Obat Anti Jamur Kayu Karet Pada Furniture Dapur

0
54

Furniture dapur jika tidak dirawat dnegan baik, akan lebih mudah terserang serangga dan jamur. Jika sudah terserang jamur, alangkah baiknya aplikasikan obat anti jamur kayu karet.

Pohon karet merupakan salah satu pohon yang mudah dijumpai di Indonesia. Pada umumnya, pembudidayaan pohon karet bertujuan untuk diambil hasil getahnya. Namun seiring waktu, batang pohon kayu ini pun bergeser untuk kebutuhan furniture.

Jenis kayu ini memiliki getah yang banyak sehingga minyak dalam kayu karet pun juga banyak. Agar dapat digunakan dengan baik, sebelum digunakan sebagai rangka furniture maka perlu di open terlebih dahulu agar tidak muncul jamur blue stain. Atau Anda dapat mengaplikasikan terlebih obat anti jamur kayu karet sebelum kayu diopen.

Obat Anti Jamur Kayu Karet Untuk Menghilangkan Jamur Pada Furniture Dapur

Kayu karet pada awal ditebang atau dibelah memiliki tampilan warna kekuningan sepertii kayu jati, namun lama-kelamaan warna kayu tersebut lebih kecoklatan. Minyak pada kayu karet ini lah yang menyebabkan kayu cepat menjadi kecoklatan, karena kandungan minyak yang banyak pada pohon karet maka pastikan kayu tersebut benar-benar kering ketika akan digunakan.

Kayu karet apabila disimpan atau digunakan dalam keadaan basah dapat menimbulkan jamur blue stain. Jamur ini menyerang warna serat kayu karet sehingga akan mengganggu tampilan dari kayu tersendiri. Jika kayu ini sudah terserang jamur blue stain biasanya sudah tidak digunakan lagi karena sangat sulit dihilangkan.

Namun, Anda dapat mencegahnya dengan mengaplikasikan obat anti jamur kayu karet sebelum kayu tersebut di open. Cara yang sering digunakan adalah direndam atau divakum. Cara rendam memang sangat mudah dilakukan dan tidak memakan biaya yang banyak, cara ini sangat cocok digunakan oleh industri kecil atau DIY. Sedangkan vakum, maka Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit selain itu juga memerlukan ketelitian. Pada umumnya, cara ini sering digunakan oleh industri makro atau pabrik.

Obat Anti jamur kayu karet yang efektif untuk mengatasi jamur pada kayu adalah pestisida. Jenis pestisida yang bagus untuk mencegah timbulnya jamur adalah fungisida. Atau Anda dapatĀ  menggunakan permethrine yang diformulasikan untuk kayu yang terserang jamur dengan kandungan pestisida seperti fungisida dan bakterisida.

Ruangan yang tertutup dan memiliki kelembaban yang tinggi akan mempermudah jamur tumbuh sehingga akan efektif jika menggunakan obat anti jamur kayu karet sebelum digunakan sebagai rangka furniture atau disimpan.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply