Cara Mengawetkan Kayu Glugu Yang Cepat

0
120

Kayu glugu yang rentan kerusakan perlu diawetkan. Proses ini pun dapat dilakukan dengan efisien karena cara mengawetkan kayu glugu bisa dilakukan dengan cepat.

Kayu glugu saat ini menjadi cukup banyak digunakan dalam industri pengolahan kayu karena harganya yang cukup terjangkau. Dibandingkan kayu jati, harga kayu glugu bisa sepertiganya sehingga kayu ini menjadi alternatif yang baik untuk menghasilkan produk yang lebih efisien. Kayu glugu sendiri memiliki tampilan yang bisa dibilang unik dan akan sangat menarik apabila diperlihatkan pada permukaan furniture. Selain itu, kayu glugu juga bisa digunakan sebagai bahan material untuk konstruksi atap rumah. Kayu glugu dengan kualitas bagus juga bisa memiliki kekuatan yang memadai.

Akan tetapi, ada beberapa kelemahan kayu glugu yang menuntut perhatian dari pengrajin. Kayu glugu harus dipilih yang berusia tua, paling tidak berusia lebih dari 30 tahun. Kayu glugu yang berusia tua bisa memiliki kekuatan untuk menahan beban dalam kosntruksi rumah. Jika kayu yang dipilih berusia lebih muda, resiko kayu melengkung akan semakin besar. Disamping itu, kayu glugu yang usianya muda juga sangat mudah mengalami kerusakan akibat serangan mikro organisme perusak. Tingkat ketahanan kayu glugu bisa dibilang cukup rawan akan gangguan tersebut. Maka dari itu, proses pengawetan kayu glugu menjadi sangat penting untuk dilakukan. Pengrajin sebenarnya tidak perlu khawatir akan proses ini, karena cara mengawetkan kayu glugu dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Ada beberapa cara mengawetkan kayu glugu yang bisa dipilih oleh pengrajin. Untuk proses yang lebih efisien secara waktu, bisa dipilih metode pengolesan. Caranya, kayu glugu dioleskan dengan cairan yang sudah dicampur bahan pengawet kayu pada bagian badan kayunya melalui metode kuas atau semprot. Setelah itu, diamkan selama beberapa laam hingga semua cairan pengawet dianggap sudah meresap dan bekerja sempirna.

Agar proses ini bisa berhasil membuat kayu glugu menjadi lebih tahan lama, diperlukan bahan pengawet kayu yang bekerja maksimal seperti Biocide. Dengan pemilihan cara mengawetkan kayu glugu yang cepat dan praktis sekalipun, kayu glugu tetap bisa menjadi memiliki usia pakai yang lebih panjang.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply