Cara Mengawetkan Kayu Sengon yang Praktis

0
353

Proses pengawetan kayu sengon yang praktis akan dapat berjalan ketika metode cara mengawetkan kayu sengon yang dipilih disesuaikan dengan kemampuan pengrajin.

Kayu sengon merupakan kayu yang cukup banyak dipakai dalam industri pengolahan kayu. Kayu ini mudah didapat karena dapat tumbuh di banyak daerah di Indonesia. Ditambah lagi, siklus pertumbuhannya bisa dibilang cukup cepat. Harganya pun menjadi cukup terjangkau dan dapat dianggap sebagai bahan baku di industri pengolahan kayu yang cukup efisien.

Dalam mengolah kayu sengon, pengrajin perlu menghadapi banyak tantangan. Kayu ini memiliki beberapa kelemahan dalam segi kekuatan dan ketahanannya. Tingkat kekerasan pada kayu ini yang tergoong rendah membuatnya tidak dapat digunakan untuk keperluan konstruksi yang menahan beban berat. Kayu ini juga mempunyai kemungkinan yang terbuka lebar untuk mengalami kerusakan akibat serangan mikro organisme perusak.

Risiko ini akan semakin besar jika proses penyimpanan sebelum memasuki proses produksi dilakukan dengan tidak sesuai standar. Perlakuan semacam itu akan dapat membuat kayu sengin menurun kualitasnya karena rusak atau bahkan cacat dan tidak bisa digunakan sama sekali. Proses pengawetan kayu sebelum kayu sengon diolah adalah hal yang sangat penting. Tahapan ini sebenarnya bisa dilakukan oleh pengrajin dalam skala apapun, termasuk yang berada dalam skala kecil mengingat saat ini banya cara mengawetkan kayu sengon yang dapat dipilih sesuai kemampuan pengrajin.

Mengawetkan kayu sengon

Pilihan cara mengawetkan kayu sengon yang jamak dilakukan diantaranya adalah metode perendaman, pengolesan, penyemprotan dan dengan bantuan mesin vakum. Untuk pengrajin skala kecil, metode yang lebih praktis adalah metode perendaman dan pengolesan. Metode perendaman dilakukan dengan merendam kayu sengon ke dalam bak berisi cairan yang sudah dicampur dengan bahan pengawet. Metode pengolesan sendiri dapat dilakukan dengan mengoleskan cairan yang sudah diberi bahan pengawet ke badan kayu sengon.

Efektivitas metode tersebut ditentukan oleh berbagai macam hal. Pemilihan cara mengawetkan kayu sengon yang praktis akan tetap efektif apabila bahan pengawet yang digunakan memiliki kemampuan tinggi, seperti salah satunya merk Biocide.

 

alterntif text

Leave a Reply