Cara Mengawetkan Kayu Karet Secara Sederhana

0
149

Kayu karet perlu melalui proses pengawetan sebelum diolah. Cara mengawetkan kayu karet ini pun bisa dilakukan dengan mudah melalui metode yang sederhana.

Penggunaan kayu karet untuk dijadikan bahan baku dalam industri pengolahan kayu saat ini cukup banyak dilakukan oleh pengrajin. Kayu ini cenderung lebih mudah untuk didapatkan, terutama di daerah yang memiliki banyak perkebunan karet. Pohon karet yang dianggap sudah tidak produktif lagi biasanya ditebang dan dimanfaatkan untuk pembuatan furniture. Karena itulah, kayu karet menjadi memiliki harga yang relatif terjangkau karena bukan sumber penghasilan utama bagi pemilik perkebunan karet.

Kelebihan kayu karet selain pada kemudahan dalam mendapatkan dan harganya, juga terdapat pada tampilannya. Kayu ini memiliki warna yang cukup cerah. Di setiap bagian perbedaan strukturnya juga tidak mempunyai warna yang berbeda. Tampilan furniture yang menggunakan kayu ini sebagai bahan bakunya pun lebih terlihat bersih. Kayu kaet juga memiliki kekuatan yang cukup memadai untuk dijadikan furniture.

Kayu ini juga tidak mudah melengkung saat digunakan di bagian yang menahan beban. Kelemahan kayu karet justru terdapat pada tingkat ketajanannya yang cenderung rendah. Kayu ini dapat dengan mudah tereserang mikro organisme dan menjadi rusak. Dipelrukan proses pengawetan kayu agar hal tersebut bisa dicegah. Cara mengawetkan kayu karet pun bisa dilakukan dengan mudah melalui proses yang sederhana.

Kayu karet sendiri bisa diawetkan dengan segera sesaat setelah ditebang. Kayu karet bisa langsung direndam dalam cairan yang sudah dicampur dengan bahan pengawet kayu sebelum diolah. Dengan cara mengawetkan kayu karet yang sederhana seperti ini, hasil efektif bisa diperoleh.

Kayu karet yang sudah diawetkan akan dapat bertahan hingga pu;uhan tahun. Salah satu faktor penentu keberhasilan pengawetan kayu karet adalah pada bahan pengawet yang digunakan. Bahan pengawet berkemampuan tinggi seperti Biocide sangat tepat untuk digunakan saat proses ini dilakukan. Berbagai macam gangguan serangan mikroorganisme pun dapat dicegah dengan pemakaian produk ini. Produk BioCide sangatlah ampuh dan perlu dicoba oleh masyarakat yang sedang menghadapi berbagai hama kayu.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply