Teknik Merawat Kayu Karet Agar Memiliki Keawetan 2 Kali Lipat

0
195

Kayu karet termasuk dalam kelas awet V (keawetan sangat rendah) yang berarti bila kayu digunakan pada tempat yang berhubungan dengan tanah lembab, ketahanannya kurang dari 1,5 tahun. Maka butuh pengawet kayu karet dengan stabilitas tinggi.

Kayu karet yang tidak diawetkan mengalami serangan serangga pada semua tingkat pengolahan yaitu dari kayu yang belum digergaji sampai produk akhir. Diantara serangga yang menyerang kayu karet adalah kumbang ambirosa dan rayap kering maupun rayap tanah.Walaupun mempunyai keawetan yang sangat rendah dengan kelas kuat II dan III serta berat jenis rata-rata 0,61 kayu karet dapat dipakai sebagai bahan bangunan dan bantalan kereta api jika diadakan usaha-usaha untuk memperpanjang umur pakainya melalui proses pengawetan.Kayu karet ini termasuk jenis kayu yang mudah diawetkan artinya mudah untuk dimasuki bahan pengawet sekalipun dengan metode sederhana seperti perendaman.  Keawetan yang dapat tergantung jenis bahan pengawet yang dimasukkan kedalam kayu (kg/m2 ) serta metode yang digunakan.

Rayap perusak kayu kering berbeda dengan rayap tanah karena seluruh koloninya menghuni kayu, tidak pernah memasuki tanah dan tidak memerlukan lembab dari luar selain lembab yang berasal dari kayu yang ditempatinya. Makanan utamanya adalah kayu dan bahan-bahan lainnya yang mengandung selulosa seperti sabut kelapa, rumput, kertas dan sebagainya. Rayap kering tidak mudah untuk dideteksi karena hidupnya terisolasi didalam sarang pada kayu yang diserangnya.

Pengawet Kayu Karet

Tanda-tanda adanya serangan rayap jenis ini umumnya dapat diketahui dari kotoran-kotoran mereka yang dibuang keluar sarangnya. Ekskreta ini berupa butiran-butiran halus, kecoklat-coklatan yang disebut pellet dan berbentuk silinder bersegi enam dengan ujung-ujungnya bulat. Serangan rayap kayu kering dapat menyebabkan rongga-rongga yang tidak teratur di dalam kayu dengan meninggalkan lapisan yang tipis pada permukaan kayu. Hal ini menyebabkan tidak tampaknya serangan tetapi dengan tekanan yang sedikit saja kayu tersebut akan rusak. Mengatasi serangan yang mematikan ini terhadap kayu karet yang belum jadi atau berupa furniture kayu karet, perlu dilakukan treatment menggunakan pengawet kayu karet stabilitas tinggi.

BioCide Insecticide Dengan Berbagai Kemampuan Yang Dimiliki

Untuk meningkatkan kualitas kayu karet, BioCide Insecticide dapat menjadi bahan penghilang rayap atau serangga lainnya. Obat ini efektif mengatasi munculnya berbagai jenis serangga  dan rayap, serangga atau kumbang bubuk, kecoa, nyamuk, rayap, dan serangga perusak kayu lainnya. Untuk pemeliharaan bangunan dan gedung, produk pengawet kayu mahoni tersebut cukup di siramkan pada pojok-pojok lantai dapat diaplikasian dengan system vakum tekan, spray, kuas, hingga rendam. Begitu juga jika ingin mengaplikasikan pada kursi, meja atau perabot kayu karet di rumah Anda

Biocide Insecticide merupakan produk bahan kimia yang dapat menyebabkan keracunan dan iritasi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,  diwajibkan membaca petunjuk terlebih dahulu. Cukup ikuti langkah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pertama, larutkan bahan pengawet dengn konsentrasi 0,1 -0,2 %. Kedua, jaga PH larutan baik saat digunakan maupun disimpan. PH yang baik untuk larutan ini adalah di bawah 7. Produk ini memiliki stabiolitas tinggi hingga mencapai 2 tahun perlindungan.

Pengawet Kayu Karet

Bahan Pengawet Yang Dapat Meningkatkan Sifat Mekanis Kayu karet

Pengawet kayu karet BioCide Insecticide ini dapat membantu menguatkan sifat mekanis kayu karet. Artinya dengan terhindarnya kayu karet dari serangan hama perusak, umur pakai akan lebih panjang dan dapat memiliki keawetan 2 kali lipat. Sifat mekanis kayu karet atau kekuatan kayu ialah kemampuan kayu karet untuk menahan muatan dari luar. Kekuatan kayu karet dan model kontruksi memegang peranan penting dalam penggunaan kayu karet  untuk mebel sehingga pengawet untuk kayu dan kayu karet mutlak dibutuhkan. Hubungi kontak yang tertera pada website ini untuk pengetahuan lebih jauh dan pemesanan produk. Atau Anda dapat langsung menghubungi costrumer service via WhatsApp (WA) dan sms ke no. 0821-6760-0693  atau 0821-6760-0692. Atau melalui marketplace www.bukalapak.com/biodiana, www.tokopedia.com/dianarika25, dan www.shopee.co.id/biopaint.cs105.

alterntif text

Leave a Reply