Hal Hal Yang Perlu Diketahui Kenapa Papan Komposit Membutuhkan Pengawet Kayu

0
193

Semakin terbatasnya bahan baku kayu, inovasi untuk menghasilkan papan komposit berkualitas tinggi dengan memanfaatkan bahan baku berkualitas rendah perlu terus dilakukan. Dengan adanya pengawet kayu yang berkualitas, keawetan papan komposit tidak perlu diragukan.

Comply adalah salah satu jenis papan komposit yang memiliki kekuatan cukup tinggi akibat adanya lapisan finir yang memiliki kekuatan tarik tinggi pada kedua permukaannya. Namun, dikarenakan suplai bahan baku kayu berdiameter besar yang merupakan bahan baku pembuatan finir semakin menurun, maka perlu dicari bahan yang dapat mensubstitusi finir tersebut dan dapat dibuat dari bahan baku berkualitas rendah.

Pengawet Kayu

Banyak penelitian telah dilakukan, menunjukkan bahwa penggunaan bahan pelapis dari berbagai jenis karton dan kertas dapat meningkatkan sifat fisik dan mekanis papan. Karton dan kertas dapat dibuat dari bahan baku berkualitas rendah seperti log diameter kecil, limbah, produk daur ulang, dan bahan lignoselulosa non kayu. Dengan demikian penggunaan lapisan karton atau kertas sebagai bahan subtitusi finir potensial untuk dikembangkan.

Tetapi persoalannya bagaimana ketahanan papan komposit terhadap serangga perusak, khususnya rayap? Sebagai negara kepulauan dengan iklim tropis, Indonesia adalah daerah yang sangat sesuai bagi perkembangan kehidupan rayap. Kerugian yang ditimbulkannya ditaksir mencapai Rp. 2,80 trilyun pada tahun 2000. Mengingat besarnya ancaman kerugian tersebut, maka informasi ketahanan sebuah produk terhadap serangan rayap sangat penting diketahui dan harus menggunakan pengawet kayu.

Kenapa Papan Komposit Atau kayu Olahan Membutuhkan Pengawet Kayu?

Papan komposit berlapis karton dan kertas yang memiliki kandungan selulosa yang tinggi, rentan mengalami serangan rayap, tetapi di sisi lain, penggunaan pengawet kayu sebagai anti rayap dalam pembuatan papan komposit diharapkan dapat menurunkan resiko serangan. Sebagaimana dikemukakan pihak Bioindustries yang memproduksi pengawet kayu BioCide Insecticide, penggunaan produk ini dapat meningkatkan ketahanan kayu terhadap biodeteriorasi (serangan Serangga perusak),  dan meningkatkan kekuatan mekanis.

Lebih Dekat Dengan Anti Rayap BioCide

Biocide Insecticide merupakan produk pengawet kayu untuk mencegah serangan berbagai jenis serangga dan rayap dengan system kontak lambung. Produk dengan kemasan 130 gram ini efektif mengantisipasi serangan kumbang bubuk kayu, semut, kutu, nyamuk, rayap, dll. Bahan aktif dari obat ini adalah Cypermethrine 100 EC. Produk tersebut dapat mengawetkan berbagai jenis kayu, rotan, bambu, natural fiber, dll.

Pengawet kayu BioCide Insecticide dapat diaplikasikan dengan system spray, pipa injeksi, vakum tekan, hingga perendaman. Bahan pengawet kayu tersebut cocok digunakan oleh industri pengolahan kayu yang akan dikirim ke tempat lain maupun dijadikan bahan baku lainnya. Produk ini hadir dalam berbagai keunggulan yang harus segera Anda buktikan pada kayu komposit Anda. Baik untuk industri maupun perorangan. Biocide Insecticide dapat dipesan melalui wa & sms di 0821-6760-0693 atau 0821-6760-0692.

alterntif text

Leave a Reply