon kayu (Sirex Spp. Dan Urocerus gigas ; Sincidae). Camponotus terdapat di Eropa, Canada, Asia dan Inggris, menyerang kayu daun jarum dimana lebih menyukai kayu awal karena lunak meskipun kadar air minimum kayu tersebut cocok bagi jamur perusak kayu.

Tawon-tawon kayu merupakan hama kayu daun jarum dan menyebar hampir di seluruh permukaan bumi.

Meskipun serangga-serangga tersebut di atas telah banyak memakan kayu di rumah penduduk, saat ini telah ada obat pengendalinya yang sangat ampuh dan berkualitas, cek di sini. 

alterntif text

Leave a Reply