Kenapa Kita Membutuhkan Pengawet Kayu Untuk Kayu Sengon?

0
276

Pengawet Kayu KelapaDari hasil identifikasi jenis kayu yang mempunyai keawetan tinggi hanya sedikit, maka perlu dilakukan pengawetan pada kayu-kayu yang mempunyai kelas awet rendah. Saat ini marak dilakukan pengawetan dengan bahan pengawet kayu yang berkualitas.

Saat ini jumlah ketersediaan kayu hutan solid semakin berkurang. Ketidak seimbangan antara jumlah kayu yang tersedia dengan kebutuhan kayu membuat konsumen harus menggunakan kayu dari jenis yang cepat tubuh, dan tersedia dalam jumlah yang banyak, salah satunya adalah kayu sengon. Kayu sengon bisa digunakan sebagai bahan bangunan, kayu lapis, peti kemas, korek api, pulp, dan mebel sederhana. Kayu sengon adalah jenis kayu lunak, dalam artian kayu ini jika dipegang terasa empuk hampir mirip dengan kayu randu atau kapuk.

Sengon menghasilkan kayu yang ringan sampai agak ringan, dengan densitas 320–640 kg/m³ pada kadar air 15%, agak padat, berserat lurus dan agak kasar, namun mudah dikerjakan. Kekuatan dan keawetannya digolongkan ke dalam kelas kuat III–IV dan kelas awet III–IV. Selain karena keawetan yang rendah, kayu ini juga mudah terserang oleh rayap karena makanan utamanya adalah kayu yang banyak mengandung selulosa.

Kurang lebih terdapat 200 jenis rayap yang telah dikenal di Indonesia, salah satunya adalah rayap kayu kering (Cryptotermes cynocephalus Light). Rayap jenis ini suka menyerang kayu lunak seperti kayu sengon. Maka, diperlukan pengawetan terhadap kayu sengon sebelum pemakaian agar diperoleh masa pakai yang lebih lama. Pada akhirnya perlakuan tersebut diharapkan dapat menekan laju konsumsi kayu, khususnya bahan baku kayu untuk bangunan perumahan dan mebel. Untuk menambah keawetan kayu sengon dari serangan rayap dan menambah umur pakai produk, maka perlu dilakukan pengawetan.

Pengawet kayu Anti rayap Yang Ideal Untuk Sengon

Biocide Insecticide merupakan produk pengawet kayu untuk mencegah serangan berbagai jenis serangga dan rayap dengan system kontak lambung. Produk dengan kemasan 130 gram ini efektif mengantisipasi serangan kumbang bubuk kayu, semut, kutu, nyamuk, rayap, dll. Bahan aktif dari obat ini adalah Cypermethrine 100 EC. Produk tersebut dapat mengawetkan berbagai jenis kayu, rotan, bambu, natural fiber, termasuk sengon.

BioCide Insecticide dapat diaplikasikan dengan system spray, pipa injeksi, vakum tekan, hingga perendaman. Bahan pengawet kayu tersebut cocok digunakan oleh industri pengolahan kayu yang akan dikirim ke tempat lain maupun dijadikan bahan baku lainnya. Produk ini hadir dalam berbagai keunggulan.

Keunggulan BioCide Insecticide  (Anti Serangga dan Rayap)

  1. Diformulasikan khusus untuk kebutuhan industri (woodworking) dan konstruksi bangunan.
  2. Efektif dan efisien memcegah kumbang bubuk, kutu, rayap, nyamuk, thether (thothor), kecoa dll.
  3. Memiliki spektrum organisme target luas.
  4. Aman dan ramah lingkungan.
  5. Dapat dilarutkan dengan air (ekonomis)
  6. Stabilitas atau masa aktif sampai 2 tahun.

Jika Anda tertarik dengan poduk pengawet kayu anti rayap ini, segera aplikasikan dengan menghubungi kontak  yang tertera pada website ini untuk pemesanan.

alterntif text

Leave a Reply