Cara Mengawetkan Kayu Bambu Dengan Biocide

0
79

Supaya bambu bisa digunakan lebih lama, dibutuhkan proses pengawetan dengan cara mengawetkan kayu bambu menggunakan Biocide.

Sebagai salah satu material yang sudah digunakan manusia sejak ribuan tahun yang lalu, bambu tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Bahan ini sangat banyak ditemui untuk digunakan sebagai material pembuatan banyak perangkat hidup. Bambu bisa dimanfaatkan sebagai benda perlengkapan manusia, produk kerajinan, furniture hingga pada konstruksi rumah. Kemudahan dalam mendapatkan bahan ini menjadi salah satu aslasan mengapa bambu masih sangat banyak digunakan hingga masa sekarang ini.

Ada beberapa alasan yang membuat bambu cocok digunakan sebagai material dasar pembuatan berbagai produk. Bambu memiliki siklus panen yang cukup cepat sehingga keberadaannya mudah didapat dan membuat harganya juga cukup terjangkau. Benda ini juga cukup elastic sehingga bisa dimanfaatkan untuk produk kerajinan yang membutuhkan kelenturan. Daya tahan bambu juga bisa bertahan selama beberapa tahun, dengan catatan apabila diperlakukan dengan benar. Jika tidak melalui proses yang benar, bambu bisa mengalami kerusakan dalam waktu singkat.

Kerusakan bambu bisa disebabkan oleh berbagai sumber, seperti serangan mikro organisme perusak. Karena itulah, pengawetan bambu menjadi langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan bambu dapat berumur panjang. Cara mengawetkan kayu bambu ini sendiri bisa berjalan dengan efektif ketika menggunakan media bahan pengawet yang berkualitas.

Untuk mengawetkan bambu, ada beberapa metode yang bisa dipilih pengrajin. Pilihan cara mengawetkan kayu bambu ini perlu disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan pengrajin. Untuk pengrajin yang berskala kecil, metode yang lebih mudah seperti perendaman bisa dipilih. Metode ini dilakukan dengan cara merendam bambu dalam cairan yang sudah dicampur bahan pengawet kayu. Cairan ini bisa juga dioleskan ke badan bambu. Untuk skala yang lebih besar, proses ini bisa dilakukan dengan bantuan mesin.

Pengawetan bambu sendiri akan menghasilkan kualitas yang memuaskan apabila menggunakan bahan pengawet seperti Biocide. Produk ini memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur untuk menghambat pertumbuhan mikto organism perusak. Dengan cara mengawetkan kayu bambu melalui semua metode di atas, hasil bambu yang lebih awet akan diperoleh.

alterntif text

Leave a Reply