Manfaat pengawetan Bambu Tidak Hanya Dirasakan Oleh Industry Perkayuan

0
101

Jangan kira manfaat pengawetan bambu hanya berpihak kepada industry saja. Ternyata, dampak baiknya dapat menyelamatkan masa depan kita.

manfaat pengawetan bambu

Sekilas, pengawetan bambu atau kayu terasa kejam bagi organism yang disasarnya. Pasalnya, hama akan mati jika melakukan kontak dengan benda yang diawetkan. Misalnya serangga dan jamur. Sesungguhnya pengawetan itu tidak bermaksud untuk memusnahkan suatu organism. Tujuannya hanya untuk mencegah kehadirannya yang bersifat merusak. Langkah ini pun dilakukan hanya pada bambu yang dijadikan sebagai bahan baku industry.

Jadi, manfaat pengawetan bambu yang utama pasti dirasakan oleh industry. Mereka dapat memproduksi furniture, kerajinan dan bahan konstruksi dengan kualitas yang baik. Barang yang dihasilkan lebih awet dan tahan lama. Sehingga, nilai jualnya tetap tinggi dan mampu bersaing di pasaran. Bahkan, mampu lolos regulasi dan karantina bila diekspor ke Negara lain.

Manfaat Pengawetan Bambu juga Dirasakan Oleh Alam

hutan-bambu

Ternyata, industry bukanlah satu-satunya pihak yang menikmati manfaat pengawetan bamboo. Kondisi alam sekitar sampai kehidupan yang akan dating pun dapat terselamatkan karena bambu. Bagaimana itu terjadi? Selama ini, industry perkayuan sangat mengandalkan kayu sebagai bahan baku. Jenis tumbuhan ini dinilai lebih baik dibandingkan bambu. Bahkan, bambu dianggap tidak modern untuk sebuah furniture masa kini.

Namun, persediaan kayu di dunia ini mulai menurun. Sementara itu, kondisi alam mulai memprihatinkan. Banyak penebangan liar dimana umur kayu tidak diperhatikan. Kayu berbeda dengan bambu. Tumbuhan ini membutuhkan waktu yang lama untuk dapat ditebang kembali. Sedangkan bambu hanya membutuhkan waktu 3-5 tahun saja. Berdasarkan data tersebut, banyak industry perkayuan mulai menggunakan bambu kembali.

Dengan demikian, pohon bambu mampu menjaga kelestarian alam. Penggunaan kayu dapat lebih berkurang. Sehingga, banyak hutan-hutan yang terselamatkan. Dengan demikian, laju pemanasan global dapat ditekan. Akan tetapi, bambu memiliki daya ketahanan yang jauh lebih rendah dari kayu. Pohon yang termasuk rerumputan ini sangat rentan terhadap serangga.  Apa produk pengawetan yang bagus untuk bambu?

Dapatkan Manfaat  Pengawetan Bambu yang Sebenarnya dari BioCide Insecticide

biocide-anti-serangga

Bambu sebenarnya juga rentan terhadap jamur. Tetapi, kerusakan karena serangga lebih parah dibandingkan organism mikroskopis ini. Produk anti serangga yang cocok untuk bamboo ialah BioCide Insecticide. Bahan pengawet kayu ini relative lebih aman karena berbahan dasar Permethrine 125 EC. Selain aman, manfaat yang tidak kalah penting ialah ramah lingkungan.

BioCide Insecticide dapat diaplikasikan dengan kuas atau kain. Teknik aplikasinya dapat dilakukan disemua tahap pembahanan bambu. Itulah manfaat pengawetan bambu dengan BioCide Insecticide. Manfaatnya juga dirasakan oleh alam sampai kehidupan mendatang. Bambu memiliki daya tahan yang lebih kuat dan siap menggantikan fungsi kayu.

alterntif text

Leave a Reply