Cara Mengawetkan Kayu Glugu Yang Simpel

0
229

Pengawetan kayu glugu berfungsi untuk memperrpanjang usia pakai kayu ini sendiri. Agar lebih mudah, perlu dipilih cara mengawetkan kayu glugu yang simpel.

Kenaikan harga beberapa jenis kayu yang dijadikan pilihan utama bagi pengrajin membuat beberapa pelaku industri pengilahan kayu beralih ke kayu jenis lain. Kayu glugu dianggap sebagai kayu yang dapat menggantikan beberapa jenis kayu lain yang mahal karena harga kayu ini cenderung lebih terjangkau. Dibanding kayu jati, harga kayu glugu bisa lebih murah hingga 3 kalinya. Meskipun begitu, kayu glugu tetap dapat diandalkan untuk bahan pembuatan furniture dan digunakan untuk konstruksi atap rumah.

Karakteristik dari kayu glugu sendiri sebenarnya cukup menarik untuk digunakan sebagai bahan kerajinan. Kayu ini memiliki tampilan serat yang cukup khas dan akan terlihat unik apabila ditampilkan pada produk furniture. Sayangnya, kayu glugu ini mudah melengkung dan tidak disarankan untuk dipasang sebagai penyangga beban berat. Kayu glugu yang kekuatannya maksimal hanya yang berusia cukup tua, lebih dari 30 tahun. Kayu glugu yang lebih muda selain tidak terlalu kuat juga sangat rentan terkena kerusakan akibat serangan mikro organism perusak. Kayu ini memiliki ketahanan yang cukup rendah dan harus melewati proses pengawetan kayu sebelum diolah. Proses ini dapat berjalan dengan lebih mudah jika cara mengawetkan kayu glugu menggunakan metode yang praktis.

Untuk membuat kayu glugu lebih tahan dari kerusakan, proses pengawetan kayu glugu perlu dijalankan setelah kayu ditebang. Cara mengawetkan kayu glugu ini sendiri dapat dilakukan oleh pengrajin dengan metode yang sederhana, misalnya dengan memberikan bahan pengawet yang dicampurkan ke air. Pemberian larutan ini bisa dilakukan dengan perendaman kayu. Selain itu, cairan pengawet bisa juga diberikan dengan cara mengoleskannya dengan kuas ke badan kayu glugu.

Penggunaan bahan pengawet kayu juga penting disampeing pemilihan metode cara mengawetkan kayu glugu. Bahan pengawet yang berkualitas seperti Biocide akan dapat membuat proses pengawetan kayu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan membuat kayu lebih awet.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply