Pemanfaatan Pengawet Kayu Glugu Untuk Industri Perkayuan

0
121

Kebutuhan kayu yang tinggi saat ini mengarahkan industri kayu untuk memakai bahan alternatif seperti kayu glugu. Untuk membuat kayu jenis ini memiliki peforma yang tinggi butuh pengawet kayu glugu yang diformulasikan khusus untuk industri woodworking.

Semakin meningkatnya penduduk, rumah hunia yang berbahan kayu semakin meningkat. Begitupun halnya dengan peningkatan industri perkayuan di indonesia, seiring dengan pengembangan kawasan-kawasan hunian lebih lanjut akan memacu meningkatnya kebutuhan penggunaan perabotan berbahan dasar kayu. Sedangkan ketersediaan kayu di hutan baik jumlah ataupun kualitasnya semakin berkurang.

Pengawet Kayu Glugu

Menurut Kementrian Lingkungan Hidup (2007), kebutuhan kayu nasional saat ini 57,1 juta m3 pertahun dengan kemampuan hutan dan hutan tanaman untuk menyediakannya sebesar 45,8 juta m3 pertahun. Dengan kondisi tersebut, terjadi defisit kebutuhan kayu sebesar 11,3 juta m3 pertahun sehingga mendorong dikembangkanya produk komposit sebagai alternatif dalam pemenuhan kebutuhan kayu industri hasil hutan. Salah satu alternatif untuk mengatasi permintaan kebutuhan kayu sebagai bahan dasar produk-produk industri adalah dengan cara mengganti kayu komersil dengan kayu yang tersedia melimpah di hutan rakyat. Bahan pengganti itu ialah kayu glugu, selain memiliki serat indah kayu glugu dapat ditingkatkan sifat mekanisnya dengan pengawetan.

Salah satu teknologi tepat guna yang sudah berhasil dikembangkan adalah pengolahan kayu glugu menjadi bahan bangunan/mebel ialah pengawetan. Industri kayu dapat  memanfaatkan bahan pengawet kayu glugu agar menambah umur pakai dan meningkatkan kekuatan. Efisiensi penggunaan bahan pengawet sebagai salah satu inovasi produk kayu glugu dapat dilakukan dengan metode rendam, selain lebih ekonomis agar manfaat dan nilai jual yang lebih tinggi. Sehingga kayu glugu memiliki potensi untuk dijadikan bahan baku bangunan/mebel.

Kenapa Industri Perkayuan Harus Memnfaatkan Kayu Glugu dan Mengawetkannya?

Kayu glugu dapat difungsikan lebih baik apabila melaui pengawetan yang berkualitas. Indsutri perkayuan akhir-akhir ini menggunakan kayu glugu alasannya ialah selain murah, apabila diawetkan kayu jenis ini memiliki peforma yang tinggi. Untuk meningkatkan kualitas kayu glugu, BioCide Insecticide dapat menjadi bahan penghilang rayap atau serangga lainnya. Obat ini efektif mengatasi munculnya berbagai jenis serangga  dan rayap, serangga atau kumbang bubuk, kecoa, nyamuk, rayap, dan serangga perusak kayu lainnya. Untuk pemeliharaan bangunan dan gedung, produk pengawet kayu mahoni tersebut cukup di siramkan pada pojok-pojok lantai dapat diaplikasian dengan system vakum tekan, spray, kuas, hingga rendam.

Selain itu, jika kayu glugu sudah menjadi perabot atau kerangka bangunan di rumah, bisa juga produk ini untuk perawatan bangunan. Bisa diaplikasikan dengan spray atau disemprotkan di pojok-pojok ruangan. Cukup ikuti langkah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pertama, larutkan bahan pengawet dengn konsentrasi 0,1 -0,2 %. Kedua, jaga PH larutan baik saat digunakan maupun disimpan. PH yang baik untuk larutan ini adalah di bawah 7.

Pengawet Kayu Glugu

Bahan Pengawet Yang Dapat Meningkatkan Sifat Mekanis Kayu

Pengawet kayu glugu BioCide Insecticide ini dapat membantu menguatkan sifat mekanis kayu glugu. Artinya dengan terhindarnya kayu dari serangan hama perusak, umur pakai akan lebih panjang. Sifat mekanis kayu atau kekuatan kayu ialah kemampuan kayu untuk menahan muatan dari luar. Yang dimaksud dengan muatan dari laur ialah gaya-gaya di luar benda yang mempunyai kecenderungan untuk mengubah bentuk dan besarnya benda. Kekuatan kayu glugu memegang peranan penting dalam penggunaan kayu untuk bangunan, dan untuk mendongkrak kualitas krangka bangunan/mebel yang dihasilan indsutri kayu/pengrajin. Hubungi kontak yang tertera pada website ini untuk pemesanan. Atau Anda bisa juga menghubungi nomor 0821-6760-0693 atau 0821-6760-0692. Dan marketplace www.bukalapak.com/biodiana, www.tokopedia.com/dianarika25, dan www.shopee.co.id/biopaint.cs105.

alterntif text

Leave a Reply