Inilah Cara Perawatan Mebel Kayu Mahoni Yang Tepat

0
477

Dengan perawatan yang tepat dan penanganan yang baik, mebel kayu mahoni dapat menjadi suatu investasi dan dapat diwariskan ke generasi berikutnya. Butuh pengawet kayu mahoni yang berkualitas untuk mewujudkannya.

Sebelum membeli mebel kita harus mempertimbangkan beberapa hal, yakni terutama kualitasnya. Untuk mengetahui bahwa sebuah mebel kayu berkualitas adalah dengan cara melihat jenis kayu yang digunakan, konstruksi mebel itu dibangun, dan sentuhan akhirnya atau finishing yang diaplikasikan. Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku sangat mempengaruhi umur mebel.

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mebel kayu, ketahuilah apakah mebel tersebut dibentuk dari kayu keras. Pada umumnya mebel produksi Indonesia yang berbahan dasar kayu keras yang dikeringkan seperti jati, mahoni, merbau, kamfer, bingkirai dan sejenisnya, dapat dibentuk menjadi mebel yang berkualitas baik dan berumur panjang.

Mebel berbahan kayu mahoni (Swietenia mahagoni) mempunyai serat yang indah dan tekstur permukaan yang sangat halus, walaupun dengan kualitas finishing yang standart. Mahoni termasuk kayu dengan kelas awet III dan kelas kuat II, III. Mebel berbahan kayu mahoni tidak cocok untuk out door, mebel dari kayu mahoni yang relatif muda, sangat rentan terhadap gangguan hama kayu, untuk hal itu jenis mebel berbahan kayu mahoni disarankan sering dibersihkan dan sesekali disemprot dengan obat anti hama kayu. Bahan pengawet kayu mahoni anti hama kayu, saat ini sudah tersedia dipasaran dengan kualitas yang baik dan ramah lingkungan. Apa saja langkah perawatan yang harus dilakukan pada mebel mahoni?

Pertama, Perhatikan Jenis Kayu dan Suhu Yang Ekstrim

Baik menggunakan bahan kayu jati, nyatoh, merbau, ataupun mahoni semua jenis mebel kayu memerlukan sebuah perawatan yang konstan dan memadai. Mebel dari kayu harus dijaga dari suhu yang ekstrim, sinar matahari langsung, debu dan kelembaban. Kelembaban pada ruangan yang berlebihan serta kekeringan dapat merusak kayu. Paparan dari sinar matahari langsung dapat mengubah warna mebel kayu. Sinar matahari langsung bisa membuat pudar dan memutih dan bercak yang terlihat tentu memberi pengaruh noda dan cat di permukaannya. Selain itu peletakkan yang dekat dengan tanah dan jarang dibersihkan mengundang rayap kayu.

Kedua, Gunakanlah Pengawet Kayu BioCide Insecticide

Serangan rayap bisa dikategorikan sangat ganas, hal ini harus dilawan dengan pengawet yang efektif mencegah rayap memakan kayu. Biocide Insecticide merupakan produk pengawet kayu untuk mencegah serangan ganas berbagai jenis rayap dengan system kontak lambung. Produk dengan kemasan 130 gram ini efektif mengantisipasi serangan kumbang bubuk kayu, semut, kutu, nyamuk, rayap, dll. Bahan aktif dari obat ini adalah Cypermethrine 100 EC. Produk tersebut dapat mengawetkan berbagai jenis kayu, rotan, bambu, natural fiber, terutama kayu olahan ataupun kayu berumur muda.

Keunggulan pengawet kayu mahoni BioCide Insecticide  ialah produk ini diformulasikan khusus untuk kebutuhan industri (woodworking) dan konstruksi bangunan. Efektif dan efisien memcegah kumbang bubuk, kutu, rayap, nyamuk, thether (thothor), kecoa dll. Memiliki spektrum organisme target luas. Aman dan ramah lingkungan.

 

alterntif text

Leave a Reply