Cara Mengawetkan Kayu Glugu Melalui Berbagai Metode

0
151

Untuk memperpanjang usia pakai kayu glugu, dipelrukan proses pengawetan yang memadai. Cara mengawetkan kayu glugu sendiri dapat dilakukan dengan berbagai macam metode sesuai dengan kemampuan pengrajin.

Dampak dari tingginya harga beberpa jenis kayu lain yang menjadi favorit di pasaran, membuat beberapa pengrajin mulai beralih ke kayu glugu. Kayu ini dianggap menjadi salah satu jenis kayu yang masih memiliki harga yang terjangkau. Kegunaan kayu glugu bisa dipakai sebagai bahan penyangga pada konstruksi atap rumah. Untuk dijadikan sebagai bahan baku furniture sekalipun, kayu glugu tetap layak untuk digunakan karena memiliki tampilan serat yang cukup unik.

Dalam mengolah kayu glugu, pengrajin perlu memperhatikan beberapa hal. Kayu glugu tidak boleh digunakan secara melintang dengan menahan beban yang terlalu berat karena kayu ini mudah melengkung. Untuk digunakan sebagi konstruksi rumah, kayu glugu harus dipilih yang berusia tua, karena hanya kayu glugu yang berusia tua yang kekuatannya memadai. Kayu glugu yang belum berusia tua juga sangat rawan terkena kerusakan akibat pengaruh biologis seperti serangan mikroorganisme. Untuk menjamin ketahanannya, dipelrukan proses tambahan pengawetan kayu agar kayu ini menjadi memiliki masa usia pakai yang lebih panjang. Cara mengawetkan kayu glugu ini sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengrajin itu sendiri.

Sebelum diolah menjadi berbagai produk kerajinan atau dijadikan material konstruksi rumah, kayu glugu perlu diawetkan. Ada beberapa cara mengawetkan kayu glugu yang dapat dipilih. Cara pertama adalah proses perendaman yang dilakukan dengan merendam kayu glugu dengan larutan yang sudah dicampur dengan bahan pengawet kayu. Cara lain bisa dilakukan dengan mengoleskan cairan serupa ke tubuh kayu glugu dengan sistem kuas atau semprotan. Kayu glugu perlu didiamkan beberapa lama agar cairan pengawet dapat meresap sempurna.

Efektivitas dari cara mengawetkan kayu glugu tersebut sangat dipengaruhi oleh bahan pengawet yang digunakan. Bahan pengaweet kayu seperti Biocide yang berkualitas tinggi akan dapat menjamin keberhasilan proses pengawetan kayu glugu yang dilakukan oleh pengrajin.

alterntif text

Leave a Reply