Obat Anti Jamur Kayu Pinus

0
63

Kayu pinus sering digunakan untuk furniture namun kayu ini sangat rentan blue stain setelah ditebang. Maka dari itu, setelah ditebang aplikasikan segera obat anti jamur kayu pinus.

Pohon pinus merupakan jenis pohon solid yang dapat tumbuh didaerah yang sejuk seperti daerah gunung. Pohon ini banyak dijumpai di gunung-gunung di Indonesia terutama di Gunung Kerinci dan Gunung Talang Sumatra. Kayu dari pohon pinus ini pun banyak digunakan untuk bahan dari furniture.

Setelah penebangan, segera mungkin untuk dikeringkan agar tidak terserang jamur Blue stain. Namun, akan jauh lebih maksimal jika diaplikasikan terlebih dahulu obat anti jamur kayu pinus sebelum dikeringkan.

Obat Anti Jamur Kayu Pinus Yang Tepat

Pohon pinus sangat mudah tumbuh di daerah Asia Tengga seperti Myanmar, Kamboja, Vietnam, Malaysia, Philipina, Laos dan Indonesia. Jenis pohon pinus yang mudah tumbuh di daerah tersebut biasanya adalah jenis pohon pinus merkusii. Pohon ini dapat tumbuh mencapai 25 hingga 45 meter dengan diameter mencapai 1 meter. Ketika ditebang, bagian kayu teras akan berwarna coklat kemerahan dan kayu gubalnya berwarna kuning keputihan.

Hal yang perlu diperhatikan ketika proses finishing, kayu ini memiliki kantong minyak serta mata kayu yang keras sehingga penyerapan finishing akan berkurang dan menyebabkan warna akan berbeda. Sebelum proses finishing, hal yang sangat penting adalah setelah pohon pinus ditebang. Pohon pinus setelah ditebang harus segera mungkin dikeringkan agar tidak muncul jamur blue stain. Jamur ini menyerang bagian serat kayu sehingga akan menimbulkan warna kegelapan pada bagian kayu dan sulit untuk dihilangkan.

Untuk mencegah timbulnya jamur tersebut, Anda harus mengaplikasikan obat anti jamur kayu pinus sebelum proses finishing. Cara yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah rendam dan vakum. Dengan cara direndam dalam campuran obat anti jamur tersebut akan jauh lebih murah dan efisien. Namun, dengan cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar beberapa minggu agar obat tersebut dapat meresap ke dalam serat kayu. Sedangkan cara vakum, Anda harus membutuhkan ketelitian dan biaya yang cukup mahal namun  hasilnya akan jauh lebih maksimal dan cepat.

Obat anti jamur kayu pinus yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah pestisida. Jenis obat ini sangat efektif untuk mencegah munculnya jamur blue stain. Jauh lebih  efektif jika menggunakan jenis pestisida seperti fungisida dan baketrisida atau dikenal dengan permethrine.

Ingin tahu lebih detai tentang obat anti jamur ini? klik di sini (BioCIde Wood Fungicide)

alterntif text
SHARE

Leave a Reply