Obat Anti Jamur Kayu Sengon Murah

0
86

Kayu sengon akan mudah terserang jamur ketika berada di udara yang lembab, untuk mencegah hal tersebut maka aplikasikan obat anti jamur kayu sengon.

Pohon sengon saat ini telah dibudidayakan oleh masyarakat atau pembisnis kayu sebab manfaatnya yang banyak dan harganya yang cukup menggiurkan. Kayu ini jauh lebih murah daripada kayu jati atau mahoni, walaupun begitu batang dari pohon ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Seperti halnya dengan kayu-kayu lainnya, kayu sengon juga memiliki kelemahan yaitu mudah terserang jamur ketika berada diudara lembab. Untuk mencegah timbulnya jamur, maka aplikasikan terlebih dahulu obat anti jamur kayu sengon.

Kegunaan Obat Anti Jamur Kayu Sengon

Pohon sengon merupaka salah satu jenis pohon yang dapat tumbuh di daerah tropis. Pohon sangat mudah dijumpai di daerah China Selatan, India, ataupun Asia Tenggara seperti Indonesia. Banyak pembisnis kayu yang membudidayakan kayu ini karena hasilnya yang memuaskan dan memiliki banyak manfaat.Salah satu yang banyak dimanfaatkan adalah batang kayunya. Biasanya kayu sengon dimanfaatkan sebagai bahan dasar peti, industri korek api, pensil, kayu penyekat ataupun furniture.

Kendala kayu sengon adalah saat penyimpanan. Jika ruangan memiliki kelembaban yang tidak pas untuk kayu ini maka kayu sengon akan mudah terserang jamur. Walaupun dapat diaplikasikan obat anti jamur kayu sengon, tetap saja jamur dapat dengan tumbuh jika masa obat tersebut tidak aktif lagi. Jamur yang mengancam industri kayu adalah bluestain, jenis jamur ini menyerang serat kayu sehingga akan meninggalkan warna kehitaman pada kayu bahkan untuk menghilangkan jamur ini pun cukup sulit.

Biasanya apabila kayu sudah terserang bluestain maka kayu tersebut harus dibuang. Untuk mencegah timbulnya jamur tersebut, maka sebelum disimpan kayu harus direndam dalam rendalam obat anti jamur kayu sengon. Obat anti jamur yang dapat Anda gunakan adalah Borax atau pestisida. Namun jika menginginkan lebih aman, lebih baik menggunakan pestisida sebagai obat jamur.

Obat anti jamur kayu sengon dengan bahan pestisida memang sangat efekif digunakan, walaupun sering digunakan untuk mengatasi kayu ketika terserang jamur. Nyatanya, obat ini dapat digunakan untuk mencegah munculnya jamur dengan cara rendam atau vakum.

Berikut rekomendasi anti jamur untuk Anda, produk-produk BioCide dengan spesifikasinya:

Obat anti jamur substrat, blue stain: BioCide Wood Fungicide (untuk kayu baru tebang/fresh cut, log, sawn timber dalam masa pengeringan).

Obat anti jamur permukaan atau jamur tempe: BioCide Surface Film Preservative (untuk mencegah jamur pada perabot/mebel, kusen, pintu, dan bangunan).

 

alterntif text
SHARE

Leave a Reply