Cara Mengawetkan Kayu Akasia Yang Praktis

0
527

Kualitas kayu akasia akan lebih terjaga apabila dilakukan pengawetan dengan cara mengawetkan kayu akasia yang praktis.

Keberadaan kayu jati yang semakin sulit didapat dan berharga mahal membuat para pengrajin kayu mulai beralih ke kayu akasia. Kayu akasia mempunyai warna yang terlihat cukup mirip dengan kayu jati. Kekerasan kayu akasia juga bisa dibilang mencukupi untuk keperluan pembuatan furniture. Disamping itu, kayu ini tentunya memiliki harga yang lebih terjangkau dan lebih mudah didapat di beberapa tempat.

Para pengrajin yang beralih ke kayu akasia tidak bisa langsung memperlakukannya seperti kayu jati. Kayu akasia memepunyai beberapa kelemahan. Arah seratnya seringkali tidak searah dan menyulitkan saat proses pengolahan. Kayu ini juga cuku berisiko terkena kerusakan dari serangan mikro organism perusak. Kemungkinan ini akan semakin terbuka lebar terutama jika proses penyimpanan tidak dilakukan secara benar. Kayu akasia perlu melalui proses pengawetan sebelum diolah untuk menghindari berbagai macam kerusakan yang mungkin akan terjadi. Sebenarnya cara mengawetkan kayu akasia bisa dilakukan dengan mudah, asalkan menggunakan bahan pengawet yang tepat.

Mengawetkan kayu akasia

Dalam usaha untuk mengolah kayu menjadi berbagai macam produk kerjainan termasuk furniture, kualitas bahan baku tentunya perlu dipastikan selalu berada dalam kondisi terbaik. Hal tersebut cukup sulit dilakukan karena kayu sendiri meemiliki kemungkinan untuk terkena berbagai kerusakan yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, apalagi untuk kayu akasia karena kayu ini memiliki risiko tinggi untuk hal tersebut. Pengawetan kayu menjadi solusi untuk mengatasi keadaan semacam ini. Proses ini pun bisa berjalan deengan baik apabila memilih cara mengawetkan kayu akasia yang disesuaikan dengan kemampuan pengrajin.

Pemakaian bahan pengawet yang tepat seperti Biocide akan memudahkan pengrajin dalam mengawetkan kayu akasia. Produk ini bisa diaplikasikan dengan berbagai macam metode cara mengawetkan kayu akasia. Metode tersebut diantaranya adalah perendaman, pengolesan dan penyemprotan. Bahkan jika skalanya lebih besar, pengawetan kayu akasia bisa dilakukan dengan banyuan mesin vakum.

alterntif text

Leave a Reply