Cara Mengawetkan Kayu Glugu Yang Aman

0
374

Keawetan kayu glugu dapat bertambah jika diawetkan. Cara mengawetkan kayu glugu yang aman juga mudah jika menggunakan obet pengawet yang tepat.

Akhir-akhir ini, kenaikan harga kayu jenis tertentu yang menjadi pilihan utama bagi pengrajin seperti kayu jati semakin tidak dapat dikendalikan. Ketersediaan kayu jenis ini yang semakin sulit membuat harganya semakin melambung dan susah dicari. Pengrajin pun kemudian dipaksa untuk memikirkan alternatif untuk mengatasi keadaan demikian dengan beralhi ke jenis kayu lain sebagai bahan baku produk kerajinan kayu. Kayu glugu bisa menjadi alternatif yang cukup baik untuk tujuan tersebut.

Kualitas kayu glugu sendiri sebenarnya masih di bawah kayu jati. Akan tetapi, kayu glugu jauh lebih mudah untuk didapatkan di hampir semua wilayah di Indonesia mengingat pohon kelapa yang dijadikan kayu jenis ini tumbuh secara melimpah di wilayah-wilayaj tersebut. Harganya juga menjadi terjangkau. Meskipun begitu, jika memanfaatkan kayu glugu, pengrajin perlu mengatasi kekeurangan kayu jenis ini. Kayu glugu sebenarnya memiliki kekuatan yang cukup untuk produksi furniture.

Jika digunakan untuk konstruksi rumah, kayu ini berisiko mudah melengkung. Selain itu, apabila kayu glugu yang digunakan usianya belum cukup tua, tingkat kerawanan akan terkena kerusakan juga menjadi tinggi. Kayu glugu bisa terkena serangan mikro organisme perusak yang akan menyebabkan kerusakan permanen. Untuk mencegahnya, diperlukan proses pengawetan kayu sebelum kayu glugu diolah. Proses dan cara mengawetkan kayu glugu yang aman ini sebenarnya mudah untuk dilakukan, selama menggunakan bahan pengawet yang berkualitas.

Untuk mengawetkan kayu glugu, pada dasarnya bisa ditempuh dengan memberikan bahan pengawet kayu pada badan kayu ini sendiri. Cara mengawetkan kayu glugu yang aman semacam ini bisa dikerjakan dengan cara merendam, menyemprot atau mengoleskan cairan yang sudah dicampur dengan obat pengawet kayu. Efektivitas pengawetan kayu ini akan sangat dipengaruhi oleh bahan pengawet kayu yang digunakan. Obat pengawet kayu sepert Biocide yang memiliki berbagai macam kelebihan dapat digunakan untuk keperluan pengawetan kayu glugu ini.

alterntif text

Leave a Reply