Pengawetan Bambu Laminasi dengan BioCide Wood Fungicide

0
330

Pengawetan bambu laminasi bertujuan untuk mencegah timbulnya blue stain. Produk yang dibutuhkan adalah BioCide Wood Fungicide.

Trend bambu laminasi sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia pun, banyak yang sudah menggunakannya. Laminasi bambu diciptakan sebagai sebuah innovasi baru dalam industry perkayuan. Tujuannya menarik konsumen agar tertarik terhadap bambu kembali. Tampilan bambu yang lebih modern cocok untuk membuat dekorasi rumah ramah lingkungan.

pengawetan bambu laminasi

Bambu memang sudah digadang-gadang sebagai pengganti kayu. Sehingga, populasi hutan di dunia dapat terselamatkan. Berbeda dengan kayu, bambu tidak membutuhkan waktu lama untuk tumbuh sempurna. Dalam waktu 3 hingga 5 tahun, bambu sudah bisa ditebang dan diolah menjadi bahan baku. Akan tetapi, pohon beruas ini tidak memiliki daya tahan yang cukup kuat. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan obat pengawetan bambu laminasi.

Apa yang Terjadi bila Pengawetan Bambu Laminasi Diabaikan?

Daya tahan bambu masih jauh di bawah kayu. Keberadaannya juga menjadi sasaran serangga dan jamur. Blue stain merupakan jenis jamur susbtrat yang sering menyerang bambu. Hal ini disebabkan karena tumbuhan ini memiliki kadar air yang cukup tinggi. Jamur blue stain menyebabkan cacat warna pada bambu. Hama ini merusak tampilan dengan menimbulkan warna biru atau hitam.

cacat warna bambu

Cacat warna pada kayu atau bambu dapat menyebabkan industry mengalami kerugian. Dengan adanya noda jamur tersebut, harga jual bambu olahan menjadi turun. Bahkan turunnya harga hingga mencapai 50% atau tidak laku sama sekali. Adanya blue stain juga membuat bambu tidak lolos regulasi dan karantina. Regulasi dan karantina harus dilewati bila industry ingin melakukan ekspor barang. Jadi, itulah mengapa pengawetan bambu laminasi sangat penting dilakukan.

Hindari Kerugian Besar dengan Obat Anti Jamur BioCide Wood Fungicide

Pengawetan pada bambu bisa dilakukan dengan BioCide Wood fungicide. Cara pemakaiannya bisa dimulai sejak awal. Sesaat setelah ditebang, bekas potongan bambu harus segera diolesi dengan obat anti blue stain ini. Cara ini bisa dilakukan dengan kuas dan kain. Selanjutnya, proses treatment dilakukan melalui perendaman. Dalam tahap ini, bambu bisa dalam bentuk log dan bilahan.

biocide wood fungicide
BioCide Wood Fungicide

BioCide Wood Fungicide tidak hanya membuat bambu aman dari blue stain. Namun, daya tahannya juga meningkat sampai dua tahun. Ada yang lebih penting lagi dari produk pengawetan bambu laminasi ini. Obat anti jamur ini termasuk dalam produk ramah lingkungan. Sehingga, bahan-bahan yang diawetkan tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Bahan pengawetan bambu laminasi ini dapat digunakan untuk media lain seperti kayu, rotan, dll. Menggunakan obat ini artinya Anda telah membantu menyelamatkan dunia.

alterntif text

Leave a Reply