Cara Mengawetkan Kayu Bambu Dengan Lebih Praktis

0
74

Bambu sangat perlu untuk melewati proses pengawetan. Untuk menjalankan tahapan ini, bisa dipilih cara mengawetkan kayu bambu dengan metode yang praktis.

Bambu merupakan material yang sudah sangat familiar di kehidupan kita. Tumbuhan jenis ini sudah banyak dimanfaatkan untuk keperluan pembuatan berbagai benda yang dibutuhkan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Material ini mudah didapat di banyak tempat yang membuatnya mudah untuk ditemui. Selain itu, bambu juga memiliki sifat yang cocok dengan kebutuhan manusia akan keperluan hidupnya.

Siklus pertumbuhan bambu termasuk cepat, tidak dibutuhkan waktu yang lama bambu sudah bisa dipanen untuk dimanfaatkan. Bambu pun bisa digunakan sebagai bahan pembuatan banyak produk seperti, peralatan rumah tangga, kerajinan, dekorasi, furniture hingga dalam pembuatan rumah. Hal ini karena bambu memiliki sifat yang keras namun tetap fleksibel. Selain dimanfaatkan dalam bentuk batangan, serat bambu juga bisa dijadikan bahan pembuatan produk tertentu.

Bambu memiliki tampilan yang sangat khas dan akan terlihat alami jika digunakan. Kelebihan bambu pada tingkat kekerasannya juga berdampak pada kakuatannya. Meskipun begitu, bambu sebenarnya cukup rentan terkena berbagai dampak kerusakan akibat serangan mikro organism. Hal ini dapat membuat usia pakai bambu menjadi lebih pendek. Pengrajin bisa mengatasi keadaan semacam ini dengan mengawetkan kayu bambu sebelum diolah. Proses ini pun bisa dilakukan sendiri karena ada beberapa cara mengawetkan kayu bambu yang bisa dipilih.

Untuk kalangan pengrajin kecil, proses pengawetan kayu bambu tetap bisa dilakukan secara praktis. Cara mengawetkan kayu bambu yang lebih praktis bisa dilakukan dengan metode pemberian cairan yang sudah dicampur dengan bahan pengawet kayu ke badan bambu. Metode ini bisa dilakukan dengan merendam bambu pada larutan tersebut atau mengoleskan cairan pengawet dengan cara dikuas atau disemprot.

Untuk bahan pengawet yang digunakan sendiri, bisa menggunakan bahan pengawet kayu yang beredar di pasaran seperti Biocide. Pemilihan cara mengawetkan kayu bambu yang praktis akan tetap menghasilkan kualitas bambu yang lebih tahan lama jika bahan pengawetnya memiliki kemampuan yang maksimal.

 

alterntif text

Leave a Reply