Cara Mengawetkan Kayu Glugu Yang Belum Pernah Diketahui

0
70

Pengawetan kayu glugu sangat diperlukan untuk memperpanjang usianya. Proses dan cara mengawetkan kayu glugu yang belum pernah diketahui pun bisa dilakukan secara sederhana.

Dampak dari susahnya mencari kayu berkualitas tinggi dari jenis yang menjadi favorit di kalangan pengrajin kayu seperti kayu jati memebuat banyak pengrajin beralih ke kayu jenis lain. Beberapa jenis kayu lain sebenarnya masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Seperti kayu glugu misalnya, kayu ini masih bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture atau keperluan lain asalkan pengrajin mampu mengetahui karakteristik dari kayu ini sendiri.

Karakteristik kayu glugu sebenarnya cukup unik. Seratnya cenderung berukuran besar dan akan sangat menarik untuk ditampilkan. Warnanya pun cenderung kecoklatan dan lebih bersih mengingat tidak terlalu terlihat ada perbedaan yang mencolok di potongan perbedaan struktur kayu teras dan kayu gubalnya. Kelebihan lain yang menjadi perhatian pengrajin adalah pada harganya. Harga kayu glugu bisa sepertiga kayu jati dan ketersediaannya cukup melimpah mengingat pohon kelapa yang jadi asal kayu glugu ini bisa didapatkan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Akan tetapi, kayu glugu sebenarnya tidak terlalu kuat jika dipasang secara horizontal. Struktur kayunya mudah melengkung jika menahan beban seperti pada konstruksi rumah. Tingkat ketahanannya pun relatif rendah, terutama untuk kayu yang usianya masih muda. Mikro organisme yang merusak kayu glugu seringkali hidup di kayu ini saat sudah simanfaatkan sebagai produk kerajinan. Agar hal tersebut tidak terjadi, proses pengawetan sebelum kayu glugu diolah sangat penting untuk dilakukan. Cara mengawetkan kayu glugu yang belum pernah diketahui sendiri dapat dilakukan dengan mudah.

Kayu glugu dapat diawetkan dengan cara menambahkan obat pengawet kayu pada batang kayunya. Penambahan obat pengawet ini dilakukan dengan memberi cairan yang sudah dicampur obat pengawet ke batang kayu dengan cara direndam, dioleskan atau disemprotkan. Jika obat pengawet yang digunakan memiliki kualitas tinggi seperti Biocide, maka cara mengawetkan kayu glugu yang belum pernah diketahui semacam ini akan menghasilkan kayu yang dapat bertahan dari serangan mikro organisme untuk jangka waktu yang lebih lama.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply