Obat Anti Jamur Kayu Sengon Berkualitas

0
191

Pohon sengon memiliki banyak manfaat untuk digunakan, salah satunya adalah batang kayunya. Namun kayu tersebut sangat rawan terserang jamur maka perlu obat anti jamur kayu sengon.

Pohon sengon saat ini tengah dibudidayakan oleh masyarakat atau pembisnis kayu karena manfaatnya yang beragam, mulai dari daun hingga akarnya. Salah satu bagian yang paling banyak pemanfaatannya adalah bagian batang kayunya.

Walaupun kayu sengon memiliki banyak kegunaan, namun jenis kayu ini merupakan kayu yang tidak dapat bertahan baik pada kelembaban tertentu. Jika kayu ini disimpan atau digunakan dengan MC lebih dari 15% maka akan sangat rawan terserang jamur atau serangga perusak. Untuk mencega timbulnya jamur tersebut, maka perlu diaplikasikan obat anti jamur kayu sengon.

Tujuan Pemberian Obat Anti Jamur Kayu Sengon

Kayu sengon merupakan salah satu jenis kayu solid yang dapat digunakan untuk kebutuhan furniture ataupun kebutuhan lainnya. Pada umumnya, kayu sengon dimanfaatkan sebagai bahan dasar peti, industri korek api, pensil, papan kayu, atau lain-lainnya.

Seperti halnya dengan kayu-kayu lainnya, kayu sengon memiliki batasan dalam beberapa hal, jenis kayu ini tidak tahan terhadap kelembaban yang terlalu tinggi ataupun rendah. Maka dari itu, faktor yang perlu diperhatikan adalah saat penyimpanan kayu ini. cuaca yang berubah menyebabkan kelembaban dalam ruanganpun berubah-ubah, terlebih bagi Anda yang memiliki usaha mikro kayu yang memanfaatkan ruangan seadanya. Hal ini menjadi fakator yang sering dijumpai, untuk mengatasi hal tersebut biasanya diaplikasikan obat anti jamur kayu sengon.

Obat anti jamur kayu sengon akan jauh lebih efektif diaplikasikan sebelum kayu di open. Sehingga obat tersebut dapat meresap dengan baik ke dalam serat kayu dan melindungi kayu terserang jamur ataupun faktor lainnya.

Obat anti jamur yang sering digunakan adalah pestisida, biasanya obat ini hanya digunakan ketika jamur sudah terserang pada kayu. Namun nyatanya, obat ini dapat digunakan sebagai pencegahan jamur menyerang ke dalam serat kayu snegon.

Cara yang efektif untuk melindungi kayu agar tidak mudah terserang jamur adalah dengan cara direndam atau divakum. Kedua cara ini sangat efektif memasukan obat nati jamur kayu sengon ke dalam serat kayu. Cara di rendam ini lebih murah daripada di vakum, namun dengan cara direndam maka Anda membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbeda halnya dengan cara vakum, waktu aplikasi lebih cepat. Cara vakum ini pada umumnya digunakan oleh industri makro karena biaya yang digunakan tidak sedikit.

Berikut rekomendasi produk-produk anti jamur dengan spesifikasinya:

Obat anti jamur substrat, blue stain: BioCide Wood Fungicide (untuk kayu baru tebang/fresh cut, log, sawn timber dalam masa pengeringan)

Obat anti jamur permukaan atau jamur tempe: BioCide Surface Film Preservative (untuk mencegah jamur pada perabot/mebel, kusen, pintu, dan bangunan)

alterntif text

Leave a Reply